23.7 C
Jakarta
Sabtu, 13 Juli, 2024

Perkembangan AdMedika di Indonesia: Jenis Layanan hingga Rumah Sakit Rekanan

JAKARTA, duniafintech.com – AdMedika adalah layanan administrasi untuk klaim asuransi di berbagai jaringan rumah sakit. Mulai beroperasi sejak tahun 2002, perusahaan ini diketahui membantu nasabah asuransi untuk mengajukan klaim asuransi kesehatan di rumah sakit. Namun, AdMedika sendiri bukanlah perusahaan asuransi.

Di sisi lain, perusahaan ini berhasil mendistribusikan berbagai produk asuransi, utamanya asuransi kesehatan. Menurut data terbaru di laman web resmi perusahaan, AdMedika berhasil mengelola 4,3 juta pelanggan. Total, ada 200 klien dari perusahaan asuransi yang sudah mereka tangani.

Untuk mengetahui layanan, jaringan rumah sakit, hingga perkembangan AdMedika di Indonesia, simak uraiannya di bawah ini.

Perkembangan AdMedika di Indonesia

Sebagaimana dipaparkan tadi, AdMedika sudah hadir sejak 2002 dan mereka bergabung dengan perusahaan raksasa Telkom Group sejak 2010. Kemudian, Admedika kian bergaung, yakni dari yang awalnya “hanya” 1.000 pelanggan, kini mereka berhasil memegang jutaan pelanggan.

Adapun klien mereka dahulunnya hanya satu, tetapi saat ini sudah ratusan. Provider rumah sakit rekanan AdMedika bahkan sudah mencapai angka 4.200. Untuk diketahui, AdMedika berfokus untuk menjadi penyedia solusi kesehatan di tanah air. Maka dari itu, layanannya memang berfokus pada distribusi asuransi kesehatan. Perusahaan ini menyebut diri mereka sebagai Third Party Administrator (TPA).

Sejumlah klien AdMedika mencakup perusahaan asuransi besar maupun perbankan,  yang beberapa di antaranya adalah asuransi jiwa, yakni Sinar Mas, BNI Life, Allianz, AXA Financial Indonesia, Generali, dan Aviva.

Di samping itu, perusahaan ini juga telah meraih berbagai penghargaan, salah satunya penghargaan Indonesia Contact Center Association (ICCA) 2015 sebagai The Best Contact Center Supervisor. Lalu, penghargaan di ajang The International Business Awards 2017, Marketing Award 2017, dan masih banyak lagi.

Layanan Admedika Adalah

Berikut ini adalah daftar asuransi AdMedika yang ditawarkan:

  1. AdClaim Pro

AdClaim Pro atau AdMedika Claim adalah layanan klaim ganti rugi asuransi sesuai dengan polis asuransi yang telah disepakati. Layanan ini memberikan layanan yang meliputi klaim manfaat asuransi untuk rawat jalan dan rawat inap, baik untuk metode pembayaran secara cashless maupun secara reimbursement. Manfaat layanan ini, yaitu:

  • Manfaat klaim asuransi rawat jalan dengan metode reimbursement, artinya nasabah bisa mendapatkan penggantian biaya rawat jalan yang dibayarkan terlebih dahulu oleh nasabah.
  • Manfaat klaim asuransi rawat jalan dengan metode cashless, artinya nasabah bisa mendapatkan layanan rawat jalan tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun karena sudah menggunakan metode cashless dari pihak asuransi.
  • Manfaat klaim asuransi rawat inap dengan metode reimbursement, artinya nasabah bisa mendapatkan penggantian biaya rawat inap yang dibayarkan terlebih dahulu oleh nasabah.
  • Manfaat klaim asuransi rawat inap dengan metode cashless, artinya nasabah bisa mendapatkan layanan rawat inap tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun di awal karena sudah menggunakan metode cashless dari pihak asuransi (kecuali jika ada selisih antara fasilitas yang digunakan dengan manfaat asuransi yang dimiliki).
  1. AdClaim Plus

AdClaim Plus punya manfaat yang hampir sama dengan AdClaim Pro, tetapi pada asuransi AdMedika AdClaim Plus ini ada layanan tambahan bagi klien AdMedika, yakni berupa kemudahan bagi peserta atau bukan untuk bisa memperopleh perawatan di lebih dari 2.500 jaringan provider. Layanan tambahan yang ditawarkan oleh Asuransi AdMedika AdClaim Plus, yakni:

  • Peserta akan mendapatkan kemudahan untuk mendapatkan perawatan kesehatan di seluruh rumah sakit maupun klinik rekanan AdMedika yang tersebar di seluruh Indonesia.
  • Peserta akan mendapatkan kemudahan dalam proses pengurusan administrasi rumah sakit sehingga peserta dapat lebih cepat dalam mengurus administrasinya.
  1. AdClaim Manage Care

Layanan AdClaim Manage Care adalah layanan AdMedika claim yang memberikan manfaat berupa perawatan kesehatan berjenjang, yakni mulai dari perawatan kesehatan di klinik atau Puskesmas sampai manfaat perawatan kesehatan di rumah sakit. Terkait layanan ini, nasabah tidak perlu repot mengurus administrasi kesehatan yang sifatnya berjenjang, yang biasanya cukup memakan waktu. Beberapa layanan dari AdClaim Manage Care untuk nasabahnya adalah sebagai berikut:

  • Manfaat perawatan kesehatan berupa rawat jalan tingkat pertama di klinik atau di Puskesmas
  • Manfaat rawat jalan untuk tingkat lanjut atau tingkat spesialis
  • Manfaat perawatan kesehatan berupa rawat inap
  • Manfaat perawatan kesehatan berupa manfaat perawatan melahirkan (asuransi AdMedika melahirkan)
  1. AdClaim CoB

Adapun Adclaim CoB (Coordination of Benefits) adalah layanan dari AdMedika untuk mempermudah klien nasabah dalam pembayaran asuransi. Adclaim CoB memberikan layanan pembayaran asuransi yang sudah berkoordinasi dengan BPJS kesehatan. Manfaatnya, antara lain:

  • Manfaat koordinasi jaminan kesehatan. Dalam hal ini peserta bisa mendapatkan jaminan kesehatan yang dibayar penuh.
  • Manfaat untuk menghindarkan peserta dari kelebihan pembayaran dari satu penjamin.
  1. Assistant Service (I-Assist)

Layanan berikutnya dari AdMedika adalah Assistant Service (I-Assist). Ini merupakan layanan bantuan terpadu bagi peserta untuk melakukan evakuasi medis yang akan memberikan pelayanan 24 jam setiap hari di seluruh rekanan AdMedika, baik untuk rekanan yang berada di dalam negeri maupun rekanan yang berada di luar negeri. Manfaat layanan yang diberikannya, yaitu:

  • Manfaat layanan evakuasi medis 24 jam
  • Manfaat layanan pemantauan kesehatan secara intensif
  • Manfaat layanan rujukan dan konsultasi medis di seluruh dunia yang tersedia 24 jam setiap harinya.
  • Manfaat pelayanan dokter umum dan dokter spesialis
  1. AdDoc

Kemudian, ada AdDoc atau digital claim, yang merupakan layanan proses klaim digital lewat web service dari provider layanan kesehatan ke payor atau pihak insurance. AdDoc sendiri hadir untuk memberikan layanan klaim manfaat asuransi yang lebih efisien dan cepat sebab proses klaimnya dilakukan langsung lewat web service dari Asuransi AdMedika. Manfaat dari AdDoc, antara lain:

  • Mempercepat proses klaim
  • Percepatan waktu pembayaran manfaat asuransi dari payer ke provider
  • Menghemat biaya pengiriman dokumen klaim manfaat asuransi
  • Efisiensi proses administrasi klaim asuransi
  1. AdBrief

Layanan ini merupakan layanan dari hasil analisis atau pengolahan data dan informasi mengenai perawatan, manajemen, dan analisis risiko. Hasil analisis ini nantinya bisa memberikan manfaat optimal bagi kedua pihak, yakni peserta asuransi dan perusahaan asuransi.

Adapun hasil analisis dari AdBrief diharapkan bisa membantu dalam proses pengambilan keputusan strategis, merumuskan rencana promotif, preventif, rehabilitatif, dan kuratif, dengan tujuannya untuk meningkatkan kualitas pelayanan AdMedika. Beberapa layanan serta manfaat layanan AdBrief, yaitu:

  • Disease Management merupakan layanan pengklasifikasian tren kesehatan berdasarkan penyakit dengan biaya perawatan tinggi atau penyakit yang bersifat degeneratif.
  • Medical Case Management merupakan program layanan untuk kasus-kasu medis khusus.
  • Provider Management merupakan program layanan yang memberikan akses informasi luas tentang pelayanan kesehatan berkualitas dan efisiensi biaya perawatan medis
  • Medication Management merupakan program yang dikelola oleh apoteker handal untuk memberikan layanan bantuan dalam memastikan efektivitas, kesesuaian, dan keamanan penggunaan obat terutama bagi pasien yang menderita penyakit dengan resiko tinggi atau bersifat degeneratif.
  1. Mobile Health

Ini adalah layanan mobile yang memberikan berbagai kemudahan dan berbagai informasi seputar klaim, rekanan, dan informasi lainnya lewat aplikasi mobile AdMedika. Anda bisa mengunduh aplikasi mobile Asuransi AdMedika di Google Play untuk android dan App Store untuk iPhone. Adapun nama aplikasi mobile AdMedika ini, yaitu My Persona. Manfaat layanannya, di antaranya:

  • Mudah untuk mendapatkan informasi kesehatan
  • Bisa mengakses informasi catatan klaim yang sudah pernah dilakukan (histori klaim) oleh peserta.
  • Terdapat informasi rekanan rumah sakit atau klinik terdekat.
  • Terdapat kartu kesehatan digital yang memudahkan nasabah dalam memproses segala sesuatu.
  1. T-Health Digital Service

T-Health Digital Service atau Telkom Health Digital dari AdMedika adalah program Mobile Obstetrical Monitoring (MOM), yang digunakan untuk memantau kondisi kesehatan ibu hamil dan janin berbasis digital. Terdapat sejumlah fitur yang terdapat pada layanan ini agar bisa memberikan pelayanan monitoring terbaik bagi ibu hamil. Adapun layanan ini memberikan berbagai manfaat bagi ibu hamil, di antaranya:

  • Dapat mendeteksi dan memantau kehamilan sejak dini
  • Nasabah mendapatkan akses perawatan pre & post melahirkan yang luas
  • Peningkatan manajemen pasien yang lebih optimal
  1. Hisys

Health Information System adalah aplikasi yang berisi sistem informasi manajemen pelayanan pasien dan manajemen pelaporan. Sistem aplikasi yang satu ini memungkinkan pertukaran informasi secara online antar-bagian di rumah sakit ataupun klinik dengan keamanan tingkat tinggi. Manfaatnya, yakni:

  • Akses 24 jam untuk melihat informasi kesehatan pasien oleh dokter atau pihak-pihak yang berwenang guna melihat informasi histori kesehatan pasien tersebut.
  • Menggunakan teknologi Cloud Computing yang mampu meminimalkan biaya hardware.
  • Teknologi mudah dikembangkan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing user.
  1. TelkoMedika Service

Merupakan layanan asuransi Medika dalam bentuk kegiatan atau promosi-promosi dari perusahaan di bidang kesehatan, seperti kegiatan vaksin, optik, atau medical check up (MCU). Manfaat layanan ini adalah promosi yang menarik dann diskon yang bisa Anda manfaatkan, misalnya diskon sebesar Rp250.000 untuk kacamata dan potongan lainnya.

  1. Valuecard

Ini adalah kartu kepesertaan yang bisa Anda gunakan untuk memperoleh berbagai diskon atau promo menarik dari perusahaan rekanan atau merchant-merchant mitra AdMedika. Manfaat Valuecard dari AdMedika adalah:

Bagi peserta

  • Peserta mendapatkan program promo yang diselenggarakan oleh merchant-merchant rekanan
  • Peserta mendapatkan kesempatan untuk membeli atau mendapatkan produk/jasa dengan harga promo
  • Peserta selalu mendapatkan informasi terupdate mengenai promo-promo dari berbagai merchant rekanan
  • Peserta selalu mendapatkan informasi terupdate untuk kegiatan preventif kesehatannya
  • Peserta mendapatkan nilai tambah atau nilai prestige sebagai pemegang kartu Asuransi AdMedika.

Bagi payer

  • Payer dapat memberikan nilai plus bagi peserta
  • Payer dapat memberikan nilai plus untuk meningkatkan daya saing produk asuransi
  • Payer memiliki potensi untuk menurunkan klaim rate karena merchant terpilih akan lebih berfokus pada kegiatan promosi dan preventif.
  1. CM SMS Notification

Claim Management SMS Notification merupakan layanan  informasi terupdate agar peserta asuransi bisa mengetahui informasi status administrasi proses klaim kesehatan yang sedang diproses. Informasi itu bakal dikirimkan langsung ke ponsel peserta via SMS.

Adapun layanan ini dibuat untuk mengurangi keluhan peserta terhadap asuransi, provider, dan AdMedika. Di samping itu, layanan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan AdMedika. Manfaatnya, antara lain:

  • Memberikan notifikasi konfirmasi pendaftaran
  • Memberikan notifikasi konfirmasi penjaminan
  • Memberikan notifikasi atau pemberitahuan jika klaim ditolak.
  • Memberikan notifikasi biaya perawatan
  • Memberikan informasi estimasi biaya perawatan, baik perawatan rawat jalan, rawat inap, maupun tindakan medis lainnya.
  1. Personal Care Officer

Asuransi AdMedika individu adalah layanan untuk mempermudah dan mempercepat proses klaim dan persetujuan tindakan medis di rumah sakit. Manfaatnya, yaitu:

  • Membantu proses penjaminan saat melakukan perawatan di rumah sakit, baik penjaminan untuk rawat jalan maupun untuk rawat inap
  • Memberikan pelayanan langsung kepada peserta
  • Membantu proses persetujuan tindakan medis
  1. AdPay Personal

Ini adalah layanan pembayaran asuransi AdMedika. Diketahui, AdMedika mengusung tema one stop payment online yang bisa melayani berbagai jenis transaksi pembayaran dalam 24 jam sehari dan 7 hari seminggu dari mana pun. Seperti pembayaran digital lainnya, AdPay Personal ini pun memberikan layanan sejumlah transaksi, misalnya pembayaran asuransi, pembayaran BPJS, pembayaran berbagai utilities, dan sebagainya.

Cara Klaim

Adapun untuk cara klaim asuransi AdMedika adalah melalui aplikasi AdMedika EDC. Dengan aplikasi ini, peserta akan dimudahkan untuk klaim asuransi kesehatan dengan metode cashless.

Dalam hal ini, peserta hanya perlu membawa kartu asuransinya ke rumah sakit atau ke pelayanan kesehatan yang merupakan rekanan dari AdMedika sebagai bukti kepesertaan.

Nantinya, setelah menunjukkan kartu keanggotaan, peserta bisa langsung memperoleh tindakan pengobatan.

Daftar Rumah Sakit Rekanan AdMedika (Hospital)

Adapun jaringan AdMedika provider alias rumah sakit atau klinik yang bekerja sama dengan Admedika diketahui sangat banyak, yakni mencapai 4.200 provider dan tersebar di wilayah Indonesia dan internasional.

Di luar negeri, jaringannnya mencakup wilayah Malaysia, Singapura, Thailand, Kamboja, dan China. Rumah sakit ini terdiri dari rumah sakit swasta, pemerintah, dan klinik-klinik kecil sehingga Anda akan dapat memilih rumah sakit yang sesuai untuk Anda, baik menurut jarak ataupun favorit Anda.

Untuk mengecek apakah perusahaan asuransi tempat Anda terdaftar sudah kerja sama dengan AdMedika atau tidak, bisa Anda lakukan lewat aplikasi atau web Admedika. Daftar AdMedika hospital adalah sebagai berikut:

  1. Klinik Teratai Kebon Jeruk
  • Provinsi: DKI Jakarta
  • Alamat: Jalan Kebon Jeruk Raya No.68, Kebon Jeruk, Jakarta
  • No. Telepon: (021) 22534039
  1. Mayapada Hospital
  • Provinsi: DKI Jakarta
  • Alamat: Jalan Lebak Bulus I Kav.29, Jakarta Selatan
  • No. Telepon: (021) 29536660
  1. Optik Seis Plaza Senayan
  • Provinsi: DKI Jakarta
  • Alamat: Jalan Asia Afrika No.8 Lantai 2, Jakarta Pusat
  • No. Telepon: (021) 5725154
  1. OMDC Dental Clinic
  • Provinsi: DKI Jakarta
  • Alamat: Jalan Warung BUncit Raya No.6A, Jakarta Selatan
  • No. Telepon: (021) 79196767
  1. RSIA Selaras Cikupa
  • Provinsi: Banten
  • Alamat: Jalan Raya Serang, Desa Bojong, Tangerang, Banten
  • No. Telepon: (021) 5969145
  1. RS Puri Cinere
  • Provinsi: Jawa Barat
  • Alamat: Jalan Maribaya Blok F2, Depok
  • No. Telepon: (021) 7545488
  1. RS Bunda Margonda
  • Provinsi: Jawa Barat
  • Alamat: Jalan Margonda Raya No.28, Pondok Cina, Depok
  • No. Telepon: (021) 78890551
  1. Siloam Hospital Bogor
  • Provinsi: Jawa Barat
  • Alamat: Jalan Pajajaran No.27, Bogor Tengah
  • No. Telepon: (0251) 8303900
  1. RS Islam Bogor
  • Provinsi: Jawa Barat
  • Alamat: Jalan Perdana Raya No.22, Budi Agung, Bogor
  • No. Telepon: (0251) 8316822
  1. RS Tarumajaya
  • Provinsi: Jawa Barat
  • Alamat: Jalan Raya Tarumajaya No.1B, Kampung Bali, Bekasi
  • No. Telepon: (021) 88992337
  1. RS Bhakti Asih Brebes
  • Provinsi: Jawa Tengah
  • Alamat: Jalan Pangeran Diponegoro No.125 Pesantunan
  • No. Telepon: (0283) 673481
  1. RS Muhammadiyah Siti Aminah
  • Provinsi: Jawa Tengah
  • Alamat: Jalan Diponegoro, Bumiayu
  • No. Telepon: (0289) 432209/430683
  1. RS Mardi Rahayu
  • Provinsi: Jawa Tengah
  • Alamat: Jalan AKBP R Agil Kusumadya No.110, Kudus
  • No. Telepon: (0291) 434707
  1. RS Harapan Magelang
  • Provinsi: Jawa Tengah
  • Alamat: Jalan P Senopati No.11, Magelang
  • No. Telepon: (0293) 364033/35
  1. RS PKU Aisyiyah
  • Provinsi: Jawa Tengah
  • Alamat: Jalan Pasar Sapi Baru Singkil
  • No. Telepon: (0276) 322898/3293400
  1. RS Islam Fatimah
  • Provinsi: Jawa Timur
  • Alamat: Jalan Jember No.25 Banyuwangi
  • No. Telepon: (0333) 421451
  1. RS Lukas
  • Provinsi: Jawa Timur
  • Alamat: Jalan KH Moh Kholil 36A, Bangkalan
  • No. Telepon: (031) 3095148
  1. RS Islam Masyithoh
  • Provinsi: Jawa Timur
  • Alamat: Jalan A. Yani No.6 Bangil
  • No. Telepon: (0343) 741018
  1. RS Surya Medika
  • Provinsi: Jawa Timur
  • Alamat: Jalan Laban Kulon No.58 Menganti, Gresik
  • No. Telepon: (031) 7914025
  1. RS Citra Husada
  • Provinsi: Jawa Timur
  • Alamat: Jalan Teratai No.22 Jember
  • No. Telepon: (0331) 486200
  1. RS Bhakti Rahayu
  • Provinsi: Jawa Timur
  • Alamat: Jalan Ketintang Madya I/16 Surabaya
  • No. Telepon: (031) 8295922
  1. RSU Queen Latifa
  • Provinsi: Yogyakarta
  • Alamat: Jalan Ring Road Barat No.118 Mlangi Nogotirto Gamping, Sleman
  • No. Telepon: (0274) 581402
  1. RS PKU Muhammadiyah Gamping
  • Provinsi: Yogyakarta
  • Alamat: RS PKU Muhammadiyah Gamping: Jalan Wates KM 5,5 Gamping, Sleman
  • No. Telepon: (0274) 6499704
  1. RS An Nur
  • Provinsi: Yogyakarta
  • Alamat: Jalan N Colombo No.14 Yogyakarta
  • No. Telepon: (0274) 585848
  1. RS Bali Jimbaran
  • Provinsi: Bali
  • Alamat: Jalan Kampus Unud Link. Perarudan, Jimbaran
  • No. Telepon: (0361) 4725123
  1. Semen Padang Hospital
  • Provinsi: Sumatera Barat
  • Alamat: Jalan By Pass KM 7, Pauh, Padang
  • No. Telepon: (0751) 777888
  1. RS Siloam Bangka Belitung
  • Provinsi: Bangka Belitung
  • Alamat: Jalan Soekarno Hatta KM.5, Bangka Tengah
  • No. Telepon: (0717) 9190900
  1. RS Rafflesia Bengkulu
  • Provinsi: Bengkulu
  • Alamat: Jalan Mahoni No.10 Padang Jati
  • No. Telepon: (0736) 21710
  1. RS Mitra Jambi
  • Provinsi: Jambi
  • Alamat: Jalan Jendral Basuki Rahmat No.77 Paal Lima Kota Baru, Jambi
  • No. Telepon: (0741) 3041377
  1. RS Cut Meutia
  • Provinsi: Aceh
  • Alamat: Jalan Garuda No.1, Kebon Baru, Aceh
  • No. Telepon: (0641) 425314/4811339
  1. RS Sari Mutiara
  • Provinsi: Sumatera Utara
  • Alamat: Jalan Kapten Muslim No.79 Medan
  • No. Telepon: (061) 8451812
  1. RS Universitas Hasanuddin
  • Provinsi: Sulawesi Selatan
  • Alamat: Jalan Perintis Kemerdekaan KM.11 Makassar
  • No. Telepon: (0411) 90245/591331
  1. RSU Woodward (Bala Keselamatan)
  • Provinsi: Sulawesi Tengah
  • Alamat: Jalan LH Woodward No.1 Palu
  • No. Telepon: (0451) 421769
  1. RS Meloy Sangatta
  • Provinsi: Kalimantan Timur
  • Alamat: Jalan Yos Sudarso II No.101 Sangatta
  • No. Telepon: (0549) 2026258
  1. RSUD Tarakan (Kalimantan Utara)
  • Provinsi: Kalimantan Utara
  • Alamat: Jalan Pulau Irian No.1 Kampung Skip
  • No. Telepon: (0551) 21720/21166
  1. RS Pertamina Tarakan
  • Provinsi: Kalimantan Utara
  • Alamat: Jalan Mulawarman No.14, Tarakan
  • No. Telepon: (0551) 31403/31665
  1. RS Dirgahayu
  • Provinsi: Kalimantan Timur
  • Alamat: Jalan Gunung Merbabu No.62 Samarinda
  • No. Telepon: (0541) 742161/748309
  1. RS Islam Banjarmasin
  • Provinsi: Kalimantan Selatan
  • Alamat: Jalan Letjen S Parman No.88 Banjarmasin
  • No. Telepon: (0511) 3350332
  1. RS Sentra Medika Sanggau
  • Provinsi: Kalimantan Barat
  • Alamat: Jalan Cempaka, Ilir Kota, Kapuas
  • No. Telepon: (0564) 24240
  1. RS Grha Ultima Medika (Group Siloam)
  • Provinsi: Nusa Tenggara Barat
  • Alamat: Jalan Majapahit No.10 Mataram, NTB
  • No. Telepon: (0370) 623999; 628111
  1. RS Siloam Kupang
  • Provinsi: Nusa Tenggara Timur
  • Alamat: Jalan RW Monginsidi, Fatululi
  • No. Telepon: (0380) 8530900
  1. RS Kasih Herlina Timika

Provinsi: Papua

Alamat: Jalan A Yani No.37 Timika, Papua

No. Telepon: (0901) 321433/321443

Alamat dan Call Center AdMedika

Ada bisa mendatangi kantor pusat dan call centernya berikut ini jika ingin melakukan klaim, yakni:

  • Alamat: PT Administrasi Medika, Telkom Gambir, C Building, Jl. Medan Merdeka Selatan No. 12, Jakarta Pusat, 10110 – Indonesia
  • Telepon: +62 021 34831100
  • Website: https://www.admedika.co.id

Daftar Asuransi

Sebagaimana diuraikan di atas, AdMedika adalah pihak ketiga yang mendistribusikan berbagai produk asuransi. Daftar asuransi yang sudah bekerja sama dengan perusahaan ini adalah:

  • Adira
  • Allianz
  • Astra Life
  • ACA
  • AIA
  • AXA Mandiri
  • Avrist
  • BNI Life
  • Angkasa Pura
  • Asuransi MAG
  • Asuransi Sinar Mas
  • BCA Life
  • BRI Life
  • Cigna
  • Chub Life
  • Manulife
  • Lippo Insurance
  • Pridential
  • Tokopedia
  • Tokio Marine Life
  • Zurich
  • Sunlife
  • Generali Indonesia
  • CAR Life
  • Asuransi ABDA
  • Asuransi Garda Oto

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU