26.2 C
Jakarta
Sabtu, 2 Maret, 2024

Jenis Saham Preferen, Ini Hak Pemegang Sahamnya

JAKARTA, duniafintech.com – Jenis saham preferen adalah jenis saham yang memberikan hak kepemilikan yang lebih rendah daripada saham biasa.

Selain itu, saham preferen adalah jenis saham yang memiliki beberapa karakteristik khusus dibandingkan dengan saham biasa. Setiap jenis saham preferen memiliki karakteristik dan keuntungan sendiri, dan pemilihan jenis saham preferen dapat bervariasi tergantung pada tujuan perusahaan dan investor.

Penting untuk memahami syarat-syarat saham preferen sebelum berinvestasi dalamnya. Berikut ulasannya:

Jenis Saham Preferen

  1. Saham Preferen Kumulatif (Cumulative Preferred Stock):
    • Jika perusahaan tidak dapat membayar dividen pada saham preferen pada waktu tertentu, dividen tersebut akan diakumulasikan dan harus dibayar pada waktu yang akan datang sebelum dividen dibayarkan kepada pemegang saham biasa.
  2. Saham Preferen Non-Kumulatif (Non-Cumulative Preferred Stock):
    • Sebaliknya, jika perusahaan tidak membayar dividen pada saham preferen non-kumulatif pada waktu tertentu, dividen tersebut tidak akan diakumulasikan dan tidak harus dibayar di kemudian hari.
  3. Saham Preferen Partisipasi (Participating Preferred Stock):
    • Pemegang saham preferen dapat berpartisipasi dalam pembagian keuntungan bersama-sama dengan pemegang saham biasa setelah mereka menerima dividen yang telah ditetapkan.
  4. Saham Preferen Konversi (Convertible Preferred Stock):
    • Pemegang saham preferen memiliki opsi untuk mengonversi saham preferen mereka menjadi saham biasa perusahaan sesuai dengan tingkat konversi yang ditentukan.
  5. Saham Preferen Tebus (Redeemable Preferred Stock):
    • Perusahaan memiliki opsi untuk menebus saham preferen pada harga yang telah ditentukan setelah periode waktu tertentu.
  6. Saham Preferen Tanpa Hak Suara (Non-Voting Preferred Stock):
    • Saham preferen ini memberikan dividen tetap kepada pemegangnya tetapi tidak memberikan hak suara dalam keputusan perusahaan.
  7. Saham Preferen Bebas Pajak (Tax-Advantaged Preferred Stock):
    • Beberapa saham preferen mungkin memiliki keuntungan pajak tertentu, seperti pengurangan pajak atas dividen yang diterima.

Baca juga: Cara Beli Saham Online: Kenal Saham Preferen ? Cek Yuk!

Hak Pemegang Saham Preferen

  1. Hak atas Dividen Tetap:
    • Pemegang saham preferen memiliki hak untuk menerima dividen tetap sebelum pembayaran dividen kepada pemegang saham biasa. Dividen ini umumnya dalam bentuk persentase tertentu dari nilai nominal saham preferen.
  2. Hak Dividen Kumulatif:
    • Pemegang saham preferen kumulatif memiliki hak untuk menerima dividen yang tidak dibayar pada periode sebelumnya. Jika perusahaan tidak membayar dividen pada suatu periode, dividen tersebut akan diakumulasikan dan harus dibayar sebelum dividen dibagikan kepada pemegang saham biasa.
  3. Hak Preferen dalam Pembagian Keuntungan:
    • Pemegang saham preferen mungkin memiliki hak untuk berbagi keuntungan perusahaan di atas dividen yang telah ditentukan bersama-sama dengan pemegang saham biasa. Ini disebut saham preferen partisipasi.
  4. Hak Konversi:
    • Beberapa saham preferen bersifat konvertibel, yang berarti pemegang saham memiliki opsi untuk mengonversi saham preferen menjadi saham biasa pada tingkat konversi tertentu.
  5. Hak Suara:
    • Meskipun sebagian besar saham preferen tidak memiliki hak suara, beberapa saham preferen mungkin diberikan hak suara dalam keputusan perusahaan.
  6. Hak Tebus (Redemption):
    • Pemegang saham preferen mungkin memiliki hak untuk menuntut pembayaran kembali nilai nominal saham preferen pada waktu tertentu atau setelah memenuhi kondisi tertentu.
  7. Hak dalam Likuidasi:
    • Pemegang saham preferen memiliki hak untuk mendapatkan pembayaran sebelum pemegang saham biasa saat likuidasi perusahaan. Mereka mendapatkan prioritas dalam pembagian aset perusahaan jika terjadi likuidasi.
  8. Hak Memilih Direksi:
    • Beberapa saham preferen mungkin memberikan hak kepada pemegangnya untuk memilih sejumlah direksi perusahaan.

Baca juga: Saham Preferen dan Perbedaannya dengan Saham Biasa

Keuntungan Pemegang Saham Preferen

  1. Dividen Tetap:
    • Pemegang saham preferen memiliki hak untuk menerima dividen tetap, yang merupakan keuntungan berupa pembayaran periodik dengan jumlah yang telah ditentukan. Hal ini memberikan stabilitas pendapatan kepada pemegang saham preferen.
  2. Prioritas dalam Pembagian Keuntungan:
    • Saat perusahaan membayar dividen atau pada saat likuidasi, pemegang saham preferen memiliki prioritas dibandingkan dengan pemegang saham biasa. Mereka mendapatkan pembayaran sebelum pemegang saham biasa menerima bagian dari keuntungan atau aset perusahaan.
  3. Perlindungan dari Risiko:
    • Pemegang saham preferen kumulatif mendapatkan perlindungan terhadap ketidakstabilan keuangan perusahaan karena mereka berhak atas dividen yang diakumulasikan jika perusahaan tidak dapat membayar dividen pada suatu periode.
  4. Hak Konversi:
    • Jika saham preferen bersifat konvertibel, pemegang saham memiliki kesempatan untuk mengonversi saham preferen menjadi saham biasa perusahaan. Ini memungkinkan partisipasi dalam potensi pertumbuhan nilai saham biasa.
  5. Hak Suara (Jika Diberikan):
    • Beberapa saham preferen mungkin memiliki hak suara, memberikan pemegangnya pengaruh dalam keputusan perusahaan. Namun, sebagian besar saham preferen umumnya tidak memberikan hak suara.
  6. Stabilitas Investasi:
    • Saham preferen sering dianggap sebagai investasi yang lebih stabil dibandingkan dengan saham biasa karena mereka mendapatkan dividen tetap dan memiliki prioritas pembagian keuntungan.
  7. Perlindungan terhadap Dilusi:
    • Pemegang saham preferen kadang-kadang dilindungi dari dilusi pemegang saham biasa jika perusahaan menerbitkan saham tambahan. Hak konversi dapat membantu pemegang saham preferen mempertahankan proporsi kepemilikan mereka.
  8. Pilihan Tebus (Redemption):
    • Jika saham preferen bersifat tebus, perusahaan memiliki opsi untuk menebus saham tersebut pada harga yang telah ditentukan, memberikan kepastian pengembalian investasi.

Baca juga: Perbedaan Saham Biasa dan Preferen, Investor Pilih Apa ?

Meskipun ada keuntungan, penting untuk diingat bahwa setiap investasi melibatkan risiko, dan saham preferen tidak selalu memberikan keuntungan yang sama dalam hal pertumbuhan nilai seperti saham biasa. Keputusan untuk berinvestasi dalam saham preferen harus dipertimbangkan dengan cermat sesuai dengan tujuan dan profil risiko investor.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE