32.4 C
Jakarta
Jumat, 23 Februari, 2024

Paling Diminati saat Ini! Simak 10 Tips Belanja di Shopee Live

JAKARTA, duniafintech.com – Tips belanja di Shopee Live penting diketahui bagi para pengguna Shopee yang ingin berbelanja lewat metode live streaming Shopee.

Perlu diketahui, Shopee Live saat ini menjadi salah satu fitur yang paling banyak diminati pengguna karena menawarkan diskon hingga 50 persen. 

Untuk dapat membeli produk incaran dengan harga miring, penting bagi pengguna untuk mengetahui cara beli di Shopee live dan tipsnya.

Nah, untuk mengetahui apa saja tipsnya, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Shopee Live – Tips Belanja di Shopee Live

Shopee Live adalah fitur siaran langsung yang disediakan oleh platform e-commerce Shopee. Ini memungkinkan penjual untuk mengadakan siaran video langsung, yang dapat diakses oleh pengguna Shopee. 

Baca juga: Panduan Tarik Saldo Tiktok ke ShopeePay yang Mudah

Selama siaran langsung, penjual dapat memperlihatkan produk secara langsung kepada penonton, menjelaskan fitur-fitur produk, memberikan penawaran khusus, menjawab pertanyaan pengguna, dan bahkan mengadakan kontes atau permainan untuk memberikan hadiah kepada penonton.

Shopee Live dirancang untuk meningkatkan pengalaman berbelanja online dengan memberikan cara interaktif dan real-time bagi penjual dan pembeli untuk berinteraksi. Ini memberikan peluang bagi penjual untuk membangun hubungan lebih dekat dengan pelanggan mereka, menyediakan informasi langsung tentang produk, dan meningkatkan kesadaran merek mereka.

Selama siaran langsung, pengguna Shopee dapat berpartisipasi dengan mengirimkan komentar, bertanya tentang produk, meminta penawaran khusus, atau bahkan memenangkan hadiah melalui kontes yang diadakan selama siaran. Dengan Shopee Live, pengguna dapat merasa lebih dekat dengan produk dan merek, mirip dengan pengalaman berbelanja di toko fisik, tetapi dilakukan secara online.

Tips Belanja di Shopee Live

Berikut adalah beberapa tips untuk berbelanja di Shopee Live:

1. Lakukan Riset Produk

Sebelum acara Shopee Live dimulai, lakukan riset tentang produk atau barang yang ingin Anda beli. Bandingkan harga, kualitas, dan ulasan pengguna untuk memastikan Anda mendapatkan penawaran terbaik.

2. Aktifkan Notifikasi

Aktifkan notifikasi untuk akun Shopee Anda agar Anda dapat menerima pemberitahuan saat acara Shopee Live dimulai. Hal ini memungkinkan Anda untuk tidak melewatkan penawaran eksklusif dan diskon saat acara sedang berlangsung.

3. Pertahankan Koneksi Internet yang Stabil

Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil saat mengikuti Shopee Live. Koneksi yang buruk dapat menyebabkan lag atau pemutusan saat Anda mencoba melakukan pembelian.

  1. Bertanya kepada Penjual

Gunakan fitur komentar atau chat langsung dengan penjual selama acara Shopee Live. Tanyakan pertanyaan tentang produk, ukuran, warna, atau hal lain yang Anda perlukan klarifikasi sebelum memutuskan untuk membeli.

  1. Pahami Kebijakan Pengembalian dan Garansi

Pastikan Anda memahami kebijakan pengembalian dan garansi produk sebelum membeli. Baca syarat dan ketentuan dengan cermat agar Anda tahu apa yang harus dilakukan jika produk yang Anda terima tidak sesuai dengan ekspektasi.

  1. Gunakan Kode Diskon dan Voucher

Manfaatkan kode diskon dan voucher promo yang mungkin tersedia selama acara Shopee Live. Anda dapat menemukan kode-kode ini di berbagai media sosial Shopee atau melalui email jika Anda berlangganan newsletter Shopee.

  1. Periksa Ulasan dan Rating

Sebelum membeli produk, pastikan untuk membaca ulasan dan melihat rating dari pembeli sebelumnya. Hal ini dapat memberikan Anda gambaran tentang kualitas produk dan kepuasan pelanggan sebelumnya.

  1. Cek Ongkos Kirim

Pastikan untuk memeriksa biaya pengiriman sebelum menyelesaikan pembelian. Beberapa penjual mungkin menawarkan harga produk yang murah tetapi mengenakan biaya pengiriman yang tinggi.

  1. Perhatikan Waktu dan Durasi Acara

Shopee Live biasanya memiliki durasi waktu yang terbatas. Pastikan Anda mengetahui kapan acara dimulai dan berakhir sehingga Anda dapat memanfaatkan penawaran dan diskon yang diberikan selama periode tersebut.

  1. Bersabar dan Tetap Waspada

Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Pastikan untuk memeriksa semua detail produk, harga, dan syarat-syarat penjualan sebelum melakukan pembelian. Hindari tekanan untuk membeli dengan cepat dan bersabarlah dalam membuat keputusan pembelian yang bijak.

Cara Belanja atau Beli Produk di Live Streaming Shopee

Berikut panduan membeli barang melalui Shopee Live untuk para pengguna baru.

Baca juga: Tips Membatalkan Shopee Pinjam Ternyata Mudah Lho

Tips Belanja di Shopee Live

  1. Buka Shopee Live

Sebelum mengakses Shopee Live, pengguna perlu memiliki akun Shopee terlebih dahulu. Pendaftaran dilakukan melalui alamat email dan nomor telepon. Jika akun sudah aktif, pengguna bisa mengakses fitur belanja ini di bagian bawah laman utama Shopee.

  1. Temukan sesi streaming 

Pengguna bisa memilih sesi streaming yang ingin ditonton sesuai minat dan kebutuhan. Caranya dengan menggulirkan video ke atas. Jika ingin menemukan produk yang dicari dengan cepat, filter sesi melalui tab yang tersedia.

  1. Pilih Produk

Setelah menemukan produk yang ingin dibeli, klik ikon ‘tas oranye’ di bagian pojok kiri bawah untuk memasukkan produk ke keranjang belanja. Atau bisa juga dengan mengklik gambar produk yang muncul di atas host yang sedang live.

  1. Check out

Periksa kembali barang belanjaan yang akan dibeli dengan mengecek ikon troli di bagian pojok kanan atas. Jika rinciannya sudah benar, centang pada daftar barang yang ingin dipesan. Kemudian, klik menu ‘checkout’ di pojok kanan bawah.

Pengguna akan diarahkan ke laman rincian pembelian. Pastikan alamat pengiriman dan nomor telepon sudah benar. Setelah itu, pilih jenis pengiriman yang akan dipakai, seperti reguler, ekonomi, atau instan. Klaim voucher gratis ongkir Shopee dan masukkan voucher toko (jika ada).

  1. Bayar Pesanan

Selanjutnya, pilih metode pembayaran yang diinginkan yakni Shopeepay, ShopeePay Later, transfer bank, atau e-wallet. Pengguna juga bisa melakukan pembayaran melalui  Indomaret, Alfamart, hingga teller bank.

Baca juga: Tips Investasi Emas di Shopee, Perhatikan Juga Syarat dan Ketentuannya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE