25.4 C
Jakarta
Jumat, 19 Agustus, 2022

Gegara Paypal Diblokir, Kantor Kominfo Dilempar Botol Pipis

JAKARTA, duniafinitech.com – Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) ikut menjadi sasaran kemarahan masyarakat gegara PayPal diblokir.

Dalam hal ini, gedung milik pemerintah tersebut disiram “botol pipis” alias air seni/kencing oleh  Blok Politik Pelajar. Lewat akun Instagram mereka, Blok Politik Pelajar pun menyerukan aksi tersebut.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk protes mereka terhadap pemblokiran PayPal hingga Steam. Aksi simbolis yang berlangsung di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, pada Senin (1/8/2022) itu digelar oleh  Blok Politik Pelajar dengan menuangkan botol berisi air ke tulisan Kementerian Kominfo.

Baca juga: PayPal Tidak Bisa, Platform Kripto Bakal Kebanjiran Transfer Luar Negeri

Menurut Juru Bicara Blok Politik Pelajar, Ahmad, pihaknya hanya menggelar aksi simbolis karena masih ada advokasi dari sejumlah LSM terkait Permenkominfo tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

“Kami sebenarnya mengurungkan niat kami untuk aksi ramai-ramai, maka kami akan aksi simbolik hari ini, karena kami menghargai advokasi yang sedang dilakukan oleh teman-teman koalisi NGO dalam menolak Permenkominfo,” ucapnya, seperti dikutip dari detikcom.

“Maka dari itu, hari ini, kami mau simbolik aja teman-teman jurnalis, mohon maaf juga, karena ini kami biar tetap kondusif, maka saya akan melakukan aksi simbolik dengan menyiram pipis di Kemenkominfo,” tuturnya.

Diterangkannya, aksi “lempar botol pipis” ini adalah bentuk kekecewaan mereka terhadap aturan yang dibuat Kominfo. Kata dia, Permenkominfo yang diterbitkan ini merugikan beberapa elemen masyarakat.

“Kekecewaan kami terhadap Kominfo sebagai aktor, dan Permenkominfo yang dikeluarkan sebagai produknya, karena ternyata itu merugikan beberapa elemen masyarakat, gamers, ya kan, konten kreator, bahkan para freelance journalist, dan lain-lain,” paparnya.

Baca juga: PayPal Diblokir, Deddy Corbuzier Sindir Kominfo soal Judi Online

Sebelumnya diwartakan, pada 30 Juli 2022 pukul 00.00 WIB lalu, Kominfo telah memblokir beberapa Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) yang belum melakukan pendaftaran, antara lain, permainan daring Dota, Counter Strike, Origin, dan platform distribusi game Epic dan Steam. Di samping itu, Kominfo pun memblokir Yahoo dan platform pembayaran PayPal.

Alasan di balik pemblokiran ini lantas diungkap oleh Kominfo. Disampaikan Kominfo, PayPal memang belum melakukan pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat sehingga diblokir. Bahkan, tidak mengurus izin di Bank Indonesia (BI).

“Belum! (PayPal mendaftar PSE), bukan hanya belum mendaftar, dua loh dia tidak mendapatkan izin dari BI kemudian juga karena dia termasuk payment gateway juga sistem keuangan OJK,” tutur Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, Sabtu (30/7/2022).

Ditegaskannya, memang setiap payment system online, bahkan layanan keuangan sekalipun, wajib berizin di BI dan terdaftar sebagai PSE. Keduanya, imbuhnya, wajib dilakukan oleh setiap pemilik platform dari luar negeri.

“Jadi ‘dan’ ya bukan ‘atau’ izin BI dan PSE itu wajib harus dilakukan sebagai penyelenggara layanan keuangan. Layanan keuangan di setiap negara itu ya diatur kok. Jadi saya juga sangat-sangat menyesalkan juga,” sebutnya.

Baca juga: Blokir PayPal Dibuka Sementara, Pengguna Diberi Waktu 5 Hari Buat Pindahkan Saldo

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Penambahan Modal BUMN, Erick: Jangan Dibilang Utang Lagi 

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan penjelasan gamblang mengenai rencana penambahan modal sejumlah BUMN  seperti PT Bank Tabungan...

Cara Top Up OVO lewat ATM Permata hingga Internet Banking

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat ATM Permata dan beberapa metode lainnya berikut ini perlu disimak oleh pengguna layanan ini. Kalau kamu sering...

Cara Cek Tagihan Kartu Kredit BCA dengan 6 Metode Termudah

JAKARTA, duniafintech.com – Cara cek tagihan kartu kredit BCA dengan beberapa metode termudah berikut ini tentunya penting untuk diketahui. Di samping kartu debit, Bank BCA...

Cara Isi E-Money via ATM Mandiri dan Update Saldonya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara isi e-money via ATM Mandiri dalam ulasan berikut ini sangat penting diketahui oleh para pengguna layanan yang satu ini. Kalau kamu...

Langkah Erick Thohir Stabilkan Harga Tiket Pesawat

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan sejumlah langkah agar maskapai penerbangan nasional dapat menstabilkan harga tiket pesawat. Erick...
LANGUAGE