28.3 C
Jakarta
Selasa, 4 Agustus, 2020

Justin Sun, Sosok Muda di Balik Tron dan BitTorrent

duniafintech.com – Sama seperti perusahaan-perusahaan rintisan baru, TRON juga memiliki sosok muda di belakangnya. Dia adalah Justin Sun, pria 30 tahun yang pernah masuk ke dalam 30 Under 30-Asia di bidang Consumer Technology 2017.

Sun lahir pada tahun 1990. Dia adalah pengusaha teknologi, pendiri platform cryptocurrency TRON dan CEO BitTorrent saat ini. Justin Sun meraih gelar M.A. dalam Studi Asia Timur dari University of Pennsylvania dan B.A. dalam Sejarah dari Universitas Peking. Dia juga merupakan mantan wakil kepala wilayah Ripple di Tiongkok.

Ketika dia berusia 26, Sun dipilih oleh Jack Ma untuk belajar di Universitas Hupan, dia adalah satu-satunya generasi milenial di antara lulusan pertama dari Universitas Hupan. Selain itu, ia menjadi figur sampul Yazhou Zhoukan pada 2011; Davos Global Youth Leaders di 2014. 

Sun mendirikan Peiwo pada tahun 2012. Saat itu Sun mendengar tentang Bitcoin untuk pertama kalinya. Dia lalu menginvestasikan biaya kuliahnya selama satu tahun penuh untuk membeli Bitcoin. Saat harga Bitcoin naik itulah Sun mencairkan uangnya untuk mendirikan Peiwo.  

Peiwo sendiri merupakan sebuah aplikasi yang bercita-cita untuk menjadi Snapchat China yang cocok dan menghubungkan pengguna dengan menganalisis sampel suara 10 detik juga menarik. Peiwo telah memperkenalkan sejumlah saluran bagi pengguna untuk menemukan teman yang memiliki pemikiran sama, dengan game online, pertunjukan bakat, dan streaming langsung. Peiwo telah mencocokkan lebih dari 4 miliar obrolan hingga saat ini. 

Baca juga: 

Sepak Terjangnya di Bidang Kripto Aset dan Kelahiran TRON

TRON merupakan platform Blockchain yang dibuat untuk memungkinkan pembuat konten hiburan membagikan pekerjaan mereka secara langsung dengan pengguna. Sebuah laporan Coindesk mengatakan bahwa lebih dari 64% aplikasi terdesentralisasi (dapps) di jaringan TRON melibatkan perjudian, menurut firma analisis Dapp Review. Pengguna dapat bertaruh dengan token Tron — Tronix, atau TRX — dan juga menerima token sebagai hadiah kemenangan. 

Penawaran koin perdana (ICO) Tron untuk TRX selesai pada bulan September 2017 dengan raihan dana sebesar $70 juta, bersamaan dengan Beijing yang melarang semua ICO dan pertukaran mata uang kripto lokal untuk menjaga pemerintahan keamanan sistem keuangan setempat. 

Larangan tersebut telah mendorong para pendiri cryptocurrency untuk mengalihkan operasi mereka ke Jepang dan Hong Kong, dan, dalam kasus Sun, San Francisco tahun lalu. Pada tahun 2018, Sun membeli BitTorrent, perusahaan yang berbagi file peer-to-peer, yang ia rencanakan untuk diintegrasikan dengan platform Tron.

(DuniaFintech/Dita Safitri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pengguna Spotify Meningkat Drastis di Kuartal 2 2020

DuniaFintech.com - Platform digital streaming musik dan hiburan, Spotify mendapatkan peningkatan pengguna, atau monthly active user sebanyak 299 juta. Hal tersebut disampaikan...

Mencari Pinjaman Bulanan Online? Ini Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya

DuniaFintech.com - Apakah Anda mengalami kesulitan untuk mencari pinjaman bulanan online? Berikut rekomendasi bagi Anda yang mencari pinjaman bulanan online terpercaya

Sukses tapi Sederhana, 5 Tips Kaya Raya ala Mark Zuckerberg ini Bisa Anda Contek

DuniaFintech.com - Sosok ini dikenal sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Tentu semua berpikir, dia bisa membeli apapun dengan kekayaan yang...

Perkembangan Fintech Lending Pesat Buat Pegadaian Siapkan Digital Lending

DuniaFintech.com - Perkembangan fintech lending di masyarakat kian pesat. Perkembangan fintech lending tersebut pun dilihat sebagai peluang besar bagi PT Pegadaian. Oleh...

Akulaku Ambil Langkah Restrukturisasi Kredit Rp47,3 Miliar Saat Pandemi

DuniaFintech.com - Perusahaan Fintech Akulaku ambil langkah restrukturisasi bagi 13.876 debitur dengan total pinjaman Rp47,3 miliar per Juli 2020. Langkah tersebut diambil...
LANGUAGE