28.9 C
Jakarta
Jumat, 23 Februari, 2024

Tips Jualan di Facebook: Cara Memulai dan Kelebihannya

JAKARTA, duniafintech.com – Tips jualan di Facebook sangat penting diketahui oleh para pengguna media sosial Facebook yang ingin berjualan di platform ini.

Semua orang sudah tahu bahwa Facebook merupakan salah satu media sosial yang populer sejak lama. Meskipun pada awalnya dikenal hanya sebagai platform untuk berinteraksi sosial, kini Facebook telah berkembang menjadi sarana atau lapak yang efektif untuk berjualan secara online.

Dengan semakin canggihnya teknologi, bisnis online melalui Facebook dapat dilakukan dengan mudah hanya menggunakan handphone. Jadi, jika Anda ingin mengetahui tip jualan di Facebook, simak ulasannya berikut ini.

Tips Jualan di Facebook: Cara Memulai Jualan Online di Facebook

Langkah-langkah untuk memulai berjualan di Facebook memiliki prosesnya sendiri, sebagaimana dijelaskan oleh laman Niche Pursuits. Berikut adalah tahapannya:

Baca juga: Rekomendasi Jualan Online Paling Laris Banyak yang Beli Nih

  1. Login Akun

Dengan 2,89 miliar pengguna aktif Facebook, kemungkinan besar Anda termasuk di antaranya. Silakan login ke akun Facebook yang telah Anda buat. Jika belum mendaftar, daftarkan akun terlebih dahulu dan buat profil yang terlihat profesional, karena akun ini akan digunakan untuk berbisnis online.

  1. Buka Marketplace

Langkah berikutnya adalah membuka Marketplace Facebook. Jika Anda menggunakan Facebook melalui versi browser, temukan Marketplace di menu sebelah kiri layar. Sementara itu, pengguna aplikasi Facebook pada perangkat seluler dapat menemukan ikon tiga garis di sudut kanan atas layar.

  1. Buat Daftar (Listing)

Setelah menemukan ikon Marketplace, Anda dapat membuat daftar barang. Mulailah dengan memilih kategori untuk listing Anda. Semakin spesifik, semakin besar peluang calon pembeli menemukan postingan Anda.

  1. Unggah Foto Berkualitas Tinggi

Pembeli cenderung lebih tertarik pada visual. Jika barang yang dijual terlihat menarik, mereka dapat membayangkan bagaimana produk tersebut akan terlihat di rumah mereka. Oleh karena itu, unggah foto berkualitas tinggi untuk menarik perhatian pembeli.

  1. Tulis Deskripsi

Deskripsi adalah tempat yang tepat untuk menyertakan informasi lengkap tentang barang yang dijual, seperti dimensi, ukuran, warna, dan detail merek atau produsen. Pastikan deskripsi produk dibuat dengan jujur untuk menghindari masalah dengan pembeli.

  1. Gunakan Tags

Menggunakan kata kunci dalam judul dan deskripsi produk dapat meningkatkan SEO, membuat postingan Anda lebih mudah ditemukan oleh orang-orang yang mencari istilah terkait. Meskipun tidak mungkin mencakup semua kata kunci di judul saja, gunakan tags untuk menambahkan relevansi.

  1. Publikasikan Daftar

Setelah puas dengan daftar barang, Anda dapat mempublikasikannya ke berbagai grup Facebook yang relevan. Grup jual beli merupakan fitur di Facebook sebelum diluncurkannya Marketplace pada tahun 2016.

  1. Respons Cepat

Jika Anda menggunakan halaman bisnis Facebook, manfaatkan respons otomatis untuk setiap pembeli yang mengirim pesan. Jika berjualan secara konvensional, pastikan untuk merespons dengan cepat.

Tips Jualan di Facebook

Jika Anda ingin membuat jualan Anda menonjol di Facebook Marketplace, penting untuk melibatkan diri lebih dari sekadar mengikuti aturan dasar. Berikut beberapa tips dan trik yang dapat diterapkan untuk sukses berjualan online di Facebook:

1. Lakukan Penelitian Terlebih Dahulu

Sebelum memulai, luangkan waktu untuk melakukan riset di Facebook Marketplace terkait jenis barang yang sedang populer. Dengan demikian, Anda dapat menetapkan harga produk secara cerdas dan menemukan cara-cara untuk membedakan diri dari pesaing.

2. Pastikan Foto Produk Akurat

Foto produk yang berkualitas tinggi tidak hanya meningkatkan kecepatan penjualan, tetapi juga mengurangi jumlah pertanyaan yang diterima tentang produk. Perhatikan pencahayaan dan latar belakang (sebaiknya latar belakang putih solid) untuk memastikan warna dan detail produk terekam dengan baik.

  1. Gunakan Kata Kunci yang Tepat

Ketika menulis judul dan deskripsi, sebaiknya spesifik dengan menyertakan informasi tentang model, warna, kapasitas penyimpanan, kondisi, gaya, jenis bahan, dan merek. Hindari kata-kata umum dan ambigu untuk memastikan informasi yang jelas dan menarik.

Baca juga: Cara Jualan di Marketplace, Tips Penjualan Melalui Iklan Berbayar

Tips Jualan di Facebook

  1. Pilih Kategori yang Sesuai

Mengelompokkan produk dalam kategori yang tepat sangat penting. Daftarkan produk Anda dengan benar karena penempatan yang salah tidak hanya menghambat pembeli potensial tetapi juga membuat usaha Anda sia-sia. Dengan memilih kategori yang sesuai, produk Anda akan lebih mudah ditemukan oleh audiens target yang tepat.

Keuntungan Jual Beli Online di Facebook

Berikut beberapa keuntungan berjualan online di Facebook Marketplace:

  1. Eksposur Besar

Salah satu keuntungan utama Facebook Marketplace adalah eksposurnya yang besar. Statista mencatat bahwa pada kuartal pertama 2020, Facebook memiliki lebih dari 2,6 miliar pengguna aktif per bulan. Dengan jumlah pengguna sebanyak itu, Anda dapat mencapai khalayak yang luas, terutama karena pengguna secara aktif menggunakan platform ini, bahkan beberapa kali sehari.

  1. Hemat Biaya

Berjualan di Facebook Marketplace tidak hanya memberikan akses kepada miliaran pengguna, tetapi juga dapat dilakukan secara gratis. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk iklan atau promosi, menjadikan Facebook Marketplace sebagai saluran yang sangat baik untuk bisnis online, terutama yang berskala kecil.

  1. Pengalaman Dipersonalisasi

Eksposur yang besar menjadi lebih efektif ketika Anda dapat menjangkau audiens target yang tepat. Facebook Marketplace menyediakan pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi, membantu memastikan bahwa produk Anda terlihat oleh audiens target ideal Anda.

  1. Komunikasi Instan

Melalui Facebook Messenger, penjual dan pembeli dapat berkomunikasi secara langsung. Fitur ini memberikan kenyamanan bagi penjual dan pembeli yang ingin berinteraksi secara cepat. Namun, penting untuk membalas dengan cepat agar konsumen tidak menunggu terlalu lama.

Baca juga: Cara Membuat Promosi Jualan Online yang Mudah dan Akurat

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE