26.3 C
Jakarta
Jumat, 1 Maret, 2024

8 Strategi Investasi di Tahun Politik dan Rekomendasi Instrumen Investasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Strategi investasi di tahun politik 2024 penting diketahui oleh para investor. Menjadi tahun politik, 2024 dinilai sebagai tahun yang penuh ketidakpastian. 

Hal itu ditandai dengan adanya konflik di Eropa Timur dan Timur Tengah yang diiringi dengan hadirnya Pemilu 2024. Akibatnya, kondisi perekonomian pun menjadi tidak stabil. 

Nah, untuk mengetahui strategi dan instrumen investasi apa yang cocok pada tahun politik 2024 ini, simak ulasannya berikut ini.

Strategi Investasi di Tahun Politik: Instrumen Investasi pada Tahun 2024

Mengutip detikcom, Selasa (2/1/2024), berikut ini adalah dua rekomendasi investasi ala perencana keuangan Aidil Akbar di tahun politik 2024:

Baca juga: Cara Mengatur Gaji UMR Supaya Bisa Nabung dan Investasi

1. Emas

Salah satu instrumen investasi favorit masyarakat hingga saat ini adalah emas. Dengan ragam pilihan cara dalam berinvestasi emas dan harganya yang cenderung stabil, emas pun diyakini oleh masyarakat sebagai sebuah produk investasi yang menjanjikan.

Dikatakan Aidil, di samping cocok untuk pemula, emas pun cenderung aman pada tahun politik. Pasalnya, Aidil meramal bahwa harga emas tidak akan turun meski guncangan isu dan kondisi sosial ekonomi terjadi di mana-mana.

“Di Indonesia ‘kan tahun politik. Itu penuh dengan ketidakpastian. Cenderung orang asing nggak mau masuk dulu ke Indonesia. Bisa jadi, saham bisa turun karena asing cenderung nahan diri,” ungkapnya.

2. Obligasi

Menurut Aidil, tahun 2024 sebagai tahun politik dinilai tidak akan membawa cuan bagi yang berinvestasi di pasar saham. Alasannya adalah ramalan saham turun akibat perusahaan asing cenderung menahan diri melihat kondisi politik.

Karena itu, ia pun menyarankan untuk berinvestasi pada instrumen surat utang pemerintah atau obligasi. Dalam ramalannya, terdapat kemungkinan banyak obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Diimbangi dengan suku bunga yang tinggi, harapannya Anda bisa cuan pada akhir tahun nanti.

Strategi Investasi di Tahun Politik

Investasi selama tahun politik sering kali memerlukan strategi yang hati-hati dan pemahaman mendalam terhadap dinamika politik serta dampaknya terhadap pasar keuangan. Berikut adalah beberapa strategi investasi yang dapat dipertimbangkan selama tahun politik:

1. Strategi Investasi di Tahun Politik: Pelajari Kondisi Politik dan Ekonomi

Pemahaman mendalam tentang kondisi politik dan ekonomi saat ini dan potensi perubahan kebijakan yang mungkin terjadi sangat penting. Ini melibatkan pemantauan perkembangan politik, kebijakan fiskal, dan perubahan regulasi yang dapat mempengaruhi sektor-sektor tertentu.

2. Strategi Investasi di Tahun Politik: Diversifikasi Portofolio

Diversifikasi portofolio menjadi kunci selama periode politik yang tidak pasti. Mengalokasikan aset ke berbagai kelas aset dan sektor industri dapat membantu melindungi portofolio dari risiko spesifik yang mungkin timbul akibat kebijakan politik.

  1. Perhatikan Siklus Politik

Siklus politik dapat mempengaruhi kondisi pasar. Selama pemilihan atau perubahan kepemimpinan, pasar mungkin mengalami volatilitas tambahan. Keputusan investasi harus disesuaikan dengan fase siklus politik, seperti menjaga kehati-hatian selama periode ketidakpastian.

Baca juga: Asuransi untuk Investasi yang Perlu Dilirik Para Investor Nih!

Strategi Investasi di Tahun Politik

  1. Reaksi Pasar terhadap Kejadian Politik

Perhatikan reaksi pasar terhadap kejadian politik. Pemahaman bagaimana pasar bereaksi terhadap peristiwa tertentu dapat membantu investor membuat keputusan yang lebih informasional dan meminimalkan risiko.

  1. Pantau Data Ekonomi dan Keuangan

Data ekonomi dan keuangan dapat memberikan petunjuk tentang kesehatan ekonomi dan potensi dampak kebijakan politik. Pantau indikator ekonomi seperti pertumbuhan GDP, tingkat pengangguran, dan inflasi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik.

  1. Siapkan Strategi Jangka Panjang

Fokus pada strategi investasi jangka panjang. Pasar mungkin mengalami fluktuasi selama tahun politik, tetapi bagi investor jangka panjang, hasil dapat lebih stabil. Hindari reaksi impulsif terhadap perubahan pasar jangka pendek.

  1. Waspadai Risiko Geopolitik

Risiko geopolitik dapat mempengaruhi pasar secara signifikan. Konflik internasional atau ketegangan perdagangan dapat menciptakan ketidakpastian dan volatilitas. Investor perlu memahami dan memantau risiko geopolitik yang mungkin muncul.

  1. Konsultasikan dengan Ahli Keuangan

Jika perlu maka konsultasikan dengan ahli keuangan atau penasihat investasi yang dapat memberikan pandangan dan saran khusus selama tahun politik. Mereka dapat membantu merancang strategi investasi yang sesuai dengan tujuan dan toleransi risiko individu.

Baca juga: Apa Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas?

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE