25 C
Jakarta
Jumat, 7 Oktober, 2022

BUMN Percepat Transaksi Digital di Pasar Tradisional

JAKARTA, duniafintech.com – Menteri BUMN, Erick Thohir menilai program percepatan digitalisasi transaksi (digital) di pasar tradisional yang dilakukan Bank Mandiri akan membawa banyak manfaat bagi pedagang dan perbankan dalam mendorong tingkat inklusi keuangan di Indonesia.

“Saya apresiasi program Bank Mandiri yang menginisiasi Livin’ Pasar di Pasar Caringin ini. Kemarin dilakukan di Yogyakarta, Pasar Beringharjo. Program ini akan memberi banyak manfaat bagi pedagang sehingga saya terus dorong agar direplikasi di sebagian besar pasar rakyat atau tradisional,” ujar Erick Thohir.

Ia juga menambahkan, “Digitalisasi pasar yang mensinergikan pemerintah pusat,  daerah dan regulator akan memberi dampak positif berupa peningkatan kegiatan transaksi non tunai ke depan sehingga akan banyak pedagang dan pelaku UMKM naik kelas.”

Dalam kunjungan yang didampingi Wisnu Trihanggodo, Bank Mandiri Regional CEO Kanwil Jawa 1 Bandung dan Briyan Nugroho, Bank Mandiri Regional Transaction Costumer Head Jawa I, Erick menyempatkan diri berdialog dengan beberapa pedagang pasar induk swasta terbesar di Bandung itu.

Baca juga: Proyeksi Erick Thohir Jadikan Indonesia Pemain Industri Digital Terbesar Asia Tenggara dalam 8 Tahun

Dia mencontohkan salah satu pedagang yang bernama Rizal, anak muda berusia 27 tahun yang meneruskan usaha orang tuanya berjualan buah-buahan, Muhammad, pedagang jengkol dalam partai besar, hingga Saedah yang menjual sayuran secara grosir.  Mereka  mewakili 1.530 pedagang di Pasar Caringin yang sudah menggunakan QR Code Indonesian Standard (QRIS) Livin Usaha Bank Mandiri untuk bertransaksi.

“Tadi saya ngobrol dengan mereka, dan meski baru, tapi mereka merasakan transaksi cashless ini membantu berjualan secara grosir. Jika semakin banyak pedagang merasakan manfaat dan kemudahan bertransaksi secara non tunai, maka tentu tingkat inklusi keuangan kita juga akan makin meningkat,” ungkapnya.

Baca juga: LinkAja: Aplikasi Uang Elektronik & Dompet Digital Milik BUMN

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan untuk mendorong masyarakat siap digital, hingga transaksi digital di pasar tradisional, setidaknya pemerintah memiliki beberapa aspek untuk mendorong masyarakat siap digital. Aspek tersebut diantaranya adalah peningkatan dari sisi literasi, aksesbilitas, keterampilan dan ketenagakerjaan.

Menurutnya dengan membentuk masyarakat Indonesia siap digital merupakan prasyarat mutlak untuk merealisasikan manfaat ekonomi dan keuangan digital. Untuk itu perlu meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana agar terjadinya konektivitas lebih merata dan adil.

Airlangga mengaku pentingnya penguatan kerjasama dengan pihak swasta terutama Big Tech Firms untuk pengembangan aksesbilitas digital Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah berupaya melakukan pengembangan keahlian digital dengan menyediakan beasiswa melalui program Digital Talent Scholarship.

“Pembentukan masyarakat Indonesia yang siap digital adalah prasyarat mutlak,” kata Airlangga.

Baca juga: LinkAja Fokus Ekosistem Digital BUMN, Pengamat: LinkAja Akan Alami Kesulitan

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Ancaman Resesi Ekonomi Global 2023, Tetap Yakin Ingin Cicil Rumah?

JAKARTA, duniafintech.com - Ekonomi global diprediksi akan menghadapi resesi ekonomi global. Hal itu terlihat dari beberapa kebijakan bank-bank sentral di berbagai negara dengan mengeluarkan...

Pinjol Cepat Cair 2022 Limit Besar Resmi, Ini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman yang diajukan via aplikasi di smartphone, dengan proses pencairan dana cepat. Saat ini, pinjol yang berizin Otoritas...

Berita Kripto Hari Ini: Apa Kabar Bursa Kripto Indonesia?

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini akan mengulas soal perkembangan bursa kripto Indonesia yang masih belum diluncurkan. Adapun sebelumnya, bursa kripto pun sempat molor—sebagai...

Berita Bitcoin Hari Ini: Sempat Menguat, Bitcoin Melemah!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini akan mengulas soal harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya dengan pergerakan yang beragam. Pada perdagangan pagi ini, mayoritas...

Kerangka Kerja Inklusi Keuangan Fokus Digitalisasi dalam Presidensi G20 Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Presidensi G20 Indonesia menyusun Kerangka Kerja Inklusi Keuangan sebagai panduan bagi setiap negara untuk mendorong digitalisasi guna menciptakan ekonomi yang inklusif...
LANGUAGE