30.9 C
Jakarta
Minggu, 25 Februari, 2024

Apa Itu Chat GPT: Kelebihan, Manfaat, hingga Cara Menggunakannya

JAKARTA, duniafintech.com – Apa itu Chat GPT penting diketahui di tengah gegap gempitanya perkembangan teknologi dan informasi hingga saat ini.

Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, OpenAI menggunakan Machine Learning untuk mengembangkan inovasi terbaru yang tengah menjadi perbincangan hangat, yaitu Chat GPT. 

Berbeda dengan Chatbot konvensional, Chat GPT merupakan Chatbot yang berbasis Machine Learning, dirancang untuk membantu dalam menghasilkan ide konten, menyusun esai, bahkan menangani pertanyaan matematika.

Diluncurkan pada bulan November 2022, platform ini telah mengukuhkan posisinya di berbagai perusahaan dalam industri teknologi dan internet. 

Baca juga: Demi Meningkatkan Literasi Kripto di Indonesia, CEO INDODAX Blusukan ke Kampus

Pertanyaannya sekarang, apa yang dimaksud dengan Chat GPT dan apa keunggulannya? Bagaimana cara menggunakannya? Temukan jawabannya dalam penjelasan berikut ini.

Apa Itu Chat GPT 

Chat GPT (Generative Pre-training Transformer) adalah sistem kecerdasan buatan yang beroperasi dalam format percakapan. Secara sederhana, kita dapat membandingkannya dengan bertanya kepada seorang guru di kelas; namun, dalam konteks Chatbot yang satu ini, pertanyaan diajukan kepada kecerdasan buatan, dan jawaban secara otomatis dihasilkan dalam waktu singkat.

Anda tidak perlu khawatir, karena Chatbot ini tidak akan memberikan respons seperti, “Kamu nanya? Kamu bertanya-tanya?” seperti karakter Alif Cepmek. Sebaliknya, Chatbot  ini secara otomatis menghasilkan jawaban sesuai dengan pertanyaan Anda berdasarkan basis data yang dimilikinya.

Chat GPT adalah produk dari OpenAI, sebuah perusahaan kecerdasan buatan nirlaba yang didirikan pada tahun 2015. OpenAI didirikan oleh sejumlah tokoh terkenal di Silicon Valley, San Francisco, California, termasuk Elon Musk, Reid Hoffman, dan Sam Altman. Platform OpenAI ini, sebagai jenis chatbot, diakui mampu menangani berbagai tugas dengan cepat.

Tugas-tugas yang dapat diajukan kepada produk dari OpenAI ini melibatkan berbagai bidang, seperti pekerjaan (seperti membuat rumus Excel, menulis kode pemrograman, dan lainnya), pendidikan (membuat soal matematika dan jawabannya, menulis makalah/artikel, dll.), dan bahkan hal-hal yang bersifat santai (seperti membuat lelucon).

Apa Itu Chat GPT: Kelebihan dan Kekurangan

1. Kelebihan Chat GPT

  • Responsif dan Cepat: Produk dari OpenAI ini memiliki kecepatan dalam memberikan jawaban, menunjukkan sifat responsif yang tinggi.
  • Bahasa yang Mudah Dipahami: Jawaban yang dihasilkan cenderung menggunakan bahasa yang mudah dipahami, memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

2. Kekurangan Chat GPT

  • Basis Input Manusia: Karena input awal berasal dari manusia, jawaban yang dihasilkan terbatas pada informasi yang telah dimasukkan sebelumnya. Oleh karena itu, kredibilitas dan validitas jawaban perlu diperiksa secara cermat.
  • Keterbatasan Pencarian Informasi: Pencarian informasi dalam produk dari OpenAI tersebut saat ini terbatas, hanya mencakup data hingga tahun 2021. Hal ini dapat menjadi kendala untuk mendapatkan informasi terkini.
  • Sifat Alamiah Robot: Kehadiran sifat alamiah robot dapat menyebabkan jawaban yang dihasilkan menjadi terlalu umum dan kurang sesuai dengan konteks pertanyaan, terutama pada pertanyaan yang membutuhkan kontekstualitas lebih mendalam.

Baca juga: Harga Bitcoin Hari Ini Turun, Ethereum Ikut Lesu

Apa Itu Chat GPT

Manfaat dari Apa Itu Chat GPT

1. Penyedia Informasi

Produk dari OpenAI ini berperan sebagai penyedia informasi utama. Dengan mengajukan pertanyaan tentang topik tertentu menggunakan kata kunci yang menjadi “prompts” atau perintah, Chatbot ini dapat memberikan informasi yang dibutuhkan. Namun, perlu diingat bahwa saat ini Chatbot ini hanya dapat merekam informasi hingga tahun 2021, sehingga informasi terbaru tidak dapat diakses.

2. Pemberi Saran

Selain sebagai penyedia informasi, Chatbot ini juga dapat berfungsi sebagai penasehat yang efektif. Misalnya, jika kamu mengalami kebingungan memilih outfit atau mencari tempat makan yang sesuai dengan preferensi kamu (dengan kriteria seperti harga terjangkau, lokasi, atau tema), Platform OpenAI ini dapat memberikan saran yang sesuai. Bahkan, Chat GPT dapat memberikan rekomendasi film terbaru.

3. Meningkatkan Produktivitas

Chatbot ini dapat meningkatkan produktivitas dengan membantu menyelesaikan tugas-tugas secara efisien. Beberapa pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih cepat dengan bantuan Chatbot ini. Namun, perlu diingat bahwa kelemahan Platform OpenAI ini terletak pada akurasi data, sehingga penting untuk memeriksa kembali jawaban yang diberikan.

Cara Menggunakan Chat GPT

Menggunakan Chatbot ini sangatlah simpel. Jika Anda baru mengenalnya dan ingin mencobanya, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka browser dan kunjungi situs Open AI.
  • Klik ‘Sign Up’ dan aktifkan akun pribadi Anda: Registrasi dapat dilakukan melalui Email, Google Account, atau Microsoft Account.
  • Masukkan nomor pribadi yang aktif: Anda akan menerima kode verifikasi melalui nomor tersebut.
  • Masukkan kode verifikasi yang diterima: Tunggu beberapa saat, dan Anda akan diarahkan ke dashboard Chat GPT.
  • Terakhir, sampaikan pertanyaan Anda: Ketik pertanyaan yang diinginkan dan tunggu hingga Chatbot ini menghasilkan jawaban untuk Anda.

Baca juga: Apa itu Bisnis Kripto, Benarkah Lebih Menguntungkan?

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE