25.6 C
Jakarta
Minggu, 4 Desember, 2022

Payment Gateway: Definisi, Cara Kerja, hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Payment gateway pada dasarnya merupakan solusi bagi pembayaran pada bisnis online yang kian marak belakangan ini.

Hal ini penting sebagai upaya memberikan kemudahan pembayaran di toko onlline supaya pengunjung senang berbelanja. Di samping itu, proses pembayarannya juga bisa semakin mudah dan efisien.

Nah, bagi kamu yang ingin tahu lebih jauh soal definisi, cara kerja, hingga manfaatnya, simak yuk ulasannya berikut ini, seperti dinukil dari Niaga Hoster.

Payment Gateway adalah

Pada dasarnya, payment gateway merupakan layanan pembayaran yang memudahkan penjual dan pembeli bertransaksi online. Mekanisme ini akan membantu toko online memastikan proses pembayaran berjalan baik, apa pun metode pembayaran, bisa transfer bank, kartu kredit, virtual account, debit, e-wallet, serta gerai minimarket. 

Baca juga: Apa Itu Payment Gateway: Manfaat & Cara Kerjanya

Adapun dalam prosesnya, sistem pada layanan ini akan melihat informasi penting dari customer, toko online, dan bank. Di samping itu, standar keamanannya pun sangat ketat sebab harus memenuhi unsur berikut:

  1. Address Verification System: dengan sistem ini, rincian tagihan customer akan diperiksa dan disesuaikan dengan alamat kartu yang sudah resmi terdaftar. Jadi, tidak perlu takut salah tagih.
  2. Card Security Code: setiap proses transaksi hanya akan diproses kalau memiliki tiga digit terakhir nomor kartu kredit/debit.
  3. 3D Secure Password: pengguna akan selalu menggunakan password yang aman ketika transaksi online dijalankan. 

Payment Gateway

Bagaimana Cara Kerja Payment Gateway?

Sejatinya, cara kerja layanan pembayaran ini sangat sederhana, yakni sebagai berikut:

  1. Konsumen bertransaksi di toko online kamu, mulai dari memilih produk, menentukan metode pembayaran, hingga melakukan proses checkout.
  2. Toko online akan mengirimkan data pembelian dari konsumen itu ke penyedia payment gateway. Setelah konsumen melakukan pembayaran, transaksi ini akan dilanjutkan ke bank atau institusi keuangan yang terkait. 
  3. Bank atau institusi keuangan tersebut akan memproses transaksi. Bisa saja sebuah transaksi ditolak jika ada kesalahan pembayaran atau ada data yang keliru.
  4. Penyedia payment gateway akan mengirimkan pesan kepada toko online mengenai berhasil atau tidaknya transaksi.
  5. Institusi keuangan menerima pembayaran dari transaksi konsumen dan meneruskan pembayaran itu kepada toko online.

Baca jugaFaspay Payment Gateway, Solusi Pembayaran Online Terbaik untuk Anda

Sekalipun telah melewati sejumlah langkah, proses di atas sejatinya hanya berlangsung dalam hitungan detik.

Manfaat Payment Gateway

Bukan hanya menguntungkan kamu sebagai pemilik toko online, penggunaan layanan ini pun bermanfaat buat pelanggan. Berikut ini manfaatnya.

1. Metode pembayaran lebih variatif

Layanan ini memungkinkan kamu untuk menyediakan metode pembayaran yang beragam. Hal itu tentunya akan memudahkan konsumen saat berbelanja di toko online kamu. Pasalnya, konsumen akan punya banyak pilihan saat ingin melakukan pembayaran sesuai keinginannya.

2. Instalasinya mudah

Instalasi payment gateway tidaklah ribet. Pasalnya, memasang layanan ini di website toko online akan jauh lebih mudah daripada yang kamu kira. Terlebih, jika kamu menggunakan WordPress. Pasalnya, ada banyak pilihan plugin yang bisa digunakan.

3. Proses transaksi lebih cepat dengan payment gateway

Dengan menggunakan layanan ini, seluruh proses transaksi akan berjalan otomatis sehingga jauh lebih cepat. Tanpa mekanisme yang satu ini, transaksi pembelian akan terjadi secara manual. Konsumen pun mesti mengirimkan uang via transfer dan melakukan konfirmasi pembayaran terlebih dahulu. Pemilik toko online juga mesti membuat invoice secara manual.

4. Transaksi lebih aman

Di samping itu, mekanisme pembayaran yang satu ini pun menawarkan solusi supaya transaksi di toko online kamu menjadi lebih aman. Adapun perusahaan penyedia layanan ini sudah membangun sistem yang canggih sehingga bisa memeriksa semua transaksi dengan cepat dan mencegah adanya transaksi fiktif yang merugikan.

5. Jangkauan hingga mancanegara

Jika kamu masih mengandalkan sistem pembayaran manual maka cara itu akan membuatmu sulit untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Apabila pangsa pasar kamu hingga mancanegara maka menggunakan layanan yang satu ini potensi transaksinya dapat lebih besar. Hal itu karena metode pembayarannya lebih banyak sehingga konsumen bisa membeli produk toko online kamu dengan mudah.

6. Transaksi tidak terbatas

Sistem yang satu ini bisa menangani transaki yang bisa disebut tidak terbatas. Itu berarti, kalau toko online kamu cukup ramai dikunjungi pelanggan maka transaksi online bisa tetap dilakukan. 

Sekian ulasan tentang payment gateway yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga7 Payment Gateway Gratis Terbaik untuk Bisnis Online

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

 

Penulis: Boy Riza Utama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perusahaan Asuransi yang Diawasi OJK, Simak Ya Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan asuransi yang sudah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) hingga kini sudah banyak. Meski demikian, hanya sekitar 1,7 persen penduduk...

Outstanding Shares, Apa Itu? Ini Pengertian hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Outstanding shares merupakan salah satu istilah dalam dunia investasi saham yang wajib dipahami oleh investor. Pada dasarnya, istilah ini merujuk pada sebuah...

Kerugian Ikut Asuransi Prudential dan Keuntungannya, Cek Ya!

JAKARTA, duniafintech.com – Kerugian ikut asuransi Prudential dan keuntungannya perlu diketahui oleh nasabah dari perusahaan asuransi ini. Seperti diketahui, salah satu pertimbangan saat akan membeli...

Cara Pindah Faskes BPJS Berikut Syarat dan Ketentuannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara pindah faskes BPJS Kesehatan berikut ini sangat penting diketahui oleh para peserta asuransi satu ini. Cara pindah faskes-nya pun sebetulnya sangat...

Kripto Masuk Pembahasan RUU P2SK, Ini Respon CEO Indodax

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) resmi masuk ke dalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR yang...
LANGUAGE