30.9 C
Jakarta
Minggu, 25 Februari, 2024

Berita Bitcoin Hari Ini: Pelaku Pasar Antisipasi Kenaikan Bitcoin

JAKARTA, duniafintech.com – Berita bitcoin hari ini mengenai antisipasi terhadap dana yang diperdagangkan di bursa Bitcoin spot Amerika Serikat (AS) menjadi pendorong utama bagi aliran masuk yang konsisten ke dalam produk investasi aset digital. Periode ini mencatat pertumbuhan terbesar sejak pasar kripto bullish pada akhir tahun 2021.

Data dari CoinShares menunjukkan bahwa produk-produk seperti produk perwalian dan produk yang diperdagangkan di bursa berhasil mencatat arus masuk sebesar USD 346 juta atau sekitar Rp 5,3 triliun (dengan asumsi kurs Rp 15.420 per dolar AS) dalam seminggu terakhir. Dari jumlah tersebut, Kanada dan Jerman berkontribusi sebanyak 87 persen, menurut data tersebut.

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Cs Kembali ke Zona Hijau

Perlu dicatat bahwa hanya sekitar USD 30 juta atau setara Rp 465,1 miliar yang berasal dari AS, mencerminkan tingkat partisipasi yang relatif rendah dari negara tersebut, demikian disampaikan oleh CoinShares dalam laporan yang dirilis pada Senin.

Pasar kripto telah mengalami lonjakan sejak awal Oktober, terutama setelah manajer aset tradisional seperti BlackRock menunjukkan minat pada Exchange-Traded Fund (ETF) Bitcoin spot. Keputusan dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS masih menentukan untuk persetujuan ETF Bitcoin.

“Kombinasi kenaikan harga dan arus masuk telah meningkatkan total aset yang dikelola menjadi USD 45,3 miliar atau sekitar Rp 702,3 triliun, mencapai level tertinggi dalam lebih dari satu setengah tahun,” demikian disampaikan dalam laporan CoinShares seperti dilansir dari Yahoo Finance.

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Cs Kembali Melemah, Ini Daftar Harganya

Produk Bitcoin sendiri berhasil meraih arus masuk sebesar USD 312 juta atau sekitar Rp 4,8 triliun dalam seminggu terakhir, menjadikannya kontributor utama dalam pertumbuhan arus masuk lebih dari USD 1,5 miliar atau sekitar Rp 23,2 triliun sejak awal tahun. Sementara itu, produk Ether juga mencatat arus masuk sebesar USD 34 juta atau sekitar Rp 527,1 miliar dalam seminggu terakhir, hampir menyamai total arus keluar sepanjang tahun 2023.

Pelaku Pasar Kripto Antisipasi Potensi Kenaikan Bitcoin (BTC) pada Desember

Menjelang akhir tahun, para pelaku pasar kripto dengan seksama memantau pola historis yang menunjukkan bahwa Desember memiliki potensi menjadi bulan bullish bagi Bitcoin (BTC). Fyqieh Fachrur, seorang trader Tokocrypto, melihat kemungkinan besar BTC akan melanjutkan tren kenaikannya pada bulan Desember mendatang, mengikuti penutupan positif pada Oktober dan proyeksi kenaikan pada November.

“Menganalisis musiman BTC, menjadi jelas bahwa jika bulan Oktober dan November ditutup dengan positif, maka bulan Desember cenderung mengikutinya karena data historis menunjukkan pola serupa selama satu dekade terakhir,” kata Fyqieh.

Fyqieh menyampaikan bahwa tahun-tahun sebelumnya menunjukkan tren positif setelah penutupan positif pada Oktober dan November. Sebagai contoh, pada tahun 2015 setelah penutupan positif, BTC melonjak sebesar 14,1% pada bulan Desember. Tahun-tahun berikutnya, seperti 2016 dan 2017, menunjukkan kenaikan yang lebih signifikan, masing-masing sebesar 29,2% dan 38,8%.

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Altcoin Menguat Ikuti Tren Positif Bitcoin

Tidak hanya mengandalkan tren historis, Fyqieh juga menjelaskan beberapa faktor pendorong yang dapat memperkuat harga BTC di bulan Desember. Pertama, spekulasi terkait ETF Bitcoin spot yang dapat menciptakan FOMO di kalangan investor retail. Kedua, sikap dovish The Fed dalam situasi makroekonomi yang dapat melemahkan dolar AS, mendorong investor untuk mengalokasikan dana ke aset berisiko seperti Bitcoin.

Ketiga, pertumbuhan kapitalisasi pasar stablecoin Tether (USDT) sebagai indikasi bahwa investor institusional mungkin mengalihkan fiat mereka ke stablecoin dan kemudian ke aset kripto seperti BTC.

Dari segi analisis teknikal, harga BTC masih berada di zona resistensi, tetapi upaya untuk bertahan di atas US$ 38.000 menunjukkan potensi penembusan. Akhir pekan mendatang dianggap penting dan berpotensi memberikan dampak besar pada penutupan tahunan.

“Trader dan pelaku pasar kripto secara keseluruhan menantikan perkembangan lebih lanjut seiring berakhirnya tahun ini,” kata Fyqieh

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE