26.2 C
Jakarta
Sabtu, 2 Maret, 2024

Cara Mengatasi ATM BRI Terblokir, Tips Aman Gunakan PIN ATM

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mengatasi ATM BRI terblokir terdapat beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut. Penting untuk diingat bahwa cara mengatasinya mungkin bervariasi tergantung pada kebijakan Bank BRI.

Oleh karena itu, penting untuk berkomunikasi langsung dengan bank dan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh pihak bank. Jika Anda tidak dapat mengatasi masalah tersebut sendiri, bantuan dari petugas bank adalah solusi terbaik. Berikut ulasannya:

Cara Mengatasi ATM BRI Terblokir

  1. Hubungi Layanan Pelanggan:
    • Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah menghubungi layanan pelanggan Bank BRI. Dapatkan nomor kontak dari situs web resmi bank atau dari kartu ATM Anda. Pihak bank dapat memberikan informasi lebih lanjut tentang alasan blokir dan langkah-langkah yang perlu diambil.
  2. Kunjungi Kantor Cabang:
    • Anda juga dapat mengunjungi kantor cabang Bank BRI terdekat untuk mendapatkan bantuan langsung dari petugas bank. Mereka dapat membantu memeriksa alasan blokir dan memberikan solusi.
  3. Pemeriksaan Saldo dan Transaksi:
    • Pastikan untuk memeriksa saldo dan riwayat transaksi Anda. Beberapa kali, ATM dapat terblokir jika ada aktivitas yang dianggap mencurigakan. Melakukan pemeriksaan akan memberikan gambaran apakah ada transaksi yang tidak sah atau tidak dikenal.
  4. Memastikan Ketersediaan Dana:
    • Pastikan bahwa saldo di rekening Anda mencukupi untuk melakukan transaksi atau penarikan. Kadang-kadang, keterlambatan pembayaran atau saldo yang kurang bisa menjadi penyebab blokir.
  5. Memeriksa Kartu dan PIN:
    • Pastikan kartu ATM Anda tidak rusak atau terlipat. Selain itu, pastikan Anda mengingat PIN ATM dengan benar. Jika Anda salah memasukkan PIN beberapa kali, hal ini dapat menyebabkan blokir.
  6. Mengganti Kartu yang Rusak:
    • Jika kartu ATM Anda rusak, segera gantilah dengan yang baru. Kartu yang rusak dapat menyebabkan masalah saat digunakan di mesin ATM.
  7. Pengecekan Status Kartu:
    • Periksa status kartu ATM Anda melalui layanan internet banking atau mobile banking, jika tersedia. Anda mungkin menemukan informasi lebih lanjut tentang alasan blokir atau langkah-langkah yang perlu diambil.
  8. Melapor ke Pihak Berwenang:
    • Jika Anda merasa ada aktivitas yang mencurigakan atau tidak sah, segera laporkan ke bank dan pihak berwenang.

Baca juga: Cara Buka Kembali dan Tips Mengurus Kartu ATM Terblokir

Penyebab ATM BRI Terblokir

  • Salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali

Ini adalah penyebab ATM BRI terblokir yang paling umum. Jika Anda salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali, ATM Anda akan terblokir secara otomatis untuk mencegah penyalahgunaan.

  • ATM tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama

ATM BRI akan terblokir secara otomatis jika tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Periode waktu yang lama ini biasanya ditentukan oleh bank.

Baca juga: Cara Mengatasi SMS Banking Mandiri Terblokir dengan Mudah

  • ATM hilang atau rusak

Jika ATM Anda hilang atau rusak, Anda harus segera melaporkannya ke bank. Jika Anda tidak melaporkannya, ATM Anda dapat terblokir.

  • ATM digunakan untuk transaksi yang mencurigakan

Jika ATM Anda digunakan untuk transaksi yang mencurigakan, bank dapat memblokirnya untuk mencegah penyalahgunaan.

Cara Mencegah ATM BRI Terblokir

  • Ingatlah PIN ATM Anda dengan baik

Ini adalah cara yang paling penting untuk mencegah ATM BRI Anda terblokir. Jika Anda salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali, ATM Anda akan terblokir secara otomatis.

  • Gunakan ATM BRI secara teratur

ATM BRI akan terblokir secara otomatis jika tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Periode waktu yang lama ini biasanya ditentukan oleh bank.

Untuk mencegah ATM BRI Anda terblokir, cobalah untuk menggunakannya setidaknya sekali dalam 3 bulan. Jika Anda tidak dapat menggunakannya secara teratur, Anda dapat meminta bantuan ke bank untuk memperpanjang masa berlaku ATM Anda.

Baca juga: Cara Bayar Adira lewat ATM BRI dan Biayanya

  • Jika ATM Anda hilang atau rusak, segera laporkan ke bank

Jika ATM Anda hilang atau rusak, Anda harus segera melaporkannya ke bank. Jika Anda tidak melaporkannya, ATM Anda dapat terblokir.

Anda dapat melaporkan ATM yang hilang atau rusak melalui Call Center BRI, kantor cabang BRI, atau layanan BRI Mobile.

  • Hati-hati saat melakukan transaksi di ATM

Saat melakukan transaksi di ATM, pastikan bahwa Anda berada di tempat yang aman dan tidak ada orang yang mencurigakan di sekitar Anda. Jangan lupa untuk menutup kamera CCTV saat melakukan transaksi.

Tips Mengingat PIN ATM BRI

  • Gunakan kombinasi angka yang mudah diingat, tetapi tidak mudah ditebak.

Anda dapat menggunakan kombinasi angka yang memiliki arti bagi Anda, seperti tanggal lahir, tanggal pernikahan, atau nomor telepon. Anda juga dapat menggunakan kombinasi angka yang tidak mudah ditebak, seperti angka-angka yang tidak berurutan.

  • Jangan menggunakan tanggal lahir, nomor telepon, atau kode lainnya yang mudah ditebak.

Jika Anda menggunakan tanggal lahir atau nomor telepon Anda sebagai PIN ATM, maka orang lain akan dengan mudah menebak PIN Anda.

Baca juga: Tips Mengatasi KeyBCA Terblokir yang Aman dan Mudah

  • Simpan PIN ATM Anda di tempat yang aman.

Jangan menyimpan PIN ATM Anda di tempat yang mudah dijangkau oleh orang lain, seperti di buku tabungan atau di dompet. Anda dapat menyimpan PIN ATM Anda di tempat yang aman, seperti di kepala Anda atau di tempat yang hanya Anda yang tahu.

  • Gantilah PIN ATM Anda secara berkala.

Gantilah PIN ATM Anda setidaknya setiap 6 bulan untuk meningkatkan keamanan.

  • Jangan bagikan PIN ATM Anda dengan orang lain.

Pastikan bahwa hanya Anda yang tahu PIN ATM Anda. Jangan pernah membagikan PIN ATM Anda dengan orang lain, bahkan kepada keluarga atau teman dekat Anda.

Tips Keamanan Saat Menggunakan ATM BRI

  1. Pilih ATM yang aman. Pastikan ATM yang Anda gunakan berada di area yang ramai dan terang. Hindari menggunakan ATM yang berada di tempat yang sepi dan gelap.
  2. Perhatikan kondisi fisik ATM. Periksa apakah ada kerusakan pada mesin ATM, seperti kamera CCTV yang rusak atau keypad yang tidak berfungsi. Jika Anda menemukan kerusakan, segera tinggalkan ATM tersebut.
  3. Tutup kamera CCTV saat memasukkan PIN. Ini untuk mencegah orang lain melihat PIN Anda.
  4. Jangan biarkan orang lain melihat Anda memasukkan PIN. Jika ada orang yang berdiri di belakang Anda, mintalah mereka untuk menjauh.
  5. Jangan tinggalkan kartu ATM Anda di mesin ATM. Segera ambil kartu ATM Anda setelah selesai melakukan transaksi.
  6. Periksa saldo rekening Anda secara berkala. Ini untuk memastikan bahwa tidak ada transaksi yang tidak Anda lakukan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE