26.1 C
Jakarta
Sabtu, 2 Maret, 2024

Cara Investasi Bitcoin bagi Para Investor Pemula, Simak Panduan Lengkapnya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara investasi Bitcoin untuk pemula tentu wajib dipahami oleh seorang investor pemula di dunia aset kripto.

Adapun investasi mata uang kripto, di antaranya Bitcoin, memang tengah naik daun.  Sejalan bertambahnya waktu, keberadaan Bitcoin juga terasa kian populer.

Di Indonesia, Bitcoin dan mayoritas kripto lainnya saat ini sudah mendapat lampu hijau dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) sebagai instrumen investasi yang sah di Indonesia.

Karena itu, semakin banyak pula orang yang mulai berinvestasi di aset yang satu ini, mulai dari kecil-kecilan bahkan hingga mencapai lebih dari ratusan juta rupiah.

Berikut ini ulasan selengkap terkait cara investasi bitcoin yang perlu diketahui.

Baca juga: Januari 2024, Harga Bitcoin Diprediksi Tembus Rp 775,98 Juta

Cara Investasi Bitcoin: Apa Itu Investasi Bitcoin?

Investasi Bitcoin adalah proses membeli dan memegang BTC dengan tujuan mendapatkan keuntungan dari fluktuasi harga mata uang digital tersebut. BTC adalah bentuk uang digital atau kriptokurensi yang dibuat pada tahun 2009 oleh seseorang atau kelompok yang menggunakan nama samaran “Satoshi Nakamoto”. BTC beroperasi di jaringan desentralisasi yang disebut teknologi blockchain.

Investasi Bitcoin melibatkan membeli Bitcoin dengan harapan bahwa nilainya akan meningkat di masa depan, sehingga investor dapat menjualnya dengan harga yang lebih tinggi untuk memperoleh keuntungan. Keuntungan dalam investasi Bitcoin dapat diperoleh melalui dua cara utama:

  1. Apresiasi Nilai

Jika harga Bitcoin naik seiring waktu, investor dapat menjual Bitcoin yang dimilikinya dengan harga yang lebih tinggi daripada harga beli, menghasilkan keuntungan. Nilai Bitcoin dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk permintaan pasar, adopsi institusional, peristiwa global, dan sentimen pasar.

  1. Perdagangan

Selain investasi jangka panjang, sebagian investor memanfaatkan volatilitas harga aset kripto ini untuk melakukan perdagangan jangka pendek atau harian. Mereka mencoba mendapatkan keuntungan dari fluktuasi harga yang cepat dengan membeli Bitcoin pada harga rendah dan menjualnya pada harga yang lebih tinggi dalam jangka waktu yang relatif singkat.

Keunggulan Investasi Bitcoin

Investasi Bitcoin memiliki beberapa kelebihan yang telah menarik minat banyak orang. Berikut adalah beberapa kelebihan utama investasi Bitcoin:

  1. Potensi Pertumbuhan Nilai

Bitcoin telah mengalami kenaikan harga yang signifikan sejak diluncurkan pada tahun 2009. Meskipun harga Bitcoin sangat fluktuatif dan tidak menjamin keuntungan di masa depan, beberapa investor telah meraih keuntungan yang substansial dengan berinvestasi pada waktu yang tepat.

  1. Aset Terdesentralisasi

Bitcoin adalah mata uang kripto terdesentralisasi yang tidak dikendalikan oleh otoritas pemerintah atau lembaga keuangan sentral. Hal ini membuatnya tahan terhadap intervensi dan pengaruh politik, dan memberikan kebebasan finansial yang lebih besar kepada pemiliknya.

  1. Likuiditas Tinggi

Bitcoin adalah aset yang sangat likuid, artinya Anda dapat dengan mudah membeli atau menjual Bitcoin di berbagai bursa kripto. Likuiditas tinggi memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi dengan cepat dan mengurangi risiko terjebak dalam investasi yang sulit diuangkan.

  1. Aksesibilitas Global

Bitcoin dapat diakses oleh siapa saja dengan koneksi internet. Ini berarti bahwa orang-orang di seluruh dunia dapat berpartisipasi dalam investasi BTC tanpa adanya batasan geografis atau kendala perbankan.

  1. Perlindungan terhadap Inflasi

Bitcoin memiliki persediaan terbatas yang ditentukan oleh protokolnya. Dalam jangka panjang, hal ini dapat mengurangi risiko inflasi karena tidak mungkin untuk “mencetak” lebih banyak Bitcoin seperti mata uang tradisional. Beberapa orang melihat Bitcoin sebagai aset lindung nilai yang potensial terhadap inflasi.

Cara Investasi Bitcoin di INDODAX

Untuk melakukan investasi Bitcoin di INDODAX, salah satu platform perdagangan aset kripto terbesar di Indonesia, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Cara Investasi Bitcoin: Membuat akun di INDODAX

Kunjungi situs web INDODAX dan buat akun baru. Anda akan diminta untuk mengisi informasi pribadi, seperti nama, alamat email, nomor telepon, dan mengatur kata sandi yang kuat.

2. Verifikasi akun

Setelah mendaftar, Anda perlu melakukan verifikasi akun. Persyaratan verifikasi dapat berbeda tergantung pada tingkat keanggotaan. Verifikasi akun biasanya melibatkan mengunggah foto identitas (KTP atau paspor) dan melakukan proses verifikasi yang diminta.

Baca juga: Investasi Bitcoin El Salvador dan Microstrategy Hasilkan Untung Besar, Segini Nilainya

Cara Investasi Bitcoin

3. Deposit rupiah

Setelah akun terverifikasi, Anda perlu melakukan deposit dana dalam bentuk mata uang rupiah (IDR) ke akun INDODAX Anda. Anda dapat mentransfer dana dari rekening bank Anda ke rekening INDODAX yang ditentukan. Ikuti petunjuk yang diberikan di platform INDODAX untuk langkah-langkah deposit.

  1. Membeli Bitcoin

Setelah saldo IDR terlihat di akun INDODAX Anda, Anda dapat menukar rupiah tersebut dengan Bitcoin. Pergi ke bagian “Market” di platform INDODAX dan temukan pasangan perdagangan “IDR/BTC”. Masukkan jumlah Bitcoin yang ingin Anda beli atau jumlah rupiah yang ingin Anda belanjakan. Setelah Anda melakukan pembelian, Bitcoin akan muncul di saldo Bitcoin Anda di INDODAX.

  1. Penyimpanan yang aman

Setelah Anda membeli Bitcoin, penting untuk menyimpannya dengan aman. INDODAX menyediakan dompet (wallet) Bitcoin online untuk Anda. Namun, disarankan untuk mempertimbangkan menggunakan dompet (wallet) kripto eksternal yang lebih aman, seperti dompet perangkat keras (hardware wallet) yang berdedikasi untuk menyimpan aset kripto Anda secara offline.

  1. Mengamati pasar

Setelah memiliki Bitcoin, Anda dapat memantau pergerakan pasar secara berkala. Anda dapat menggunakan grafik dan alat analisis yang tersedia di INDODAX untuk mempelajari tren harga Bitcoin dan mengambil keputusan investasi yang lebih baik.

  1. Mengelola investasi

Ketika Anda telah membeli Bitcoin, penting untuk mempertimbangkan strategi pengelolaan investasi Anda. Ini mencakup aspek-aspek seperti diversifikasi portofolio, menetapkan target keuntungan dan kerugian, dan mengevaluasi secara berkala kinerja investasi Anda.

Baca juga: Raih Cuan Promo INDODAX Lite Style: Cashback Rp500.000!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE