27.2 C
Jakarta
Selasa, 27 Februari, 2024

Mudah dan Cepat! Intip Panduan Cara Membuat Akun TikTok Ads Manager

JAKARTA, duniafintech.com – Cara membuat akun TikTok Ads Manager, apakah sulit? TikTok Ads Manager adalah platform utama untuk mengelola kampanye iklan berbayar di TikTok. 

Dengan berbagai fitur yang disediakan, platform ini memungkinkan Anda untuk meluncurkan iklan yang efektif, meningkatkan konversi, dan mengukur kinerja kampanye Anda. 

TikTok Ads Manager menawarkan keunggulan dalam kekomplitan, biaya yang terjangkau, dan antarmuka yang mudah digunakan.

Artikel ini akan membimbing Anda melalui langkah-langkah pembuatan akun TikTok Ads Manager, mulai dari proses registrasi hingga pengaturan akun dan persetujuan.

Sebagai catatan, instruksi ini ditujukan bagi pengiklan mandiri (self-serve). Jika Anda bukan pengiklan mandiri, silakan menghubungi Tim Layanan Klien atau Manajer Akun Anda.

Baca juga: Cara Mendaftar Tiktok Affiliate, Dapat Cuan Modal Rebahan!

Berikut ini ulasan selengkapnya terkait cara membuat akun Tiktok Ads Manager yang perlu diketahui, seperti dinukil dari laman resmi TikTok.

Cara Membuat Akun Tiktok Ads Manager

1. Cara Membuat Akun Tiktok Ads Manager: Buat Detail Login

  • Mulailah proses dengan membuka https://ads.tiktok.com/i18n/signup/
  • Buatlah detail login menggunakan alamat email dan nomor telepon Anda, dan tentukan kata sandi. Informasi ini akan menjadi kunci untuk login ke akun TikTok Ads Manager Anda. Pastikan untuk mengingat detail ini, karena Anda akan membutuhkannya untuk mengakses platform tersebut.
  • Setelah menyetujui syarat dan ketentuan TikTok, serta mengklik tombol Daftar, langkah berikutnya adalah memverifikasi kode yang dikirimkan melalui email atau nomor ponsel yang telah Anda berikan.

2. Cara Membuat Akun Tiktok Ads Manager: Buat Akun Pengiklan

Sediakan informasi dasar mengenai bisnis Anda, meliputi:

  • Negara atau Wilayah – Informasi ini digunakan untuk menyediakan layanan yang sesuai dengan peraturan dan persyaratan lokal.
  • Industri – Informasi ini digunakan untuk memberikan tips beriklan yang lebih relevan dan efektif.
  • Nama Bisnis Resmi – Informasi ini digunakan untuk melakukan verifikasi bisnis Anda untuk tujuan hukum dan penagihan. Jika “Nama Bisnis” tidak sesuai dengan nama bisnis yang sebenarnya, akun Anda tidak akan disetujui, dan Anda tidak dapat mengakses fitur TikTok for Business.
  • Zona Waktu – Laporan dan jadwal kampanye Anda akan disinkronkan dengan zona waktu Anda. Pengaturan zona waktu mungkin tidak dapat diubah nanti.
  • Nomor Ponsel – Nomor telepon ini akan digunakan untuk mengirimkan informasi terkait cara mengoptimalkan kinerja iklan dan keperluan komunikasi lainnya.
  • Mata Uang – Tagihan dan anggaran akan ditampilkan dalam mata uang yang dipilih.

Setelah menyetujui ketentuannya, klik tombol Daftar.

Catatan penting: Bergantung pada lokasi pendaftaran akun, Anda mungkin diminta untuk mengirimkan dokumen untuk melakukan verifikasi identitas bisnis. Untuk informasi lebih lanjut, silakan baca tentang Verifikasi Bisnis.

3. Cara Membuat Akun Tiktok Ads Manager: Atur Informasi Penagihan

  • Tambahkan detail penagihan dan pembayaran Anda pada halaman ini.
  • Pastikan detail tersebut sesuai dengan persyaratan negara Anda dan mungkin melibatkan alamat penagihan serta informasi pajak.
  • Anda mungkin diberikan opsi untuk memilih antara pembayaran otomatis atau manual (prabayar). Untuk informasi lebih lanjut mengenai metode pembayaran yang tersedia di wilayah Anda, lihat di sini. (https://ads.tiktok.com/help/article/supported-payment-methods)

Catatan: Akun iklan Anda akan secara otomatis diajukan untuk persetujuan setelah menyelesaikan langkah 1—3. Anda tidak dapat menayangkan iklan hingga akun Anda disetujui, tetapi Anda tetap dapat membuat kampanye di Ads Manager. Proses peninjauan akun biasanya selesai dalam waktu kurang dari 24 jam. Anda dapat memeriksa status persetujuan akun di Info Akun di Pengaturan Akun. Untuk informasi lebih lanjut, silakan baca Pertanyaan Umum Terkait Persetujuan Akun.

4. Buat Kampanye Pertama Anda

Pilih mode yang sesuai dengan kebutuhan Anda:

  • Pengiklan baru yang ingin memulai iklan online atau ingin segera membuat iklan dapat menggunakan Mode Sederhana.
  • Pengiklan yang ingin mengakses opsi dan fitur lanjutan di Ads Manager dapat menggunakan Mode Khusus (Custom Mode).

Ikuti instruksi sesuai dengan mode yang Anda pilih untuk membuat kampanye.

5. Kirimkan Iklan Pertama Anda dan Selesaikan Pembayarannya

Setelah mengirimkan kampanye, sistem Ads Manager akan memeriksa informasi penagihan dan pembayaran Anda. Mungkin Anda akan diminta untuk mengonfirmasi detailnya dan menambahkan metode pembayaran atau saldo ke akun Anda.

Untuk menjaga keamanan TikTok, iklan Anda akan ditinjau sebelum ditayangkan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai peninjauan iklan, baca Pertanyaan Umum Terkait Peninjauan Iklan.

6. Selesai

Selamat! Anda telah berhasil mengatur akun TikTok Ads Manager dan menjalankan kampanye berbayar pertama Anda!

Baca juga: Trik Jualan di Tiktok Shop Dijamin Laris Manis, Simak Yuk!

Cara Membuat Akun TikTok Ads Manager

Catatan penting: Untuk memberikan layanan yang aman dan sesuai dengan peraturan lokal, kami melarang promosi untuk industri dan produk tertentu di TikTok Ads Manager. Untuk daftar lengkap produk dan layanan yang dilarang untuk beriklan di TikTok, silakan lihat Kebijakan Iklan TikTok – Entri Industri.

Cara Menutup Akun di TikTok Ads Manager

Jika Anda ingin menutup akun TikTok Ads Manager maka Anda dapat melakukannya melalui halaman Pengaturan Akun. Saat menutup akun, saldo yang masih tersisa dalam akun Anda akan dikembalikan.

Siapa yang dapat menutup akun? Semua akun yang dalam keadaan baik/aktif dapat ditutup, dan sisa saldo akan dikembalikan. Akun tidak dapat ditutup jika dalam status ditangguhkan.

Jika akun Anda saat ini ditangguhkan maka Anda dapat mengajukan banding. Anda baru bisa menutup akun setelah banding Anda disetujui. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Tentang Penangguhan Akun.

Langkah-langkah menutup akun adalah:

  • Login ke TikTok Ads Manager.
  • Klik avatar profil dan pilih Info Akun.
  • Dari halaman Pengaturan Akun, buka bagian Akun.
  • Klik Pengaturan Lanjutan.
  • Selanjutnya, klik Tutup Akun dan Pengembalian Dana.
  • Dari pop-up Konfirmasi Penonaktifan Akun, klik Konfirmasi.

Setelah langkah-langkah tersebut selesai, akun Anda akan ditutup, dan saldo akun akan dikembalikan melalui metode pembayaran awal dalam waktu 60 hari. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Kebijakan Pengembalian Dana.

Dampak terhadap Produk TikTok for Business Lainnya

Menutup akun iklan TikTok Ads Manager tidak akan berdampak pada produk TikTok For Business lainnya. Anda tetap dapat menggunakan informasi login TikTok For Business untuk mengakses produk lainnya, seperti Pusat Bisnis TikTok.

Baca juga: Cara Mengubah Nama Toko di TikTok Shop, Mudah Banget!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE