30.1 C
Jakarta
Senin, 15 April, 2024

Hati-hati, Inilah Dampak Negatif Cashless Society yang Penting Diketahui

JAKARTA, duniafintech.com – Dampak negatif cashless society, apakah ada? Tentunya ada. Meski di satu sisi cashless society menyumbang banyak manfaat bagi banyak orang, tetapi ada juga sederet dampak negatif yang mengintai di sebaliknya.

Seperti diketahui, istilah cashless society sendiri lahir sejalan dengan perkembangan teknologi ke ranah finansial. Tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan dalam melakukan aktivitas, termasuk penggunaan uang sebagai alat bayar.

Istilah ini berarti suatu kegiatan pada transaksi keuangan dengan tidak menggunakan uang tunai sama sekali, tetapi dengan memakai kartu, yang mencakup kartu kredit, debit, atau dompet elektronik.

Baca juga: Dampak Negatif Gadget Untuk Anak Usia Dini

Nah, apa saja ya dampak negatifnya? Simak penjabarannya di bawah ini.

  1. Dampak Negatif Cashless Society: Bahaya ketika Kartu Hilang

Di luar penggunaan uang tunai, pemakaian kartu sebagai instrumen cashless berupa kartu kredit dan debit ini tentunya punya risiko yang lumayan besar. Mengingat semua saldo yang dimiliki tersimpan dalam satu tempat sehingga ketika kartu hilang, hal itu bakal mengganggu aktivitas Anda ketika membutuhkan uang untuk membeli sesuatu.

Meski Anda bisa membuat laporan kehilangan dan membuat kartu baru melalui bank tertentu, tetapi jika hal itu terjadi saat dalam keadaan genting atau Anda sangat membutuhkannya untuk membayar sesuatu, tentunya hal itu akan sangat menyulitkan Anda.

Oleh sebab itu, sebaiknya simpan kartu tersebut pada tempat yang aman dan mudah untuk diambil saat akan digunakan.

  1. Membuat Pengeluaran Lebih Boros—Dampak Negatif Cashless Society

Dampak negatif berikutnya adalah membuat Anda menjadi boros pengeluaran. Kendati pembayaran menggunakan kartu terlihat tidak secara fisik, tetapi tetap saja uang yang Anda punya akan berkurang.

Di lain sisi, penggunaan cashless ini cenderung membuat Anda ingin belanja barang secara teru-menerus. Hal itu pun didukung dengan kemudahan berbelanja online yang menawarkan diskon dengan pembayaran menggunakan kartu tertentu sehingga Anda bakal tertarik.

Lantas, tanpa disadari, pengeluaran Anda malah akan lebih besar menggunakan cashless dibanding uang tunai. Karena itu, aturlah keuangan dengan baik dan tepat supaya tidak mudah terpengaruh untuk berbelanja sesuatu.

  1. Rentan Terjadinya Kejahatan Digital

Meskipun pembayaran memakai cashless society membuat Anda tidak perlu menyimpan uang tunai, bukan berarti hal itu akan langsung memberikan rasa aman. Pasalnya, dampak negatif pada penggunaan cashless terletak pada kejahatan digital yang bisa mengintai uang Anda. Salah satu kejahatan digital yang sering terjadi, yakni peretasan kartu kredit memakai metode skimming.

Cara skimming itu akan memungkinkan pelakunya untuk mengakses data kartu debit dan kredit, kemudian menarik sejumlah dana yang ada di rekening. Hal itu bisa terjadi via mesin ATM dan mesin gesek EDC sebab pelaku bakal menggunakan data lewat pita magnetik kartu tersebut sehingga akses pada data kamu dapat dilakukan secara mudah.

  1. Membutuhkan Pemahaman Teknologi

Dampak negatif yang berikutnya ini terjadi saat Anda tidak biasa menggunakan cashless yang erat hubungannya dengan teknologi. Pasalnya, bukannya mempermudah aktivitas membayar, cashless justru menghambat pembayaran untuk membeli suatu barang.

Belum lagi kalau terjadi kesalahan yang dapat merugikan kamu seperti saldo yang terbuang percuma karena salah menggunakannya. Sebagai contoh, saat menggunakan pembayaran menggunakan mesin EDC atau pembayaran secara online, sering kali menjadi hal yang memicu terjadinya kesalahan. Hal-hal semacam itu mungkin terjadi pada generasi-generasi yang tidak melek teknologi.

  1. Menimbulkan Banyak Utang

Dampak negatif berikutnya, yakni menimbulkan banyak hutang. Biasanya, fenomena ini terjadi pada penggunaan kartu kredit yang pada dasarnya dilakukan oleh orang itu sendiri. Rasa ingin membeli ini umumnya dipicu oleh kemudahan membayar dengan kartu kredit yang bisa dicicil pembayarannya serta didukung dengan jumlah limit yang membuat Anda ingin menghabiskannya. Padahal, belum tahu bagaimana harus membayarnya di akhir bulan.

Baca juga: BERITA HOAX EFEK NEGATIF ERA DIGITAL?

Di samping itu, saat ini juga hadir pembayaran pay later yang tidak membutuhkan kartu kredit. Pada dasarnya, sistem pembayaran pay later sama dengan kartu kredit, tetapi Anda tidak perlu menggunakan kartu berbentuk fisik. Akan tetapi, dampak negatifnya, yakni utang sama-sama akan Anda rasakan kalau menggunakannya secara sembarang.

Maka dari itu, Anda mesti bisa mengantisipasi penggunaan kartu kredit atau pay later ini agar dampak negatif yang terjadi tidak akan Anda rasakan. Dengan demikian, kehidupan Anda bakal lebih tenang dan menyenangkan sebab tidak ada utang yang mesti dibayar.

  1. Berpotensi Terjadinya Pemblokiran oleh Pemerintah

Dampak dari kepemilikan uang di bank atau pengelola dompet digital adalah pemerintah berkuasa untuk memblokir rekening bank atau dompet digital secara sepihak atau tanpa persetujuan nasabah.

Pasalnya, kepemilikan uang itu akan terikat dengan peraturan dan kebijakan pemerintah karena data dan identitas nasabah dimiliki oleh pemerintah. Biasanya, pemblokiran itu terjadi pada situasi genting yang berhubungan dengan keamanan rakyat dan negara sehingga uang digital tidak bisa diakses.

  1. Bakal Kesusahan Sewaktu Terjadi Bencana Alam

Sewaktu terjadinya bencana alam, tentunya semua server dan sistem down lantaran tidak adanya jaringan dan sambungan listrik dalam waktu lama. Adapun listrik yang padam, jaringan ATM, dan internet tidak dapat digunakan sehingga transaksi nontunai tidak bisa dilakukan.

Dalam kondisi itu, semua pembayaran transaksi harus dilakukan secara tunai sehingga sebaiknya masyarakat punya cadangan uang tunai untuk kondisi terburuk. Dalam kondisi bencana, tentunya bank tidak akan buka lantaran semua pegawainya pun mengalami bencana.

Pada situasi bencana, kebutuhan uang tunai pun menjadi tinggi karena semua orang butuh makan dan minum karena kelaparan dan kehausan pasti melanda setelah bencana.

Nah, demikianlah uraian mengenai dampak negatif cashless society yang perlu Anda ketahui. Adapun pada dasarnya, istilah ini memang punya banyak hal positif saat digunakan, tetapi penggunaannya yang tidak dilakukan dengan hati-hati juga bisa membuat Anda jatuh dalam dampak negatif pada keuangan.

Baca juga: Simak Yuk, Deretan Tips Ampuh Cara Menagih Utang Teman

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE