27.2 C
Jakarta
Selasa, 27 Februari, 2024

Jenis Cek Bank yang Penting Diketahui, Intip Yuk di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Jenis cek bank sangat penting diketahui. Cek adalah instrumen keuangan yang diberikan oleh nasabah bank kepada penerima untuk membayar sejumlah uang tertentu dari rekening nasabah tersebut. 

Penting bagi penerima cek untuk memastikan bahwa cek yang mereka terima adalah sah dan dapat dicairkan melalui bank mereka. Bagi pemilik rekening, penting untuk menulis cek dengan hati-hati dan memastikan bahwa ada dana yang cukup di rekening untuk menutup nilai cek yang ditulis.

Nah, untuk lebih memahami tentang jenis cek bank, simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Cek Bank — Jenis Cek Bank 

Cek bank adalah instrumen keuangan yang diberikan oleh nasabah bank kepada penerima (biasanya kepada individu atau perusahaan) sebagai bentuk pembayaran. Cek ini berisi instruksi dari nasabah kepada bank untuk membayar sejumlah uang tertentu kepada penerima cek. Cek bank merupakan alat pembayaran yang umum digunakan untuk melakukan transaksi bisnis, membayar tagihan, atau melakukan pembelian barang dan jasa.

Cara kerja cek bank melibatkan beberapa pihak:

Baca juga: Tips Memilih Kartu Kredit Bank Digital, Jangan Salah Pilih Ya!

ISFF 2023 INDODAX

1. Pembuat Cek (Nasabah Bank)

Nasabah bank adalah orang atau perusahaan yang memiliki rekening bank. Mereka menulis cek sebagai bentuk instruksi kepada bank untuk mentransfer sejumlah uang dari rekening mereka ke rekening penerima cek.

2. Penerima Cek

Penerima cek adalah orang atau perusahaan yang menerima cek sebagai pembayaran. Mereka dapat menguangkan cek tersebut di bank mereka atau menyetorkannya ke rekening bank mereka.

  1. Bank Pembuat Cek

Bank yang diterbitkan cek oleh nasabah disebut bank pembuat cek. Bank ini bertanggung jawab untuk memastikan bahwa dana yang cukup ada di rekening nasabah untuk membayar cek tersebut.

  1. Bank Penerima Cek

Bank tempat penerima cek memiliki rekening disebut bank penerima cek. Penerima cek dapat menguangkan cek tersebut di bank mereka atau menyetorkannya ke rekening mereka.

Jenis Cek Bank

Ada beberapa jenis cek bank yang umum digunakan, di antaranya:

  1. Cek Tertanggal (Dated Check)

Ini adalah cek yang hanya dapat dicairkan pada tanggal tertentu di masa depan. Penerima tidak dapat menguangkan cek ini sebelum tanggal yang tercantum.

  1. Cek Tunai (Cashier’s Check)

Cek ini dikeluarkan oleh bank sendiri dan dijamin oleh bank. Sejumlah uang disetor oleh nasabah, dan bank kemudian mengeluarkan cek atas nama bank itu sendiri. Cek tunai dianggap aman karena dijamin oleh bank.

  1. Cek Bebas Rekening (Bearer Check)

Ini adalah cek yang dapat diuangkan oleh siapa pun yang memegangnya. Biasanya, cek ini tidak ditulis atas nama orang atau organisasi tertentu, melainkan ditulis “kepada pemegang” atau “pemilik cek”. Karena alasan keamanan, penggunaan cek bebas rekening semakin terbatas.

  1. Cek Palsu (Forged Check)

Cek palsu adalah cek yang dikeluarkan tanpa izin atau persetujuan pemilik rekening. Ini adalah bentuk penipuan dan ilegal.

Baca juga: Persyaratan Utang di Bank BRI: Pahami Resiko-Resikonya

Jenis Cek Bank

  1. Cek Tidak Cukup Dana (Bounced Check)

Ini terjadi ketika nasabah menulis cek melebihi saldo yang ada di rekening mereka. Cek ini tidak dapat diuangkan dan penerima akan dikenai biaya oleh bank.

  1. Cek Silang (Crossed Check)

Cek ini memiliki dua garis melintang di sudut kiri atas. Ini menunjukkan bahwa cek harus dicairkan melalui bank dan tidak boleh diuangkan di kas langsung.

  1. Cek Perjalanan (Traveler’s Check)

Cek ini dikeluarkan oleh bank dan dianggap aman untuk digunakan saat bepergian. Mereka dijamin terhadap kehilangan atau pencurian, dan pemiliknya dapat membatalkannya jika cek hilang.

  1. Cek Batal (Canceled Check)

Ini adalah cek yang sudah dicairkan. Setelah cek dicairkan, biasanya bank akan mencatatnya sebagai “batal” dengan mencoretnya dan menyimpannya sebagai catatan.

  1. Cek Lainnya (Special Purpose Check)

Beberapa jenis cek dapat dirancang sesuai kebutuhan, seperti cek bisnis, cek persatuan, atau cek pemerintah.

Baca juga: Pengajuan KUR Bank Mandiri: Syarat hingga Resikonya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE