29.3 C
Jakarta
Jumat, 23 Februari, 2024

Cara Pengajuan Pinjaman Bank Mandiri, Terjamin Aman dan Mudah!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara pengajuan pinjaman Bank Mandiri sangat penting diketahui sebab dapat menjadi salah satu solusi jitu bagi kamu yang ingin membuka usaha. 

Dengan mengetahui cara pinjam uang di Bank Mandiri untuk usaha, kamu pun tidak perlu waktu lama lagi untuk bisa mulai mencoba peruntungan di dunia bisnis.

Nah, untuk mengetahui cara dan jenis-jenis pinjamannya, simak ulasannya berikut ini, seperti dilangsir dari Lifepal.

Cara Pengajuan Pinjaman Bank Mandiri: Jenis Pinjaman di Bank Mandiri

Ada lima jenis pinjaman uang yang tersedia di Bank Mandiri, dan ini tidak termasuk pinjaman kredit kepemilikan rumah (KPR) atau kredit kepemilikan kendaraan bermotor.

Sebagai salah satu bank BUMN terbesar di Indonesia, Bank Mandiri menawarkan berbagai produk perbankan, termasuk jenis-jenis pinjaman. Berikut adalah ulasan mengenai jenis pinjaman yang dapat Anda ajukan di Bank Mandiri:

Baca juga: KPR Bank Syariah dan Konvensional Yuk Kenali Perbedaannya!

  1. KTA Mandiri

Kredit Tanpa Agunan (KTA) Mandiri merupakan produk kredit umum yang tidak memerlukan agunan atau jaminan. Ini berarti Anda dapat mengajukan pinjaman meskipun tidak memiliki aset sebagai modal usaha. Namun, KTA Mandiri memiliki persyaratan penghasilan minimum, cocok untuk mereka yang berstatus pegawai yang ingin beralih menjadi pengusaha atau memulai usaha sampingan.

Plafon pinjaman KTA Mandiri mencapai Rp200 juta dengan tenor maksimal tiga tahun untuk gaji yang dibayarkan melalui bank lain, sedangkan untuk payroll melalui Bank Mandiri, tenornya dapat mencapai lima tahun dengan suku bunga sebesar 17,52 persen per tahun.

  1. Mandiri Serbaguna Mikro

Produk pinjaman Mandiri Serbaguna Mikro ditujukan untuk membantu mereka yang bergerak di bidang usaha mikro, termasuk pendanaan untuk usaha ternak ayam. Meskipun memiliki syarat kepegawaian seperti KTA Mandiri, limit kreditnya adalah Rp50 juta dengan tenor maksimal 36 bulan dan suku bunga sebesar 19,25 persen per tahun.

  1. KTA Mandiri Mitra Karya

KTA Mandiri Mitra Karya ditujukan bagi mereka yang gajinya dibayarkan melalui Bank Mandiri dan memiliki perjanjian kerja sama dengan bank tersebut. Proses pencairan pinjaman ini lebih mudah, dengan syarat minimal satu tahun bekerja di perusahaan. Plafon pinjaman hingga Rp200 juta dengan tenor maksimal lima tahun, dapat diperluas hingga Rp350 juta dengan tenor 10 tahun jika perusahaan memiliki program khusus dengan Bank Mandiri. Suku bunga yang berlaku adalah 17,52 persen per tahun.

4. Kredit Usaha Mikro

Kredit Usaha Mikro (KUM) diberikan kepada pemilik usaha mikro untuk membiayai kebutuhan usaha produktif, baik untuk investasi maupun modal kerja. Proses kredit cepat dan mudah dengan persyaratan ringan, limit hingga Rp200 juta dengan jangka waktu maksimal lima tahun. Agunan berupa objek yang dibiayai dan aset tetap, dengan suku bunga tetap yang bersaing.

  1. Kredit Modal Kerja

Kredit Modal Kerja Mandiri menawarkan plafon maksimal Rp100 miliar dan minimum Rp100 juta. Meskipun jangka waktunya setahun, pinjaman ini dapat diperpanjang. Seperti Kredit Usaha Mikro, diperlukan surat izin usaha sebagai syarat pengajuan pinjaman.

Cara Pengajuan Pinjaman Bank Mandiri

Untuk berhasil mendapatkan pinjaman uang dari Bank Mandiri, ada beberapa langkah dan syarat yang perlu dipenuhi. Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda lakukan:

1. Syarat Pengajuan Terkait Cara Pengajuan Pinjaman Bank Mandiri

  • Pertama, pastikan Anda adalah Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia.
  • Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah, dengan batas maksimal usia 60 tahun saat kredit sudah lunas.
  • Tidak pernah memperoleh fasilitas kredit sebelumnya atau memiliki fasilitas kredit dengan kolektibilitas lancar, tidak dalam kondisi kredit bermasalah.
  • Usaha yang diajukan untuk mendapatkan pinjaman harus sudah berjalan minimal 2 tahun di lokasi dan bidang usaha yang sama.

Dokumen yang Harus Disiapkan:

  • Fotokopi KTP calon debitur.
  • Fotokopi KTP suami/istri calon debitur.
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  • Surat Nikah (bagi yang menikah) atau surat cerai (bagi yang berstatus cerai).
  • NPWP.
  • Surat Keterangan Usaha dari Desa/Kelurahan, Dinas Pasar, atau Otorita setempat tempat calon debitur memiliki usaha, atau Surat Izin Usaha.
  • Fotokopi buku Mandiri Tabungan atau Mandiri TabunganMU atas nama calon debitur.

Setelah semua syarat terpenuhi, Anda hanya perlu datang ke kantor cabang terdekat. Ikuti petunjuk dari pihak bank untuk proses pengajuan pinjaman di Bank Mandiri.

Jika proses screening berhasil, kemungkinan besar pinjaman Anda akan cair dalam waktu paling lama 14 hari kerja. Bahkan, beberapa jenis pinjaman bisa cair dalam satu hari.

Baca juga: Cara Bayar Indodana lewat Bank Danamon, Mudah dan Praktis!

Cara Pengajuan Pinjaman Bank Mandiri

2. Simulasi Kredit Usaha Mikro (KUM)

Misalkan Anda telah mengajukan pendaftaran sebagai nasabah Kredit Usaha Mikro (KUM) dan membutuhkan pinjaman sebesar Rp50 juta. Dengan asumsi suku bunga tetap sebesar 12% per tahun dan tenor pinjaman tiga tahun, langkah-langkah perhitungan adalah sebagai berikut:

Perhitungan Bunga:

Nilai bunga per tahun adalah Rp6 juta (12% dari Rp50 juta).

Dengan tenor tiga tahun, total utang bunga menjadi Rp18 juta (Rp6 juta dikalikan dengan 3).

Total Jumlah Utang:

Jadi, total jumlah utang yang harus dibayarkan adalah Rp68 juta (pokok pinjaman Rp50 juta + total utang bunga Rp18 juta).

Syarat Minimal Penghasilan:

  • Sebelum disetujui untuk mendapatkan pinjaman KUM, Anda harus memenuhi syarat minimal penghasilan sebesar Rp2 juta.
  • Setiap iuran akan diproses dengan durasi persetujuan dalam rentang waktu 7 hingga 14 hari kerja.

Biaya Rekening:

Anda juga akan dikenakan biaya rekening sebesar Rp10 ribu per bulan.

Penalti:

  • Dalam hal pelunasan di awal, akan dikenakan penalti sebesar 1% dari limit sisa pinjaman saldo.
  • Jika terjadi keterlambatan pembayaran, biaya denda sebesar 2% dari sisa pengajuan kredit akan dikenakan.

Baca juga: Bunga Deposito Bank Digital Tertinggi ini Rekomendasinya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE