27.2 C
Jakarta
Selasa, 27 Februari, 2024

Call Center BPJS Kesehatan Terlengkap dan Cara Menghubunginya

JAKARTA, duniafintech.com – Call Center BPJS Kesehatan, apa saja? Sejatinya, BPJS Kesehatan memiliki call center yang buka selama 24 jam penuh.

Hal itu berarti Anda dapat menghubungi call center BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan kapan pun Anda membutuhkan bantuan terkait Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, termasuk di tengah malam atau di akhir pekan. Mereka siap melayani dengan kesabaran dan profesionalitas.

Selain call center pusat, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan juga memiliki call center di cabang-cabangnya. Tim di call center cabang memiliki tingkat tanggapan yang sama dan siap membantu dengan layanan terbaik. 

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut atau memiliki pertanyaan spesifik tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan di daerah Anda maka Anda dapat menghubungi call center Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan cabang tersebut.

Dengan adanya call center Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan yang buka 24 jam dan call center di cabang-cabangnya, diharapkan tidak ada lagi kebingungan atau kesulitan terkait Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Baca juga: SIPP Online BPJS, Ketahui Manfaat dan Cara Daftarnya

Layanan yang Bisa Ditemukan pada Call Center BPJS Kesehatan

Berikut adalah beberapa layanan yang dapat Anda temukan di Call Center Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan:

  1. Layanan VIKA (Voice Interactive JKN)

Melalui layanan Care Center 165, peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan dapat mengakses layanan VIKA (Voice Interactive JKN). Layanan ini menggunakan mesin penjawab berupa rekaman suara yang dapat berinteraksi dengan peserta untuk melakukan pengecekan status peserta dan tagihan iuran.

  1. Perubahan Data

Anda dapat melakukan perubahan data terkait keanggotaan melalui call center Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Anda dapat melakukan perubahan identitas, faskes, dan kelas rawat dengan cepat dan mudah. Namun, ada beberapa catatan penting yang perlu diperhatikan, seperti persyaratan untuk pindah faskes dan perubahan kelas rawat.

  1. Konsultasi Kesehatan

Call center Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan juga menyediakan layanan konsultasi kesehatan dengan dokter umum. Layanan ini dapat dimanfaatkan oleh anggota aktif BPJS Kesehatan pada hari Senin hingga Jumat, mulai pukul 7 pagi hingga 8 malam.

  1. Layanan Informasi dan Pengaduan Terpadu

Care Center 165 memberikan akses layanan informasi bagi anggota Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan yang ingin mengetahui seluk-beluk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, seperti status keanggotaan, tata cara pembayaran iuran, dan informasi terkait faskes. Selain itu, call center juga menerima pengaduan terkait layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan.

  1. Layanan untuk Badan Usaha

Call center Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan juga menyediakan layanan informasi bagi badan usaha, termasuk cara pendaftaran badan usaha dan panduan penggunaan elektronik badan usaha (EDABU).

Cara Menghubungi Call Center BPJS Kesehatan

Berikut adalah beberapa cara untuk menghubungi call center Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan:

1. Call Center BPJS Kesehatan: Aplikasi Mobile JKN

Unduh Aplikasi Mobile JKN untuk mengakses call center BPJS Kesehatan tanpa harus datang ke kantor. Dalam aplikasi ini, Anda dapat melakukan berbagai hal seperti memeriksa status kepesertaan, saldo iuran, riwayat kesehatan, dan klaim.

Baca juga: Cara Bayar BPJS Kesehatan di m-Banking, ATM, hingga Aplikasi JKN

Call Center BPJS Kesehatan

2. PANDAWA

Hubungi Call Center BPJS Kesehatan melalui PANDAWA di WhatsApp. Dengan layanan ini, Anda dapat menyelesaikan urusan administrasi melalui WhatsApp, seperti pendaftaran baru, penambahan anggota keluarga, atau perubahan FKTP. Kirim pesan ke 08118165165 atau email ke [email protected].

3. CHIKA

Gunakan CHIKA, asisten chat JKN, untuk mendapatkan informasi atau mengajukan pengaduan. Anda dapat menghubungi CHIKA melalui Facebook Messenger, Telegram, atau WhatsApp. Hubungi call center Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan di 0811-8750-400 atau Telegram (@BPJSKes_bot) untuk berbicara dengan CHIKA.

  1. Call Center BPJS Kesehatan 165

Layanan call center Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan dapat diakses melalui nomor 165. Layanan ini tersedia setiap hari selama 24 jam. Anda dapat menggunakan nomor ini untuk memeriksa status peserta dan tagihan iuran, serta melakukan perubahan data dan pengaduan terkait program JKN-KIS.

  1. Layanan VIKA

Layanan VIKA adalah asisten virtual yang membantu memberikan informasi seputar BPJS Kesehatan. Anda dapat mengakses layanan ini melalui website BPJS Kesehatan, aplikasi mobile JKN, dan call center BPJS Kesehatan. Dengan VIKA, Anda dapat menanyakan berbagai informasi seperti cara mendaftar BPJS Kesehatan, mengecek status kepesertaan, membayar iuran BPJS, dan mengganti data pribadi.

  1. Media Sosial

Anda juga dapat mengirimkan pertanyaan atau pengaduan melalui akun media sosial resmi BPJS Kesehatan di Instagram dan Twitter. Adapun akun resmi media sosial Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan bisa diakses melalui link berikut ini:

  • Instagram: https://www.instagram.com/bpjskesehatan_ri/
  • Twitter: https://twitter.com/BPJSKesehatanRI

Baca juga: Cara Naik dan Turun Kelas BPJS Kesehatan, Online dan Offline

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE