28.7 C
Jakarta
Kamis, 16 Juli, 2020

Jenis Aset Kripto yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memulai Investasi

DuniaFintech.com – Istilah cryptocurrency dan aset kripto sering digunakan secara bersamaan. Faktanya, cryptocurrency hanyalah salah satu dari beberapa jenis aset kripto. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu beberapa cryptoassets yang populer diperbincangkan. Berikut ini beberapa jenis aset kriptoperlu Anda ketahui sebelum memulai investasi.

Cryptocurrency

Jenis aset kripto yang paling terkenal adalah cryptocurrency. Mendengar kata cryptocurrency, pasti yang terlintas dipikiran Anda adalah Bitcoin. Ya! Bitcoin memang merupakan salah satu cryptocurrency yang paling banyak diminati. Cryptocurrency seperti Bitcoin sendiri pada dasarnya dirancang memang untuk digunakan dengan cara yang mirip dengan mata uang tradisional dan bertindak sebagai penyimpan nilai ataupun media transfer.

Platform Token

Platform token merupakan aset kriptokelas besar lainnya. Salah satu contoh token platform kripto terbesar di dunia adalah Eter (ETH) dari blockchain Ethereum. Dalam kasus ETH, Anda dapat menggunakan ETH untuk berinteraksi dengan aplikasi yang didesentralisasi di jaringan Ethereum. ETH secara tradisional juga digunakan untuk berpartisipasi dalam ICO (Initial Coin Offering).

Token

Tentunya token merupakan jenis aset kripto lainnya yang juga sering Anda dengar. Ada beberapa jenis token yang perlu Anda ketahui antara lain, Token Utilitas, Token Sekuritas, dan Token Aset Alami. Mari kita bahas sekilas mengenai jenis token tersebut.

Token utilitas

Token Utilitas adalah istilah lain yang banyak digunakan di seluruh komunitas kripto. Secara umum, token utilitas adalah aset blockchain yang dapat diprogram dan diklaim dalam suatu aplikasi. Salah satu contohnya adalah Golem.

Token Sekuritas

Secara umum, token sekuritas adalah obligasi digital asli, ekuitas, dan sekuritas lain yang tersedia untuk peer-to-peer trading tanpa perantara keuangan. Token sekuritas merupakan jenis token yang perlu diatur di bawah hukum sekuritas nasional, misal SEC yang bertanggung jawab mengatur penjualan dan pertukaran sekuritas di Amerika Serikat. Token sekuritas harus berada di bawah yurisdiksi SEC.

Token Aset Alami

Dalam token aset alami, Anda dapat menemukan representasi berbasis blockchain dari barang fisik/berwujud seperti emas, minyak, dan karbon. Aset berbasis blockchain ini pun dapat diperdagangkan dengan mudah. Salah satu contohnya adalah Royal Mint Gold, token emas digital dari Royal Mint yang bermitra dengan Chicago Mercantile Exchange.

Baca juga :

Cryptocollectibles

Cryptocollectibles atau kripto yang dapat dikoleksi. Aset kripto Cryptocollectibles ini pun dapat mempertahankan nilainya dari waktu ke waktu dan dapat menghadirkan peluang yang baik. Salah satu contohnya adalah aplikasi berbasis Ethereum yaitu, CryptoKitties, yang memungkinkan pengguna untuk membeli, membesarkan, dan membiakkan hewan peliharaan virtual yang unik. Perlu diketahui, setiap aset digital berbasis blockchain yang unik dapat diubah menjadi cryptocollectible.

Crypto-fiat Currencies

Jenis aset kripto lainnya adalah Crypto-fiat Currencies (mata uang fiat kripto), mata uang yang nilainya dikendalikan pemerintah. Tujuan crypto-fiat currencies sendiri adalah untuk membuat pasar lebih efisien, merangkul manfaat aset blockchain sambil mengurangi kerugian dari aset fiat. Salah satu contoh mata uang fiat kripto yaitu, Petro yang diluncurkan oleh Venezuela.

(DuniaFintech/ Dinda Luvita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Paypal Hadirkan Layanan Aset Kripto di Platformnya Telah Terkonfirmasi

DuniaFintech.com - Apa benar Paypal hadirkan layanan aset kripto? Hal tersebut kini bukan hanya rumor belaka karena PayPal telah mengkonfirmasi bahwa pihaknya...

Cara Mudah Mendaftarkan Bisnis di Dompet Digital

DuniaFintech.com - Kini tak perlu lagi bingung mencari bagaimana cara mudah mendaftarkan bisnis di dompet digital. Beberapa informasi ini pastinya wajib dibaca,...

Kondisi Ekonomi Indonesia di Masa Pandemi, Apakah Mampu Bertahan Hadapi Krisis?

DuniaFintech.com - Bagaimana kondisi ekonomi Indonesia di masa pandemi? Sebagai salah satu negara dengan perekonomian yang patut diperhitungkan di ASEAN, Indonesia mampu...

Jadi Jutawan di Usia Muda? Inilah yang Harus Dilakukan

DuniaFintech.com - Siapa yang tidak mau jadi jutawan di usia muda, memang masalah uang merupakan hal yang sensitif. Hidup di masa sekarang...

Ethereum Menuju 5 Tahun, Siap jadi Terdepan di DeFi dan Kripto

DuniaFintech.com - Pengembang blockhain ternama, Ethereum telah memasuki usianya yang ke 5 tahun sejak didirikan pada 2015. Menurut para pengamat industri terkait, di...
LANGUAGE