32.4 C
Jakarta
Jumat, 23 Februari, 2024

Aplikasi Pinjol Terbaik Berizin OJK 2023, Cek Daftarnya Yuk!

JAKARTA, duniafintech.com – Aplikasi pinjol terbaik berizin Otoritas Jasa Keuangan 2023 penting diketahui saat ingin mengajukan pinjaman online legal.

Bagi mereka yang membutuhkan pendanaan secara cepat, disarankan untuk berhati-hati terhadap penawaran pinjaman online (pinjol) yang menawarkan berbagai kemudahan. Saat ini, terdapat banyak kasus penipuan yang melibatkan pinjol ilegal. 

Nah, agar terhindar dari risiko tersebut, disarankan untuk mengambil pinjaman melalui aplikasi pinjol yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dalam era modern seperti sekarang, pinjol memang menjadi solusi yang praktis bagi mereka yang membutuhkan dana dengan cepat. Namun, penting untuk tetap waspada terhadap praktik pinjol ilegal.

Baca juga: Tips Lunasi Hutang Pinjaman Online, Cara Negosiasi Debt Collector

Sebenarnya, terdapat berbagai cara mudah untuk memastikan apakah suatu aplikasi pinjaman online terdaftar di OJK. Bahkan, keaslian aplikasi pinjaman online OJK dapat diverifikasi melalui layanan obrolan WhatsApp. 

Jika ingin menghindari kesulitan maka berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi pinjol terbaik berizin OJK 2023 yang dapat dipertimbangkan.

Aplikasi Pinjol Terbaik: Apa Saja Ciri-ciri Pinjol Legal?

Terdapat dua jenis aplikasi pinjaman online, yaitu yang sah dan yang tidak sah. Pinjaman online yang tidak sah sering menjanjikan bunga rendah, proses pencairan cepat, dan batas pinjaman yang besar. Namun, pada kenyataannya, ini dapat mengakibatkan nasabah terjebak dalam lingkaran utang dengan tingkat bunga yang sangat tinggi.

Informasi pribadi yang diserahkan oleh nasabah saat mendaftar untuk pinjaman online ilegal seringkali digunakan untuk keperluan pemasaran dan dapat dijual kepada pihak ketiga untuk tujuan periklanan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi masyarakat untuk mengenali ciri-ciri atau kriteria dari aplikasi pinjaman online yang legal dan ilegal. Berdasarkan informasi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), berikut adalah kriteria dari pinjaman online yang legal:

  • Terdaftar atau berizin dari OJK.
  • Pinjaman legal tidak pernah ditawarkan melalui saluran komunikasi pribadi.
  • Proses pemberian pinjaman melibatkan proses seleksi terlebih dahulu.
  • Informasi mengenai bunga atau biaya pinjaman disampaikan secara transparan.
  • Peminjam yang tidak mampu membayar setelah batas waktu 90 hari akan dimasukkan ke dalam daftar hitam (blacklist) Fintech Data Center, sehingga tidak dapat melakukan pinjaman di platform fintech lain.
  • Menyediakan layanan pengaduan.
  • Memiliki identitas pengurus dan alamat kantor yang jelas.
  • Hanya meminta izin akses kamera, mikrofon, dan lokasi pada perangkat peminjam.
  • Pihak penagih wajib memiliki sertifikasi penagihan yang diterbitkan oleh Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Daftar Rekomendasi Aplikasi Pinjol Terbaik 2023 Berizin OJK

1. Aplikasi Pinjol Terbaik: Kredit Pintar

Salah satu aplikasi pinjaman online yang aman dan terdaftar di OJK adalah Kredit Pintar. Pasti sudah tidak asing lagi, bukan? Kredit Pintar telah melayani banyak nasabah sejak tahun 2017 dan terkenal dengan tingkat bunga tahunannya yang rendah.

Keamanan Kredit Pintar sangat direkomendasikan karena berada di bawah pengawasan OJK. Fintech yang tunduk pada pengawasan OJK dapat diandalkan dan tepercaya. Selain itu, terdapat berbagai keuntungan lain yang dapat dinikmati.

Selain menawarkan suku bunga yang rendah, Kredit Pintar memberikan fleksibilitas dalam pilihan tenor pinjaman. Batas maksimal dana yang dapat dipinjam mencapai Rp20 juta. Lebih menarik lagi, Kredit Pintar juga dapat diakses melalui aplikasi LinkAja. Ini memberikan opsi tambahan bagi kamu yang ingin melakukan pinjaman melalui platform LinkAja.

2. Aplikasi Pinjol Terbaik: Indodana

Berikutnya, Indodana menjadi pilihan alternatif untuk memperoleh pinjaman online. Aplikasi ini telah aktif sejak tahun 2017 dan tunduk pada regulasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak tahun 2018.

Apa yang bisa didapatkan ketika menggunakan layanan pinjaman Indodana? Terdapat produk pinjaman yang menguntungkan, yaitu cicilan dengan bunga 0% jika memilih tenor 3 bulan.

Selain itu, Indodana menyajikan berbagai produk lain yang memberikan kemudahan bagi nasabah. Pengguna dapat memilih periode cicilan hingga 12 bulan, dengan batas pinjaman mulai dari Rp1 juta hingga Rp12 juta.

Baca juga: Tips Mengembangkan Bisnis Fintech serta Keunggulannya, Wajib Tahu!

Aplikasi Pinjol Terbaik

Bagi yang membutuhkan dana cepat atau mencari opsi cicilan untuk belanja online, Indodana bisa menjadi solusi. Layanan pinjaman Indodana juga dapat diakses melalui aplikasi LinkAja, sehingga tidak perlu menginstal aplikasi tambahan.

3. Kredivo

Berikutnya, Kredivo merupakan opsi lain yang dapat dipertimbangkan untuk memperoleh pinjaman online. Kredivo beroperasi sesuai dengan regulasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan menawarkan beragam produk pinjaman. Persyaratan minimal penghasilan untuk mengajukan pinjaman pun hanya sebesar Rp3 juta per bulan.

4. Rupiah Cepat

Apabila memerlukan dana dalam jumlah yang tidak terlalu besar untuk memenuhi kebutuhan mendesak, Rupiah Cepat dapat menjadi solusi yang tepat. Melalui layanan ini, kamu dapat meminjam dana maksimal hingga Rp10 juta, dengan persyaratan pinjaman yang sangat mudah. Hanya dibutuhkan dokumen KTP dan rekening bank sebagai syarat pengajuan.

Rupiah Cepat juga berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan menjadi anggota Asosiasi Fintech Pendanaan Indonesia (AFPI). Keandalan aplikasi ini telah terbukti. Seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, proses pengajuan pinjaman sangat mudah dengan beragam produk yang dapat dipilih.

  1. Adakami

Terakhir, AdaKami, yang merupakan aplikasi yang disediakan oleh PT Pembiayaan Digital Indonesia, juga merupakan opsi untuk pertimbangan pinjaman tanpa agunan. Proses pencairan dana sangat cepat, dengan waktu maksimal 2 hari. Kepercayaan pada AdaKami juga dapat ditegaskan karena aplikasi ini beroperasi di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Informasi lebih lanjut mengenai AdaKami:

  • Perusahaan: PT Pembiayaan Digital Indonesia
  • Syarat Pengajuan: Usia minimal 21 tahun, KTP, rekening bank
  • Suku Bunga: 0.798% per hari
  • Maksimum Pinjaman: Rp10 juta
  • Jumlah Instal: Lebih dari 10 juta

Baca juga: Aplikasi Pinjol Legal OJK yang Perlu Diketahui sebelum Mengajukan Pinjaman

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE