31.2 C
Jakarta
Minggu, 14 April, 2024

Chat GPT 4 vs ChatGPT-3.5, Ketahui Perbedaan Utamanya

Chat GPT 4 resmi diluncurkan oleh Chat GPT pada 14 Maret 2023. Belakangan ini, kemunculan ChatGPT telah menjadi salah satu topik hangat dalam dunia teknologi. Pengguna platform ini bisa mengakses versi gratis setelah mendaftar.

Pada tanggal 14 Maret 2023, ChatGPT resmi meluncurkan Chat GPT 4. Ini adalah versi terbaru dari ChatGPT yang hanya tersedia melalui layanan ChatGPT Plus. Dengan Chat GPT 4 yang merupakan model multimodal besar (dengan fokus pada multimodalitas), pengguna sekarang dapat memasukkan teks dan gambar serta menerima output teks yang menyerupai respons manusia.

Chat GPT-4 vs Chat GPT-3.5: Perbedaan Utama

Chat GPT 4 adalah penyempurnaan terbaru dari sistem model bahasa OpenAI. Sebelumnya, versi GPT 3.5 mendukung chatbot ChatGPT yang sangat populer setelah diluncurkan pada November 2022.

GPT, singkatan dari Generative Pre-trained Transformer, adalah jenis model bahasa yang menggunakan deep learning untuk menghasilkan teks percakapan yang menyerupai gaya berbicara manusia.

Baca juga: Humata AI: Cara Kerja & Perbandingan dengan ChatGPT

chat gpt 4

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Chat GPT 4 adalah model multimodal besar yang difokuskan pada multimodalitas, memiliki kemampuan untuk menerima input dalam bentuk teks dan gambar, serta menghasilkan output teks yang menyerupai respons manusia.

Sebagai contoh, menggunakan GPT-4, pengguna dapat mengunggah lembar kerja, dan model ini dapat memindainya serta memberikan respons terhadap pertanyaan. Selain itu, GPT-4 dapat membaca grafik yang diunggah dan melakukan perhitungan berdasarkan data yang disajikan. Kemampuan intelektual GPT-4 juga telah ditingkatkan, melebihi GPT-3.5 dalam berbagai ujian simulasi benchmark.

Chat GPT 2.0: Kemampuan Multimodal yang Luar Biasa

Dirilis pada tanggal 14 Maret 2023, Chat GPT 4 menarik perhatian dengan fitur-fitur canggihnya yang luar biasa. Berbeda dengan versi sebelumnya, ChatGPT baru ini merupakan model multimodal yang tidak hanya mampu memproses teks, tetapi juga memberikan respons terhadap input gambar. Hal itu berarti pengguna dapat mengunggah gambar untuk dianalisis dan segera mendapatkan jawaban.

Beberapa poin tambahan yang dihadirkan oleh Chat GPT 4.0 adalah dukungan untuk hingga 25.000 kata teks, peningkatan dalam analisis gambar, respons yang lebih kreatif dan beragam, peningkatan dukungan untuk berbagai bahasa, manajemen percakapan yang kokoh, akurasi dan kecepatan yang lebih tinggi, peningkatan kesadaran konteks, dan kemampuan yang ditingkatkan dalam menanggapi konstruksi narasi.

Chat GPT 4 juga memiliki kemampuan untuk merespons pertanyaan yang melibatkan gambar dari pengguna. Sebagai contoh, jika pengguna mengunggah foto bahan makanan dan bertanya apa yang bisa dimasak dari bahan tersebut, maka GPT-4 akan memberikan sejumlah opsi makanan yang dapat dimasak.

Meskipun ChatGPT-4 saat ini hanya tersedia untuk pelanggan ChatGPT Plus yang membayar $20 per bulan untuk akses premium, OpenAI memberikan peringatan bahwa meskipun sudah sangat canggih, GPT-4 masih belum sepenuhnya dapat diandalkan dan mungkin “berhalusinasi”, yaitu kemampuan AI untuk mengarang fakta atau membuat kesalahan penalaran.

Perkembangan dalam Analisis Data dan Pengolahan Informasi

Terjadi perkembangan besar dalam domain analisis data dan pengolahan informasi dengan adopsi Chat GPT 4. Platform ini sekarang dapat digunakan untuk membaca lembar kerja dan melakukan perhitungan berdasarkan data yang disajikan.

Penerapan ChatGPT-4 dalam konteks ini menghasilkan dampak positif yang signifikan pada kemampuan analisis data yang lebih kompleks. Ketersediaan fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah data dalam berbagai format, termasuk lembar kerja, dan dengan cepat mendapatkan wawasan serta perhitungan yang diperlukan.

Ini membantu mempercepat proses analisis data, meningkatkan akurasi hasil, dan memberikan solusi yang lebih efisien dalam pengambilan keputusan berbasis data. Dengan demikian, Chat GPT 4 membuka pintu menuju pemahaman yang lebih mendalam dan pemanfaatan optimal terhadap informasi yang tersedia.

Tantangan dan Solusi

Dengan kemampuan terkini yang ditawarkan oleh Chat GPT 4, muncul tantangan baru terkait etika dan privasi. Kemampuan model untuk memproses informasi yang lebih kompleks dan respons yang lebih canggih dapat membawa risiko terkait penggunaan data pribadi dan kekhawatiran tentang manipulasi informasi.

Baca juga: Perplexity AI: Cara Penggunaan hingga 6 Perbedaannya dengan ChatGPT

chat gpt 4

Sebagai respons terhadap tantangan etika dan keamanan ini, OpenAI telah mengambil sejumlah langkah proaktif. Mereka melakukan perbaikan pada fitur-fitur keselamatan ChatGPT-4 dan menerapkan proses pelatihan yang lebih ketat untuk memastikan model dapat merespons dengan bijak dan etis terhadap berbagai jenis input.

Di samping itu, OpenAI juga meningkatkan mekanisme pengawasan dan menetapkan batasan yang lebih jelas terkait penggunaan ChatGPT-4 untuk menghormati privasi pengguna dan standar etika yang berlaku.

Langkah-langkah ini dirancang untuk mengurangi potensi risiko dan menegaskan komitmen OpenAI untuk menyediakan teknologi yang bermanfaat, aman, dan menghormati nilai-nilai etika serta privasi pengguna. Dengan demikian, OpenAI berusaha untuk memastikan bahwa ChatGPT-4 memberikan dampak positif dalam lingkungan yang etis dan aman.

Apakah Chat GPT 4 Dapat Memprediksi Bitcoin

Mengutip Kompas.com, seorang penggemar aset kripto yang dikenal sebagai “The Bitcoin Therapist” baru-baru ini menantang ChatGPT, chatbot ciptaan OpenAI, untuk memprediksi harga Bitcoin dalam beberapa tahun mendatang, yaitu pada tahun 2024, 2028, 2032, dan 2050.

Meskipun alasan pemilihan periode waktu tersebut tidak dijelaskan, hasil percakapan tersebut dibagikan oleh The Bitcoin Therapist melalui unggahan di akun Twitter pribadinya dengan nama pengguna @TheBTCTherapist. Berikut ini adalah ringkasan prediksi yang diberikan oleh ChatGPT terkait tantangan “The Bitcoin Therapist”:

Prediksi Bitcoin pada 2024

  • Skenario Optimistis: ChatGPT meramalkan pertumbuhan positif Bitcoin dengan nilai mencapai kisaran $50.000 hingga $150.000 atau lebih tinggi sepanjang tahun yang bergantung pada minat berkelanjutan dari masyarakat dan sentimen positif terhadap aset kripto.
  • Skenario Konservatif: Dalam situasi sebaliknya, Bitcoin mungkin mengalami pertumbuhan yang lebih lambat dan volatilitas yang meningkat dengan nilai berkisar $20.000 hingga $50.000 yang dipengaruhi oleh tantangan regulasi dan fluktuasi pasar.

Prediksi Bitcoin pada 2028-2050

  • Tahun 2028: Nilai Bitcoin diperkirakan berkisar antara $100.000 hingga $500.000, tetapi pertumbuhannya bisa terhambat oleh masalah teknologi atau pembatasan aturan yang ketat.
  • Tahun 2032: Bitcoin memiliki potensi mencapai $1 juta jika pasar bullish, tetapi nilai terendahnya bisa turun hingga $20.000 dalam kondisi terburuk.
  • Tahun 2050: Prediksi tertinggi mencapai $5 juta, sementara nilai terendahnya bisa kembali mencapai $20.000.

ChatGPT mencatat bahwa prediksi ini mempertimbangkan potensi tantangan regulasi, fluktuasi pasar, masalah teknologi, dan pembatasan aturan. Meskipun hasil percakapan ini menunjukkan pertumbuhan yang positif, perlu diingat bahwa prediksi ini tidak boleh dijadikan dasar untuk keputusan investasi karena tidak ada sumber yang valid yang dapat memprediksi kondisi pasar di masa depan secara pasti.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, Chat GPT 4 dan ChatGPT-3.5 menunjukkan perbedaan mendasar dalam kemampuan dan fitur, dengan beberapa peningkatan utama pada Chat GPT 4. Salah satu peningkatan tersebut adalah Chat GPT 4 menjadi model multimodal yang memungkinkan penggunaan input teks dan gambar serta menghasilkan output teks yang lebih menyerupai respons manusia. Fitur ini tidak tersedia dalam ChatGPT-3.5.

Selain itu, Chat GPT 4 memiliki kapasitas untuk merespons hingga 25.000 kata, meningkat dari ChatGPT-3.5. Hal ini memperluas kemampuan model untuk menangani percakapan yang lebih panjang dan kompleks.

chat gpt 4

Chat GPT 4 juga mengungguli ChatGPT-3.5 dalam ujian simulasi benchmark, menunjukkan peningkatan kemampuan intelektual secara keseluruhan. Lebih lanjut, ChatGPT-4 mampu membaca lembar kerja dan mengolah gambar, memberikan respons yang lebih kontekstual dan informatif. Fitur ini merupakan tambahan yang tidak dimiliki oleh ChatGPT-3.5.

Perlu ditekankan bahwa pengembangan komputasi bahasa, terutama melalui aplikasi ChatGPT, menunjukkan potensi yang besar, terutama dalam hal prediksi aset kripto seperti Bitcoin (BTC). Dalam konteks ini, penggunaan ChatGPT untuk meramalkan harga BTC atau aset crypto lainnya memberikan wawasan berharga bagi para penggemar dan investor aset crypto.

Untuk pengembangan lebih lanjut, potensi inklusi data yang lebih banyak dan analisis yang lebih mendalam diyakini dapat meningkatkan akurasi prediksi. Selain itu, integrasi teknologi kecerdasan buatan juga dapat membantu mengidentifikasi dan mengatasi risiko potensial, seperti fluktuasi pasar atau masalah teknologi yang dapat memengaruhi prediksi.

Baca juga: Mari Mengenal Character AI Chat 2024 yang Unik dan Bisa Diajak Pacaran

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE