28.2 C
Jakarta
Rabu, 28 Februari, 2024

Berita Startup Hari Ini: SSI X, Program Kolaborasi Para Startup Digital dari Berbagai Bidang

JAKARTA, duniafintech.com – Berita startup hari ini terkait sebuah program baru bernama “SSI X” merupakan wadah bagi kolaborator (berupa institusi pemerintahan/swasta) untuk turut serta dalam pengembangan founder dan startup digital.

“Kami mengundang institusi pemerintah dan swasta untuk turut berpartisipasi dengan menyediakan akses case study dan akses ke pasar melalui eksperimen sandbox,” ujar Slamet Santoso, Direktur Pemberdayaan Informatika, Kominfo RI.

Berikut ini berita startup hari ini selengkapnya, seperti dinukil dari  Suara.com, Selasa (28/11/2023).

Berita Startup Hari Ini: Bantu Validasi Produk di Target Pasar

Harapannya, dia menambahkan, eksperimen terbatas ini dapat membantu startup dalam memvalidasi produknya di target pasar.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Bitcoin Cs Masih Terdampar di Zona Merah

Program ini diperkenalkan bertepatan dengan penutup dari serangkaian program akselerator Startup Studio Indonesia (SSI) Batch 7.

Sejauh ini, SSI telah menuntaskan 7 batch pelatihan dengan tema penutupan “Empowering Tomorrow: Charting New Landscape in Business and Society”, memiliki total 115 alumni startup berprestasi.

Perjalanan membangun produk digital untuk pasar Indonesia sangatlah unik dan hanya bisa dipelajari melalui akumulasi pengalaman.

Berdasarkan data, total pendanaan yang tersalur ke startup alumni SSI Batch 1-7 telah mencapai lebih dari Rp1,2 triliun (79 juta Dolar AS).

Milestone Day ini terdiri dari rangkaian talkshow yang mengundang para narasumber inspiratif dari berbagai industri, seperti teknologi, kesehatan, energi, hingga fintech.

Penutupan ini mengundang VP Inovasi Teknologi dan Inkubasi Bisnis Korporat PT. PLN, Tri Hardimasyar, Head of International Business Bank DKI, Risman Firmansyah, CEO Rekosistem, Ernest Layman dan CEO Eratani, Andrew Soeherman.

Startup Studio Indonesia merupakan program akselerator startup digital Kominfo yang bertujuan untuk mendampingi dan membina para startup tahap awal (early-stage) selama 15 minggu agar bisa menemukan product-market fit (PMF).

Kominfo akan terus melanjutkan program Startup Studio Indonesia dengan target meluluskan 150 startup digital di tahun 2024.

Harapannya, para startup alumni SSI mampu mengembangkan skala bisnisnya usai mengikuti pelatihan.

Startup-startup yang kini resmi menjadi alumni antara lain CareNow (pembiayaan kebutuhan medis), Banoo (solusi teknologi untuk perikanan), FarmaCare (platform rantai pasok farmasi).

Ada juga AyoKenalin (jaringan agen online untuk pemasaran digital), HealthPro (penyedia tenaga kesehatan on-demand), Gapai.id (platform lowongan kerja untuk migran) dan masih banyak lagi.

Berita Startup Hari Ini:  Adaptasi Kemajuan Teknologi, PLN Group Kerja Sama dengan 4 Startup RI

Sebelumnya, dinukil dari Tempo.co, PLN Group meneken perjanjian kerja sama dengan empat startup Indonesia, yaitu Kanggo, Rekosistem, Imajin, dan Fresh Factory. 

Kerja sama PLN dengan keempat startup itu diteken pada Selasa, 21 November 2023 di Jakarta. Keempat perusahaan rintisan tersebut adalah peserta program Connext Powered by PLN.

“Penandatangan Perjanjian Kerja Sama menjadi bentuk nyata komitmen PLN dalam menjadi episentrum bagi startup energi, kelistrikan, dan turunannya, agar perusahaan bisa terus beradaptasi terhadap kemajuan teknologi dan perubahan perilaku yang serba digital di era modern,” kata Direktur Perencanaan Korporat dan Pengembangan Bisnis PLN Hartanto Wibowo dalam keterangan resmi pada Ahad, 26 November 2023.

Sebagai informasi, keempat perusahaan rintisan ini bekerja sama dengan anak perusahaan PLN yang berbeda. Misalnya, Fresh Factory dengan PLN UID Kalimantan Barat dan PLN Icon Plus untuk membangun jaringan gudang cold chain.

Gudang tersebut dilengkapi teknologi telematika untuk meningkatkan kualitas penyimpanan berpendingin di Kalimantan Barat. Ini diharapkan bisa memperkuat program ketahanan pangan Indonesia.

Baca juga: Pembelian Reksa Dana di Bibit Pakai OVO, Dijamin Anti Ribet!

Berita Startup Hari Ini
Startup concept with double exposure diagrams blurred background

Sementara itu, PLN Energy Management Indonesia berkolaborasi dengan perusahaan rintisan yang bergerak di bidang industri waste to energy, yakni Rekosistem.

Keduanya berkolaborasi untuk memanfaatkan sampah menjadi bahan bakar pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) dengan area operasi pertama di Jawa Timur, sehingga bisa meningkatkan bauran energi terbarukan di PLN. 

Sedangkan PLN Icon Plus menggandeng startup Kanggo untuk menyediakan solusi jasa pertukangan pada platform Marketplace di aplikasi PLN Mobile. Selain memudahkan pelanggan PLN untuk mendapatkan layanan pertukangan, kerja sama ini diharapkan meningkatkan penyerapan tenaga kerja pertukangan Indonesia. 

Adapun PT Haleyora Power berkolaborasi dengan perusahaan rintisan Imajin yang bergerak di industri manufaktur on demand. Kerja sama ini memudahkan usaha manufaktur skala kecil dan menengah Indonesia dalam memanfaatkan mesin-mesin canggih yang dimiliki oleh PLN untuk meningkatkan kualitas, serta Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) produk lokal Indonesia.

Kontribusi Sediakan Solusi 

Selain itu, lanjut Hartanto, sinergi PLN dengan empat startup ini diharapkan bisa berkontribusi menyediakan solusi bagi permasalahan lokal. Dia juga berharap kerja sama ini tak berhenti sampai di sini, namun akan dilanjutkan ke tingkat yang lebih luas lagi.

“Bukan hanya nanti bekerja sama dengan empat startup, tapi ke depan kita akan berusaha untuk membangun ekosistem bersama-sama dan menikmati perkembangan industri energi ini secara bersama-sama,” ujar Hartanto.

Dia melanjutkan, kerja sama ini juga menjadi sejarah baru bagi PLN. Oleh sebab itu, dia berharap kerja sama ke depan bisa lebih baik. 

“Sekali lagi ini bukan cerita akhir PLN dengan startup,” tutur Hartanto. 

“Tahun 2024, kami sudah menyiapkan program yang besar daripada 2023. Intinya adalah kami ingin menjadi rumah besar dari episentrum pengembangan startup Indonesia.”

Baca juga: Cara Daftar Mitra Qoala Plus dengan Mudah, Raih Banyak Manfaat!

Baca terus berita fintech Indonesia dan berita kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE