32.1 C
Jakarta
Minggu, 21 Juli, 2024

Pilihan Deposito Terbaik 2021 dengan Bunga Tinggi

Deposito terbaik 2021 sangat dicari oleh banyak orang. Deposito sendiri merupakan salah satu jenis investasi pasar uang paling populer, yang berbentuk uang yang disimpan dalam rekening dan sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Deposito, termasuk deposito terbaik bank syariah, juga masih diminati sampai saat ini meski sudah muncul varian investasi lain yang menawarkan keuntungan lebih besar, misalnya saja reksadana dan saham. Deposito terbaik 2021 juga dapat menjanjikan pengembalian uang dengan bunga kompetitif dan keamanan yang terjamin.

Adapun jenis investasi yang satu ini memang relatif stabil, minim risiko, dan juga dengan tenor yang lebih fleksibel sehingga dapat dicairkan dalam jangka waktu yang pendek.

Namun, salah satu kelemahan deposito, yakni bunganya yang relatif kecil dan ketentuan penalti tenor apabila nasabah mengambil dana sebelum tenor berakhir.

Di sisi lain, keunggulan deposito ketimbang instrumen investasi lainnya adalah dana nasabah akan diawasi oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Memilih Daftar Bank dengan Deposito Terbaik

Beberapa kriteria untuk menentukan produk deposito terbaik di bank dan keuntungannya adalah sebagai berikut:

  1. Reputasi bank
  2. Suku bunga deposito
  3. Jangka waktu deposito
  4. Biaya deposito
  5. Penarikan dana sebelum jatuh tempo
  6. Fitur yang diberikan

Daftar Deposito Terbaik 2021 di Bank

  1. Deposito Merdeka Bukopin

Deposito Merdeka merupakan produk yang dikeluarkan oleh Bank Bukopin, dengan kelebihan, salah satunya, bebas penarikan dana kapan saja. Bukan itu saja, nasabah pun dibebaskan dari biaya penalti jika hendak mencairkan dana deposito sebelum tenor. Bunganya pun dapat dicairkan saat tenor berakhir.

Jumlah setoran awalnya mulai dari Rp10.000.000, dengan suku bunga deposito tertinggi 2020 hingga 2021 sebesar 5,25% di setiap tenor, yakni 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan.

Produk deposito terbaik ini dapat menjadi alternatif pilihan investasi untuk kondisi mendesak sebab cukup menguntungkan dari berbagai sisi.

Untuk persyaratan pembukaan deposito ini adalah sebagai berikut:

  • Mengisi formulir pembukaan rekening bermaterai
  • Menyertakan KTP Elektronik/SIM/Paspor
  • NPWP
  • Melampirkan Surat Keterangan Kerja/domisili (jika alamat tidak sesuai dengan KTP)
  1. Deposito Bank Permata

Deposito yangs satu ini layak dipertimbangkan sebab menawarkan suku bunga terbaik, yakni 4,25% untuk penggunaan aplikasi PermataMobileX bagi keperluan apa pun. Pengguna dapat memilih pembayaran bunga deposito secara bulanan atau saat jatuh tempo sesuai dengan kebutuhan.

Di samping itu, juga ada fasilitas Automatic Roll Over yang membuat nasabah dapat memperpanjang deposito secara otomatis. Melalui aplikasi ini, pengguna juga akan dimudahkan dalam mengajukan deposito ataupun menggunakan produk perbankan lainnya.

Minimum dana untuk deposito di Bank Permata adalah Rp10 juta, dengan pilihan waktu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, dan 24 bulan.

Syarat deposito bank Permata, yaitu:

  • Usia nasabah minimum 21 tahun
  • Fotokopi Kartu Identitas KTP
  • Fotokopi NPWP
  • Mengisi formulir dan Dokumen Pembukaan Rekening
  1. Deposito Bank Maybank

Cara pertama untuk membuka deposito di Maybank adalah dengan langsung mendatangi counter di Bank. Cara kedua, yakni dengan membuka deposito secara online, baik menggunakan aplikasi Maybank2u ID maupun internet banking Maybank2u hanya dalam beberapa menit.

Suku bunga deposito Maybank diketahui berbeda, bergantung cara membuka deposito. Jika membuka deposito dengan datang langsung ke bank alias secara offline, nasabah akan mendapatkan suku bunga 3,75% untuk jangka waktu 1, 3, 6, 12, dan 24 bulan.

Di sisi lain, jika membuka deposito melalui aplikasi Maybank2u ID maupun internet banking Maybanku, nasabah akan memperoleh suku bunga yang lebih tinggi, yakni 4,50% di semua tenor. Nasabah pun harus menyediakan dana minimal Rp10.000.000 sebagai setoran awal.

Syarat deposito Maybank secara offline:

  • Mengisi data diri nasabah pada Formulir Data Nasabah Perorangan secara lengkap
  • Calon nasabah harus punya produk rekening dan fasilitas yang diinginkan pada formulir untuk pembukaan rekening dan fasilitas perbankan
  • Formulir yang sudah diunduh di situs harus dicetak dengan menggunakan kertas folio ukuran F4 dan diisi dengan lengkap serta benar
  • Formulir yang sudah diisi serta dokumen pendukungnya dibawa dan diserahkan ke cabang Maybank terdekat
  • Lakukan tanda tangan formulir dilakukan dihadapan pejabat bank yang berwenang
  • Pihak Maybank berhak untuk meminta pengisian ulang formulir, meminta dokumen lain yang diperlukan serta berhak untuk menolak pembukaan rekening
  • Ketentuan lain terkait dengan pembukaan rekening tunduk pada kebijakan bank
  1. Deposito Bank Mayora

Bank Mayora memiliki deposito dua mata uang yang dapat dipilih, yakni Rupiah dan USD, sebagai pertimbangan pilihan deposito. Deposito Mayora memiliki bunga sebesar 4,5% dan untuk USD sebesar 0,25%. Suku bunga ini berlaku untuk jangka 1, 3, 6, 12, dan 24 bulan.

Jika ingin membuka deposito di Bank Mayora, nominal setoran awalnya Rp8.000.000. Kelebihan deposito Mayora, antara lain, dananya dapat dipakai sebagai jaminan pinjaman/kredit jika nasabah membutuhkannya.

Ketentuan pembukaan deposito Mayora adalah sebagai berikut:

  • Berlaku untuk nasabah perorangan dan non perorangan
  • Mengisi dan menandatangani aplikasi Deposito Berjangka, Form Customer Information File, dan bukti setoran
  • Membawa dan menyerahkan identitas diri yang masih berlaku dan dokumen pendukung lain
  • Nominal penempatan deposito minimum sebesar Rp8,000,000 atau setara untuk valas.
  1. Digibank by DBS

Produk deposito ini bisa digunakan sesuai tuntutan masyarakat digital. Hanya dengan sentuhan jari, nasabah dapat membuka rekening bank maupun membuka deposito. Setoran awalnya mulai dari Rp1.000.000, dengan bunga deposito mulai dari 3,70% sampai 4,50%, bergantung dari besaran dana yang ditabung serta jangka waktunya.

Tenornya mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, atau 1 tahun. Syarat membuka deposito Digibank by DBS adalah sebagai berikut:

  • Punya rekening dan aplikasi Digibank by DBS
  • Deposito hanya bisa dicairkan saat sudah jatuh temponya
  • Pencairan sebelum jatuh tempo akan dikenakan penalti
  1. Deposito BTN Ritel Rupiah

Deposito BTN Ritel Rupiah akan membuat nasabahnya dapat membuka rekening deposito hanya dengan dana Rp1.000.000. Hal itu tentu boleh jadi akan menjadi kelebihan buat  nasabah yang ingin berinvestasi dengan dana rendah dan risiko minim.

Di samping itu, deposito di bank BTN pun dapat digunakan untuk jaminan kredit dan bunga depositonya bisa dipindah bukukan untuk berbagai keperluan, seperti pembayaran tagihan listrik dan telepon serta angsuran rumah.

Bunga depositonya sekitar 4,00% hingga 4,25%, bergantung dari jumlah dana dan kisaran waktu tenor yang dipilih oleh nasabah. Untuk jangka waktu depositonya mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, 12 bulan, dan 24 bulan.

Syarat deposito BTN, yaitu:

  • Rekening untuk Warga Negara Indonesia (WNI ) maupun Warga Negara Asing (WNA)
  • Mengisi dan menandatangani formulir pembukaan rekening
  • Wajib melampirkan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan seperti NPWP, Surat Keterangan domisili atau surat keterangan kerja/kartu pelajar jika alamat pada KTP di luar wilayah kelolaan Outlet Bank tempat pembukaan rekening
  • Rekening dinyatakan aktif dan bisa digunakan secara efektif setelah disetujui dan diaktifkan oleh Bank sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  1. Deposito Bank Mandiri

Bank Mandiri memiliki produk deposito terbaik 2021 bernama Mandiri Deposito. Simpanan berjangka yang satu ini memiliki bunga menarik dan dan beragam keuntungan lainnya. Nasabah dapat memilih tenor sesuai kebutuhan mulai dari 1, 3, 6, 12, atau 24 bulan dan bebas memperpanjang deposito secara otomatis melalui fitur automatic roll over.

Bunga deposito Bank Mandiri 2020 berada pada kisaran 3,25% dan telah beberapa kali melakukan penyesuaian mengikuti kebijakan Bank Indonesia (BI) yang memangkas suku bunga acuan.

Sebelumnya, suku bunga deposito Bank Mandiri berada di kisaran 4,00% hingga 4,25%, lalu turun 3,75%, dan per Desember 2020 menjadi 3,25%. Syarat deposito Bank Mandiri, yaitu:

  • Warga Negara Indonesia dan memiliki KTP dan NPWP
  • Warga Negara Asing memiliki paspor dan KIMS, KITAS, KITAP (Kartu Ijin Menetap Sementara / Kartu Izin Tinggal Sementara)
  • Memiliki rekening Mandiri Tabungan atau Mandiri Giro
  • Pembukaan melalui kantor cabang minum Rp10.000.000,
  • Pembukaan melalui e-Banking (Mandiri Online, atau Mandiri Call): Rp1.000.000
  1. Deposito Bank BRI

Untuk pembukaan Deposito Bank BRI dapat dilakukan secara manual, yakni dengan datang langsung ke bank atau via internet banking. Jangka waktunya mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, 12 bulan, 24 bulan, dan 36 bulan.

Setoran awal membuka deposito secara manual, yaitu Rp10.000.000. Di samping itu, calon nasabah pun dapat membuka deposito BRI via internet banking, yang juga menawarkan berbagai kelebihan menarik lainnya.

Persyaratan dana pembukaan rekening deposito secara online juga lebih rendah, yaitu Rp5.000.000 dan tentunya nasabah sudah terdaftar sebagai pengguna/user BRI internet banking. Namun, jangka waktu yang ditawarkannya relatif pendek, hanya sekitar 1 bulan dan 3 bulan.

Bank BRI pun diketahui sudah beberapa kali menyesuaikan suku bunga depositonya dan per Desember 2020 adalah sebesar 3,50%. Syarat deposito Bank BRI adalah sebagai berikut:

  • Punya rekening tabungan atau giro BRI
  • Setoran awal pembukaan melalui unit kerja BRI Rp10.000.000 dan pembukaan melalui Internet Banking BRI minimal Rp5.000.000 maksimal Rp100.000.000
  • Identitas diri WNI berupa KTP/SIM/Paspor asli dan NPWP (bila ada). Sementara WNA berupa paspor dan KIMS/KITAS (Kartu Izin Menetap Sementara/Kartu Izin Tinggal Sementara)
  • Terdapat biaya materai saat pembukaan dan pencairan deposito

Di samping deposito, bank ini juga menyediakan layanan menabung, KUR BRI, hingga pinjaman BRI.

  1. Deposito Bank BCA

Produk deposito dari Bank BCA ini menawarkan jangka waktu mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Nasabah pun dapat memilih 9 mata uang dan bunga deposito bisa ditransfer ke bank lain.

Untuk besaran bunga depositonya sebesar 3,25%, setelah melakukan berbagai penyesuaian, mengikuti kebijakan Bank Indonesia (BI) yang memangkas suku bunga acuan.

Syarat deposito Bank BCA:

  • Melengkapi dan menandatangani formulir permohonan
  • Membawa dan menyerahkan fotokopi identitas diri yang masih berlaku seperti KTP/Paspor dan NPWP untuk warga negara Indonesia serta KITAS/Paspor untuk WNA
  • Memenuhi setoran awal minimum sebesar Rp8.000.000
  1. Deposito Bank BNI

BNI Deposito, produk deposito terbaik 2021 dari Bank BNI, punya berbagai fasilitas aneka pilihan jangka waktu untuk menyimpan uang sesuai kebutuhan nasabah. Nasabah pun dapat memilih deposito dengan mata uang asing, baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis.

Deposito yang satu ini dapat dijadikan sebagai jaminan kredit dan bunganya bisa ditransfer ke rekening tabungan, giro, atau menambah pokok simpanan. Bunga depositonya juga mengalami penurunan dan per Desember 2020 sebesar 3,50%.

Untuk jangka waktu yang dapat dipilih oleh nasabah, yakni 1, 3, 6, 12, atau 24 bulan, dengan setoran minimalnya sebesar Rp10 juta.

Syarat Deposito Bank BNI:

  • Mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening
  • Menunjukkan asli bukti identitas diri berupa KTP/SIM/Paspor atau Badan Usaha/Hukum (bukti legalitas) dan menyerahkan foto copy bukti identitas/legalitas dimaksud
  • Melakukan setoran untuk pembukaan rekening dan jumlahnya bisa berubah sesuai perkembangan

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU