31 C
Jakarta
Rabu, 28 Februari, 2024

Gala Games: Cara Kerja, Keunikan, hingga Cara Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Gala Games adalah salah satu game NFT atau permainan play-to-earn berbasis NFT yang saat ini sedang menuai popularitasnya selain Axie Infinity dan Decentraland.

Gala Games merupakan suatu platform dan ekosistem yang menitikberatkan pada permainan blockchain. Eric Schiermeyer mendirikannya pada tahun 2020 dengan tujuan untuk menyatukan pemain dan pengembang permainan dalam suatu ekosistem yang didukung oleh teknologi blockchain.

Gala Games adalah

Gala Games merupakan suatu platform permainan blockchain yang menggabungkan teknologi non-fungible token (NFT). Platform ini memiliki peran kunci dalam membentuk ekosistem permainan blockchain yang memungkinkan pemain melakukan perdagangan dan memiliki aset permainan secara global, kapan saja.

Pendirian platform permainan blockchain ini diprakarsai oleh Eric Schiermeyer pada 21 Juli 2019. Pendiri platform ini memiliki tujuan untuk mengubah paradigma industri permainan dengan memberikan kendali penuh kepada para pemain di dalam dunia permainan.

Baca juga: Optimism pada Teknologi Blockchain: Definisi, Cara Kerja, hingga Ekosistemnya

Dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh situsnya, tujuan utamanya adalah menciptakan “permainan blockchain yang benar-benar mengundang Anda untuk bermain.”

Gala Games, pada intinya, berkomitmen untuk merubah persepsi masyarakat terhadap permainan dengan memberikan kekuasaan kepada pemain atas permainan dan aset di dalamnya. Selain itu, mereka juga berusaha menghidupkan kembali konsep pemikiran kreatif dalam dunia permainan melalui pemanfaatan teknologi blockchain.

Cara Kerja Gala Games

Gala Games menunjukkan kesamaan dengan platform seperti Steam dan Epic Games, di mana pengguna dapat memilih dari berbagai game yang tersedia. Namun, perbedaannya terletak pada fakta bahwa setiap game di Gala Games dapat dimainkan tanpa biaya dan diakses melalui aplikasi terdesentralisasi (DApp).

Ekosistem platform permainan blockchain ini dibangun di atas jaringan Ethereum, dengan token GALA menggunakan format ERC-20. Namun, tingginya kepadatan jaringan Ethereum telah menyebabkan biaya gas yang tinggi.

Mulai awal tahun 2021, platform permainan blockchain ini telah bekerja sama dengan beberapa blockchain lain untuk mengatasi biaya transaksi yang tinggi di Ethereum. Saat ini, token GALA dapat digunakan di jaringan Polygon dan BNB Chain, memungkinkan semua pengguna untuk menikmati biaya transaksi yang lebih terjangkau dan proses yang lebih cepat melalui kedua blockchain tersebut.

Dalam pengumuman di blog resminya, platform permainan blockchain ini telah meluncurkan “Project Gyri” atau Gala Chain, sebuah blockchain independen yang akan dibangun oleh Gala Games.

Ekosistem pada Gala Games

Setelah memahami definisi dan mekanisme kerjanya, saatnya untuk mengenali ekosistem yang ada dalam platform permainan blockchain ini. Mengetahui daftar ekosistem dalam platform permainan blockchain ini akan memberikan manfaat signifikan bagi pemain dan para pelaku industri. Berikut adalah beberapa komponen utama ekosistem Gala Games:

Ekosistem pada Gala Games: Spider Tank

Spider Tank merupakan permainan kedua yang dikeluarkan oleh Gala Games dan sudah dapat dimainkan. Berbeda dengan Town Stars, permainan ini dikembangkan oleh Gamedia, sebuah studio game berbasis di Belanda dengan puluhan tahun pengalaman. Dalam Spider Tank, pemain dapat membuat tank mereka sendiri dan berkompetisi melawan pemain lain dalam arena pertempuran (mode PvP atau Player vs. Player). Pemain dapat mengunduh Spider Tank langsung dari situs platform permainan blockchain ini untuk memulai permainan.

Penting untuk dicatat bahwa akses bermain Spider Tank dapat sangat terbatas tanpa kepemilikan NFT khusus Spider Tank. Ini menggambarkan peran teknologi kripto dan blockchain dalam permainan.

Di dalam marketplace platform permainan blockchain ini, terdapat berbagai NFT Spider Tank yang dapat dibeli. NFT ini umumnya mencakup bagian-bagian tank, senjata, dan elemen lainnya. Pemilik NFT Spider Tank mendapatkan keunggulan dalam meningkatkan kekuatan tank mereka, dan memiliki NFT memberikan akses ke skema Play-to-Earn (P2E) Spider Tank yang sedang dikembangkan.

Mekanisme P2E Spider Tank dijadwalkan secara resmi dimulai pada Kuartal IV 2022, dan platform permainan blockchain ini baru-baru ini merilis litepaper mengenai skema ini, menggunakan token SILK sebagai mata uang kripto dalam permainan.

Baca juga: Harga Bitcoin Capai Rekor Tertinggi 2023, Bisa Tembus USD100.000 Tahun Depan?

Gala Games

Town Star

Town Star adalah permainan pertama yang diperkenalkan dalam ekosistem platform permainan blockchain ini. Dikembangkan langsung oleh tim Gala Games, permainan ini saat ini dalam fase beta dan memenangkan penghargaan “The Best Blockchain Game” dalam AIBC Award 2022.

Dalam Town Star, pemain bertindak sebagai pengelola kota kecil yang bertugas memproduksi dan menjual berbagai barang untuk mengembangkan kota mereka. Mereka dapat memproduksi berbagai barang seperti susu, minyak, telur, dan produk pertanian lainnya. Tujuan utama adalah terus meningkatkan produksi dan perkembangan kota.

Town Star dapat dimainkan tanpa biaya, cukup dengan membuat akun di situs Gala Games. Pada akhir September 2021, Town Star memperkenalkan konsep Play-to-Earn (P2E) melalui token TOWN dan NFT lainnya. Pemain dapat bersaing di papan peringkat untuk mendapatkan “town points,” yang menentukan jumlah token TOWN yang mereka peroleh. Selain itu, pemain dapat membeli NFT yang membantu dalam produksi barang.

Perlu dicatat bahwa pada 17 Juli 2022, skema penghargaan token TOWN dihentikan sementara, karena Gala Games sedang mengevaluasi aspek ekonomi dari P2E Town Stars dan meningkatkan tim pengembang permainan.

Marketplace NFT

Platform permainan blockchain ini menyediakan pasar NFT eksklusif untuk ekosistem permainannya. Di sana, pengguna dapat membeli berbagai jenis NFT menggunakan aset kripto seperti ETH, BAT, dan GALA. Platform permainan blockchain ini juga menyediakan dompet digital khusus untuk menyimpan NFT dan aset terkait Gala. NFT yang dibeli dapat digunakan sebagai investasi atau langsung dalam permainan ekosistem Gala.

Penting untuk dicatat bahwa sejak 31 Juli, platform permainan blockchain ini telah mengumumkan bahwa semua koleksi NFT-nya sekarang dapat dibeli secara langsung di OpenSea. Pengguna hanya perlu mentransfer akun mereka dari dompet Gala ke MetaMask untuk melakukan pembelian di platform OpenSea.

Keunikan Gala Games

Setelah memahami ekosistemnya, kini saatnya untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang membuat platform permainan blockchain ini unik. Pemahaman mengenai keunikan platform permainan blockchain ini memiliki dampak positif yang signifikan, baik bagi pemain, investor, maupun pelaku industri dalam ranah permainan video dan blockchain. Berikut adalah beberapa faktor kunci yang menjadikan platform permainan blockchain ini sebagai entitas yang unik dalam dunia permainan video dan blockchain:

  • Ragam Permainan dalam Ekosistem: Gala Games membawa beragam jenis permainan ke dalam ekosistemnya, menargetkan pemain dengan berbagai preferensi. Pendekatan diversifikasi permainan ini memiliki potensi untuk menarik perhatian berbagai kalangan pemain dengan selera yang berbeda.
  • Investasi dalam Platform: Menginvestasikan dalam token GALA berarti ikut berpartisipasi dalam pengembangan platform gaming dan NFT Gala Games. Rencana ekspansi platform permainan blockchain ini melibatkan penambahan fitur seperti musik, film, dan koleksi NFT yang lebih luas, menciptakan peluang investasi yang lebih diversifikasi.
  • Fokus pada Kualitas: Prinsip utama platform permainan blockchain ini adalah memberikan prioritas pada kualitas permainan sebelum mempertimbangkan aspek keuangan seperti Play-to-Earn (P2E) dan NFT. Platform permainan blockchain ini menjalin kemitraan dengan berbagai tim pengembang, menunjukkan komitmen mereka terhadap pengalaman bermain yang berkualitas tinggi.

Cara Daftar di Gala Games

Mengetahui prosedur pendaftaran di platform permainan blockchain ini sangatlah penting bagi mereka yang berminat terlibat dalam ekosistem permainan blockchain ini. Dengan mengikuti langkah-langkah di bawah, Anda dapat membuat akun Gala Games yang memungkinkan Anda untuk mengeksplorasi ekosistem permainan dan mengambil bagian dalam berbagai kegiatan yang disediakan oleh platform tersebut. Berikut adalah panduan langkah demi langkah:

  • Kunjungi situs resmi Gala Games di https://app.gala.games/.
  • Di pojok kanan atas layar, cari dan klik tombol “Register”.
  • Isilah informasi yang diperlukan, termasuk nama, alamat email, dan kata sandi.
  • Setelah semua data yang diperlukan terisi, klik tombol “Create Account”.
  • Sekarang, Anda telah siap untuk menikmati permainan di platform permainan blockchain ini!

Baca juga: BRICS adalah: Fungsi, Tujuan, dan Perbedaannya dengan G20

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE