32.4 C
Jakarta
Jumat, 23 Februari, 2024

Daftar Perusahaan Asuransi Mobil Syariah Terpopuler di Indonesia 2023, Ini Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Daftar perusahaan asuransi mobil syariah terpopuler di Indonesia tahun 2023, apa saja ya? Di Indonesia, selain tersedia asuransi mobil konvensional, negara ini juga menawarkan layanan asuransi mobil berdasarkan prinsip syariah. 

Asuransi mobil syariah adalah produk asuransi yang mirip dengan asuransi mobil konvensional, tetapi tujuannya adalah memberikan perlindungan terhadap risiko keuangan kendaraan berdasarkan prinsip hukum syariah. 

Secara umum, pemilik asuransi mobil syariah akan menanggung risiko dengan cara menyumbangkan atau memberikan infaq sebagian atau seluruh kontribusinya melalui dana tabarru’, yang nantinya digunakan untuk membayar klaim.

Perbedaan mendasar antara asuransi mobil syariah dan konvensional terletak pada prinsip yang mendasarinya. Sementara asuransi konvensional melibatkan transaksi jual beli di mana kedua pihak mencari keuntungan, asuransi syariah mengadopsi prinsip ta’awuni (tolong-menolong). 

Dalam prinsip ini, nasabah memberikan kepercayaan pada pihak asuransi untuk mengelola premi (tabarru’) melalui akad wakalah bil ujrah. Nah, untuk mengetahui apa saja daftar perusahaan asuransi mobil syariah terpopuler di Indonesia tahun 2023 ini, simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Cara Daftar Asuransi Mobil ACA dengan Mudah, Banyak Manfaatnya!

Daftar Perusahaan Asuransi Mobil Syariah

Terdapat berbagai jenis asuransi syariah di Indonesia, termasuk di dalamnya asuransi mobil. Berikut adalah daftar perusahaan asuransi mobil syariah yang beroperasi di Indonesia:

1. Daftar Perusahaan Asuransi Mobil Syariah: ACA Syariah

ACA Syariah, dioperasikan oleh PT Asuransi Central Asia (ACA Asuransi), terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Produk asuransi mobil ini dijalankan sesuai prinsip syariah, dan berbagai produk termasuk asuransi mobil disediakan.

2. Askrida Syariah

Asuransi Mobil Askrida Syariah adalah perusahaan asuransi berbasis hukum Islam yang memberikan perlindungan terhadap risiko kerusakan dan kehilangan kendaraan. Perlindungan mencakup berbagai risiko seperti terbalik, tergelincir, kebakaran, tabrakan, pencurian, ledakan, serta jaminan untuk huru-hara, banjir, dan tanggung jawab hukum pada pihak ketiga.

3. Astra Buana Syariah

Asuransi Mobil Astra Buana Syariah adalah produk asuransi dari Astra yang mengikuti prinsip keislaman Garda Oto Syariah. Layanan mencakup bengkel dan jaringan syariah, tarif dan paket, fasilitas dari Garda Oto, dan lainnya.

  1. Autocillin Ikhlas

Asuransi Mobil Autocillin Ikhlas, dari Adira Insurance, menawarkan fleksibilitas dalam penyesuaian iuran premi sesuai kebutuhan pelanggan. Nasabah juga memiliki peluang mendapatkan hasil di akhir periode apabila tidak ada klaim diajukan.

  1. Chubb Syariah

Asuransi Chubb Syariah memberikan perlindungan terhadap berbagai risiko kerugian, termasuk kerusakan atau kehilangan.

  1. Otomate Syariah

Asuransi Mobil Otomate Syariah, milik perusahaan ACA, menyediakan perlindungan penuh (All Risk) untuk kendaraan terhadap berbagai kerugian atau kerusakan.

  1. Ramayana Syariah

Asuransi Mobil Ramayana Syariah, dimiliki oleh PT Asuransi Ramayana Tbk, menawarkan produk dengan prinsip syariah, termasuk asuransi tanpa riba dan sistem bagi hasil.

  1. Sinar Mas Syariah

Asuransi Mobil Sinar Mas Syariah merupakan produk dari PT Asuransi Sinar Mas, dijalankan dengan prinsip syariah.

  1. Syariah Garda Oto

Asuransi Garda Oto Syariah mengadopsi sistem saling menanggung risiko antar nasabah melalui dana tabarru’ untuk membayar klaim atau musibah.

  1. Takaful Syariah

Asuransi Mobil Takaful Syariah memberikan perlindungan khusus untuk kendaraan, termasuk bus dan truk, dengan jenis polis komprehensif dan cover partial loss.

  1. Zurich Syariah

Asuransi Mobil Zurich Syariah, yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), mengelola risiko dengan akad Wakalah Bil Ujrah dan melibatkan kerjasama saling tolong menolong antar peserta. Produk unggulannya termasuk Autocillin Ikhlas (Asuransi Mobil Syariah).

Daftar Perusahaan Asuransi Mobil Syariah: Tips Memilih

Ketika memilih asuransi mobil syariah yang terbaik, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan anggaran Anda. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memilih asuransi mobil syariah yang sesuai:

  1. Pertimbangkan Jenis Asuransi

Pertimbangkan jenis asuransi mobil syariah, apakah all risk atau TLO. All risk cocok untuk daerah dengan lalu lintas padat atau jalanan rusak, sementara TLO dapat menjadi pilihan bagi mereka yang tinggal di daerah rawan kriminalitas seperti pencurian mobil.

Baca juga: Cara mengajukan Asuransi Mobil Syariah yang Tepat

Daftar Perusahaan Asuransi Mobil Syariah

  1. Bandingkan Harga Premi

Lakukan perbandingan harga premi dan manfaat pertanggungan dari berbagai perusahaan asuransi mobil syariah di Indonesia. Gunakan marketplace asuransi online untuk memudahkan perbandingan dan memilih polis yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

  1. Pengelolaan Dana sesuai Syariat Islam

Pastikan bahwa pengelolaan dana asuransi mengikuti prinsip syariat Islam, seperti prinsip sharing risk atau tolong menolong. Tanyakan apakah dana tabarru’ yang Anda setorkan diinvestasikan sesuai dengan prinsip syariat Islam.

  1. Dewan Pengawas Syariah (DPS)

Pastikan bahwa perusahaan asuransi terdaftar secara resmi di Dewan Pengawas Syariah (DPS), sebuah lembaga resmi dalam industri keuangan syariah.

  1. Kredibilitas Perusahaan

Cek kredibilitas perusahaan asuransi dengan memastikan bahwa perusahaan tidak memiliki riwayat kasus yang meragukan. Periksa izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pelajari laporan tahunan perusahaan untuk menilai kesehatan keuangan mereka.

  1. Bengkel Rekanan yang Luas

Pilih perusahaan asuransi yang memiliki jaringan bengkel rekanan yang luas. Hal ini dapat memudahkan proses klaim, karena nasabah dapat dengan cepat mengunjungi bengkel rekanan untuk perbaikan setelah mengalami kerugian.

Baca juga: Panduan Membeli Asuransi Digital, Tips Memilih Asuransi

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE