Baru Mulai Investasi? Ini Investasi yang Tepat untuk Pemula

0
179
Investasi yang Tepat untuk Pemula

DuniaFintech.com – Kini semakin banyak pemuda Indonesia yang sadar akan investasi. Namun, jika sampai saat ini Anda belum berinvestasi, tidak perlu khawatir! Tidak ada kata terlambat untuk berinvestasi! Pasti Anda pun akan bertanya kira-kira apa saja investasi yang tepat untuk pemula? Mari kita bahas bersama.

Jika Anda mencari investasi yang tepat untuk pemula dijaman sekarang ini tentunya banyak sekali jenis investasi menguntungkan. Namun sebagai pemula, tentunya wajar jika Anda masih bingung untuk menentukan instrumen investasi yang tepat. Berikut jenis investasi yang tepat untuk pemula yang bisa Anda pilih.

Deposito

Deposito adalah salah satu jenis atau instrumen investasi yang paling sering dipilih masyarakat. Selain sistemnya mudah sama seperti menabung, program deposito juga dimiliki oleh semua bank.

Uang yang Anda simpan dalam tabungan deposito tersebut tentunya tidak dapat Anda tarik dengan semaunya. Penarikan dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan ketentuan dari pihak bank dan dapat Anda sesuaikan dengan keinginan.

Biasanya jangka waktu deposito dimulai dari 3 bulan hingga satu tahun. Dengan menyimpan uang dalam jangka waktu tertentu di deposito, Anda bisa mendapatkan keuntungan mulai dari 5 hingga 8 persen per tahun.

Perlu diketahui pula, jika Anda mengambil uang dalam tabungan deposito sebelum jatuh tempo, Anda akan dikenakan denda. Investasi ini juga termasuk jenis investasi yang paling rendah risiko.

Baca juga:

Logam Mulia

Siapa sih yang tidak tahu emas? Investasi emas nampaknya sudah digeluti sejak zaman dulu. Bahkan, di zaman dulu emas bisa dikatakan sebagai lambang kekayaan loh. Emas sendiri merupakan salah satu logam mulia.

Logam mulia ini biasa digunakan untuk investasi jangka panjang dan cocok untuk pemula. Sistemnya pun sangat sederhana seperti menabung.

Karena emas merupakan investasi jangka panjang, Anda pun tidak boleh terburu-buru menjual disaat harga mulai turun dan berpikir Anda akan rugi besar.

Untuk memulai investasi emas, Anda dapat memulainya dengan satuan yang terkecil. Lalu, seiring berjalannya waktu, gunakanlah berbagai strategi untuk mendapatkan keuntungan lebih.

Reksa Dana

Reksa Dana juga merupakan investasi yang tepat untuk pemula sebab adanya manajer investasi yang dapat membantu mengelola dana para investor.

Reksadana sendiri terdiri dari reksadana saham, reksadana obligasi, dan reksadana pasar uang. 

Bila Anda sudah familiar dengan pembukaan rekening bank, mendaftar investasi reksadana pun sebenarnya mirip ketika membuka rekening di bank tertentu.

Nantinya Anda akan menemui istilah Unit Penyertaan (UP) dan Nilai Aktiva Bersih (NAB). Cara menghitung keuntungan investasi reksadana sebenarnya cukup mudah.

P2P Lending

Selain reksadana, investasi p2p lending kini juga digandrungi oleh investor pemula.

Seperti namanya p2p lending, Anda sebagai investor akan diminta untuk mendanai sebuah usaha. Platform p2p lending sendiri akan menghubungkan pihak pemberi pinjaman (investor) dengan para peminjam melalui platform online. 

Dengan melakukan investasi di P2P Lending, Anda bisa sekaligus membantu pemodalan UMKM di Indonesia loh.

Perlu diingat, pilihlah Peer-to-peer (P2P) Lending yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Saham

Investasi yang cocok untuk pemula selanjutnya adalah saham.

Beberapa tahun terakhir ini, banyak investor pemula yang langsung terjun ke pasar saham, hal ini karena akses terhadap pasar saham kini semakin mudah.

Saat ini juga banyak perusahaan sekuritas yang bisa diakses untuk mendaftar dan mulai berkontribusi terhadap pasar saham.

Keuntungan dari investasi saham yang bisa didapat antara lain dari jual-beli setiap kepemilikan dan juga dividen dari perusahaan yang sahamnya kita miliki.

Sebagai investor pemula, Anda bisa memilih saham-saham blue chip. Karena saham ini umumnya memberikan tingkat resiko lebih terkendali dengan return yang bagus.

(DuniaFintech/ Dinda Luvita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here