29.1 C
Jakarta
Selasa, 27 Februari, 2024

Siapkan Kredit untuk Anak Muda, Cak Imin Janjikan Rp150 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com – Kredit untuk anak muda menjadi salah satu janji kampanye Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Cak Imin sendiri menjanjikan anggaran untuk anak muda, termasuk kredit usaha bagi anak muda, dengan nilai anggaran sebesar Rp150 triliun. 

“Amin [Anies dan Cak Imin] akan memastikan 5% anggaran dari APBN atau sekitar Rp150 triliun, kita khususkan untuk ‘kamu-kamu’ kaum muda Indonesia,” katanya dalam Debat Cawapres, Jumat (22/12/2023), dikutip via Bisnis.com.

Kredit untuk Anak Muda: Program KAMU

Menurut Cak Imin, anggaran itu akan direalisasikan dalam bentuk program kerja bernama KAMU atau kredit usaha kalangan muda. 

Baca juga: Syarat Pinjaman Kredit Serbaguna Mandiri untuk Karyawan

“Diberikan kesempatan mengakses sebanyak-banyaknya bagi anak muda untuk menjadi pelaku ekonomi yang baik,” jelasnya.

Sebelumnya Cak Imin juga di dalam masa kampanye menjanjikan kredit bagi kalangan muda dengan nilai pinjaman Rp10 juta tanpa agunan. Debitur dalam hal ini anak muda yang diberikan kredit pun difasilitasi kredit tanpa bunga. 

Sebelumnya, termasuk anak muda, pemerintah memberikan akses kredit usaha dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR). Penyaluran KUR telah mencapai Rp229,97 triliun kepada 4,12 juta debitur per 30 November 2023. 

Jumlah realisasi itu setara dengan 77,42% dari target KUR 2023 yang senilai Rp297 triliun.  Target KUR 2023 nasional ini telah mengalami revisi dari Rp400 triliun menjadi Rp297 triliun.

Jika dibandingkan dengan 2022, target KUR nasional mencapai Rp373 triliun dengan realisasi penyaluran KUR nasional di Rp365 triliun

Pertimbangkan Hal-hal Ini Terkait Kredit untuk Anak Muda

Mendapatkan kredit untuk anak muda dapat menjadi langkah yang penting dalam membangun riwayat kredit dan mencapai tujuan finansial. Namun, sebelum mengajukan kredit, penting untuk memahami beberapa faktor dan opsi yang tersedia. Berikut beberapa saran terkait kredit untuk anak muda:

1. Pertimbangan Kredit untuk Anak Muda: Pahami Kebutuhan Finansial Anda

Tentukan dengan jelas alasan Anda memerlukan kredit, apakah untuk pendidikan, pembelian properti, atau kebutuhan mendesak lainnya.

2. Pertimbangan Kredit untuk Anak Muda: Kenali Jenis Kredit yang Sesuai

Ada berbagai jenis kredit, termasuk kredit tanpa agunan, kredit pendidikan, dan kartu kredit. Pilih jenis kredit yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Bangun Riwayat Kredit

Bagi yang belum memiliki riwayat kredit, pertimbangkan untuk memulai dengan kartu kredit pemula atau pinjaman kecil. Ini membantu membangun riwayat kredit Anda.

4. Bandingkan Penawaran dari Berbagai Lembaga Keuangan

Jangan ragu untuk membandingkan suku bunga, biaya, dan persyaratan kredit dari berbagai lembaga keuangan sebelum membuat keputusan.

  1. Ajukan Kredit secara Bertanggung Jawab

Ajukan kredit hanya jika Anda yakin mampu melunasi pembayaran. Hindari mengajukan kredit dalam jumlah yang tidak diperlukan.

Baca juga: Cara Lunasi Hutang Kartu Kredit dengan Tepat dan Mudah

Kredit untuk Anak Muda

  1. Gunakan Kredit dengan Bijak

Gunakan kredit untuk keperluan yang produktif dan berinvestasi, bukan hanya untuk keinginan konsumtif. Ini membantu membangun aset finansial.

  1. Perhatikan Skor Kredit

Awasi skor kredit Anda secara berkala. Melakukan pembayaran tepat waktu dan mengelola kredit dengan baik dapat meningkatkan skor kredit Anda.

  1. Bekerja Sama dengan Penjamin

Jika mungkin, pertimbangkan untuk bekerja sama dengan penjamin yang memiliki riwayat kredit baik. Ini dapat meningkatkan kemungkinan persetujuan kredit.

  1. Jangan Terlalu Banyak Membuka Kredit

Hindari membuka terlalu banyak kredit dalam waktu singkat, karena hal ini dapat merugikan skor kredit Anda.

  1. Konsultasikan dengan Ahli Keuangan

Jika Anda merasa ragu atau membutuhkan panduan lebih lanjut, konsultasikan dengan ahli keuangan atau konselor kredit.

Baca juga: Kredit Laptop Online tanpa DP, Bisa? Intip Rekomendasinya Yuk!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE