29.3 C
Jakarta
Jumat, 23 Februari, 2024

Tips Menabung untuk Beli Rumah Bagi Keluarga Muda

JAKARTA, duniafintech.comTips menabung untuk beli rumah bagi Anda yang baru membangun rumah tangga tentunya sangat dibutuhkan. Apalagi saat ini untuk membeli rumah tergolong sulit dikarenakan tidak sesuai dengan pendapatan. 

Apalagi, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan generasi milenial makin sulit punya rumah karena kenaikan harga rumah yang tidak sebanding dengan pendapatan.

“Generasi muda ini kemudian akan berumah tangga, kemudian mereka membutuhkan rumah. Tapi mereka cannot afford untuk mendapatkan rumah. Mereka butuh, tapi cannot afford karena purchasing power mereka dibandingkan harga rumahnya, lebih tinggi,” ujarnya.

Baca juga: Cara Gadaikan Sertifikat Rumah di Pegadaian, Syarat, dan Keuntungannya

tips menabung untuk beli rumah

Baca juga: Cara Menabung 100 Juta 3 Tahun Untuk DP Rumah, Realistis!

Lalu bagaimana cara menabung untuk beli rumah idaman, simak beberapa tips berikut ini:

Tips Menabung untuk Beli Rumah

  1. Rencanakan Keuangan dengan Cermat

Langkah terpenting dalam tips menabung untuk beli rumah dengan gaji Rp1 juta adalah perencanaan keuangan.

Untuk bisa membeli rumah, Anda harus membuat rencana keuangan dengan memperhitungkan waktu realisasi dan jumlah inflasi.

Pasalnya, harga rumah akan terus mengalami kenaikan setiap tahun dan mata uang bisa saja mengalami fluktuasi karena inflasi.

  1. Lunasi Hutang 

Jika memungkinkan, tips agar tercapai beli rumah berikutnya adalah hilangkan beban utang sebelum mulai menabung. Sebab, utang akan terus menggerogoti kantong, padahal kamu perlu ruang untuk menyimpan dana.

Hindari pengeluaran yang tidak penting, terutama jika sampai harus berhutang dalam melunasinya. Hal ini termasuk kebiasaan memakai pinjaman online legal, lho! Pasalnya, terjerat pinjol bisa membahayakan kondisi keuangan. Belum lagi kalau seandainya gagal bayar, nantinya kamu sebagai peminjam berisiko ditolak saat mengajukan kredit apa pun karena tidak lolos BI Checking.

  1. Tiap Bulan Menabung

Investasi adalah penanaman modal dengan tujuan untuk meningkatkan nilai kekayaan. Jika ingin berinvestasi, ada banyak instrumen investasi yang dapat dipilih.

  1. Hemat dan Hindari Pengeluaran Berlebih

Menjalani pola hidup hemat adalah hal yang terbilang cukup sulit untuk dilakukan, terutama apabila selama ini terbiasa membelanjakan uang tanpa perhitungan yang jelas.

Jangan menyepelekan hal ini sebab hidup hemat dapat membuatmu bebas dari sejumlah masalah keuangan pada masa yang akan datang

  1. Skema Pembayaran Rumah

Skema pembayaran rumah yang paling sering dibahas adalah KPR atau kredit pemilikan rumah.

KPR memberikan kesempatan untuk memiliki tempat tinggal sendiri dengan membayar uang muka saja. Sisa harga rumah nantinya akan dilunasi melalui cicilan bank sesuai kesepakatan tenor, biasanya selama 5-30 tahun.

  1. Ambil KPR Sesuai Budget

Langkah selanjutnya dalam cara menabung untuk beli rumah dengan gaji UMR adalah dengan mengikuti program KPR yang tepat.

Saat ini, pemerintah telah membuka kesempatan bagi masyarakat berpenghasilan di bawah 8 juta untuk mengikuti program KPR subsidi.

Tentunya, hal ini sangat membantu Anda dalam mewujudkan rumah impian.

  1. Konsisten

Lanjutkan melangkah dalam menabung untuk beli rumah dengan gaji UMR, karena hal tersebut tidak akan efektif jika Anda berhenti di tengah jalan.

Mungkin, jumlah tabungan yang dibutuhkan memang cukup besar. Akan tetapi, hal ini juga selaras dengan total nilai DP rumah yang harus dikumpulkan.

Jadi, jika ingin sukses dalam menjalankan tips menabung untuk beli rumah dengan gaji UMR, Anda harus melakukan langkah-langkah di atas secara konsisten. Selamat mencoba.

Baca jugaTips Beli Rumah KPR, Siapkan Finansial, Kondisi dan Suku Bunga

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE