26.2 C
Jakarta
Jumat, 19 Agustus, 2022

Startup ATM Bitcoin Booming, Venezuela Tertolong

duniafintech.com – Perusahaan di balik jaringan ATM bitcoin dunia mengatakan pasar mereka masih hidup dan sehat. Matias Goldenhörn, direktur operasi Amerika Latin di operator ATM Athena Bitcoin, mengatakan kepada CoinDesk bahwa ATM itu “menjadi alternatif nyata bagi bank” dan beragam pengguna di pasar yang sedang berkembang.

“Mesin-mesin telah terbukti tahan terhadap fluktuasi harga,” katanya.

Coin ATM Radar memperkirakan sekarang ada 4.213 mesin ATM cryptocurrency yang digunakan di seluruh dunia, yang sebagian besar secara ketat menawarkan bitcoin, yang semula hanya sekitar 471 mesin di seluruh dunia pada Januari 2015. Sekarang beberapa mesin ini juga termasuk untuk melayani beragam aset digital, mereka menawarkan saluran untuk berpartisipasi dalam pasar cryptocurrency yang lebih luas tanpa hanya mengandalkan pertukaran berbasis web.

Jorge Farias, seorang ekspat Venezuela dan CEO dari startup Cryptobuyer yang berbasis di Panama, mengatakan kepada CoinDesk bahwa permintaan ATM bitcoin untuk mendukung cryptocurrency seperti dash and flash sebagian besar didorong oleh inisiatif pendidikan yang disponsori di Amerika Latin – beberapa di antaranya secara harfiah memberikan sejumlah kecil dari crypto kepada calon pengguna di pasar negara berkembang seperti Venezuela, yang saat ini sedang bergolak dengan melumpuhkan ketidakamanan keuangan dan politik.

Itulah sebabnya Farias bersiap untuk membuka ATM bitcoin pertama Venezuela di Caracas pada awal Februari, yang akan mencakup dukungan untuk cryptocurrency lainnya juga. Mesin sudah beroperasi. Tetapi Farias mengatakan untuk alasan keamanan, penting bagi keresahan saat ini dan melonjaknya permintaan bitcoin untuk sedikit menurun sebelum peluncuran publik.

Moe Adham, salah satu pendiri pengecer ATM crypto BitAccess, mengatakan kepada CoinDesk bahwa mesin multi-aset seperti itu menyediakan likuiditas hampir instan untuk cryptocurrency yang sebaliknya sulit bagi banyak pengguna untuk mengkonversi.

“Jika Anda mendapatkan beberapa cryptocurrency lain melalui salah satu jaringan desentralisasi ini, Anda dapat menguangkannya,” kata Adham kepada CoinDesk, menambahkan:

“Industri ATM bitcoin agaknya sendiri sekarang. … Kami dapat menyediakan akses ke cryptos berbeda dengan bitcoin sebagai lapisan penyelesaian. “

Kombinasi permintaan pasar dan kemampuan teknis baru ini telah memungkinkan mesin ATM menjadi anomali di industri yang lebih luas: sektor di mana penggunaan dan keuntungan benar-benar tumbuh.

Permintaan yang didorong oleh inflasi

Meskipun mayoritas ATM bitcoin saat ini berada di Amerika Utara, permintaan dari pasar Amerika Latin tumbuh dengan sangat cepat, kata operator.

Menurut Goldenhörn, Athena Bitcoin memperoleh laba bersih $ 3 juta pada tahun 2018, setelah memasang 25 mesin baru di Amerika Latin, sebagian karena diaspora Venezuela di Kolombia dan Argentina yang menyebarkan kesadaran tentang bagaimana orang yang tidak memiliki rekening bank masih dapat menggunakan mesin ATM bitcoin.

“Di AS, klien kami sebagian besar menggunakan mesin kami untuk membeli bitcoin,” kata Goldenhörn. “Di Kolombia misalnya, sebaliknya, orang menggunakan ATM untuk menarik uang tunai.”

Beberapa dari mesin ini berlokasi di dalam Amerika Latin Walmart Superstores. Jika Athena Bitcoin mampu mengumpulkan putaran Seri A senilai $ 7 juta – untuk mana startup yang berbasis di Chicago saat ini menggalang dana – maka Goldenhörn mengatakan rencananya adalah untuk menyebarkan hingga 150 ATM bitcoin baru di seluruh Amerika Latin pada tahun 2019. Dan perusahaannya tidak t satu-satunya startup yang mengenali peluang di wilayah tersebut.

Ketika tingkat inflasi di Argentina naik di atas 46 persen pada tahun 2018 – belum lagi krisis ekonomi Venezuela yang mengejutkan – Farias menaikkan jumlah yang tidak diungkapkan dari perusahaan modal ventura Afrika Selatan, Invictus Capital, untuk meluncurkan sektor baru bisnisnya dengan enam ATM bitcoin di Panama.

Farias bertujuan untuk membangun jaringan transnasional dengan bekerja sama dengan Lamassu dan General Bytes sebagai mitra manufaktur dan raksasa e-commerce MercadoLibre untuk lokasi-lokasi utama, karena MercadoLibre memiliki cabang di seluruh Amerika Latin yang memungkinkan orang untuk menyetor uang tunai untuk kredit toko dan transfer kredit atau nilai fiat. ke dompet cryptocurrency.

Pada tahun 2019, Cryptobuyer berencana untuk membuka 10 ATM lagi di Argentina, 10 di Meksiko dan 10 di Venezuela, karena Farias mengatakan inflasi mendorong permintaan untuk akses bitcoin di antara komunitas lokal yang tidak memiliki rekening bank.

“Fokus saat ini adalah di Meksiko dan Argentina, yang memiliki populasi imigran besar dari Venezuela,” kata Farias. “Wanita berusia 65 tahun ini datang ke salah satu lokasi [Panama] kami suatu hari dengan selembar kertas, kode QR dicetak, dan dia berkata untuk menggunakannya bahwa putranya di Venezuela berkata dengan makalah ini saya dapat mengiriminya uang.”

Untuk jumlah transaksi kecil, metodologi pengiriman uang ini tampaknya terbang di bawah ruang lingkup peraturan pengiriman uang di Panama. Namun, Farias mengakui timnya sering berhubungan dengan regulator setempat karena lanskap kepatuhan bisa berubah dalam waktu dekat.

“Mereka memungkinkan kami untuk bekerja karena tidak ada peraturan khusus saat ini, jadi kami selalu mencari peraturan baru,” katanya.

 -Kamlet Rosse-

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Penarikan Uang di Indodax, Gampang Banget!

JAKARTA, duniafintech.com - Setelah meraih untung dalam trading kripto, cara penarikan uang di Indodax tentunya sangat penting untuk diketahui.  Ini tentunya akan bermanfaat untuk menarik...

Alasan Token ASIX tak Lolos Izin, Bappebti Beberkan Hal Ini

JAKARTA, duniafintech.com - Token ASIX milik pesohor tanah air, Anang Hermansyah tak lolos izin dari Badan Pengawas Bursa Berjangka Komoditi (Bappebti). Hal ini lantas...

Bisa Dicoba! Inilah Pilihan Platform untuk Mining Ethereum

JAKARTA, duniafintech.com - Platform untuk mining Ethereum (ETH) penting diketahui, guna mendukung proses mining atau penambangan tersebut. Selain trading, cara mudah untuk mendapatkan kripto jenis...

Penambahan Modal BUMN, Erick: Jangan Dibilang Utang Lagi 

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan penjelasan gamblang mengenai rencana penambahan modal sejumlah BUMN  seperti PT Bank Tabungan...

Cara Top Up OVO lewat ATM Permata hingga Internet Banking

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat ATM Permata dan beberapa metode lainnya berikut ini perlu disimak oleh pengguna layanan ini. Kalau kamu sering...
LANGUAGE