25.8 C
Jakarta
Kamis, 6 Oktober, 2022

Kebijakan Bappebti Susunan Direksi Perusahaan Kripto Harus WNI

JAKARTA, duniafintech.com – Pemerintah melalui kebijakan Badan Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) menyatakan akan menentukan porsi jajaran direksi perusahaan kripto. Langkah tersebut dilakukan untuk melindungi konsumen dari kasus permasalahan pertukaran kripto.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Respon Pelaku Industri Soal Kebijakan Bappebti! 

Plt. Kepala Bappebti Didid Noordiatmoko menjelaskan pemberlakukan porsi jajaran direksi perusahaan kripto perlu dilakukan karena melihat adanya kasus pertukaran kripto Zipmex. Dia mengungkapkan Zipmex memiliki perusahaan di Thailand, Singapura dan Indonesia. Saat itu, perusahaan Zipmex di Thailand memiliki permasalahan sehingga berdampak terhadap Zipmex di Indonesia.

Oleh karena itu, Didid berencana mengeluarkan kebijakan agar sebanyak 2 per 3 susunan direksi perusahaan kripto Indonesia harus warga negara Indonesia. Langkah tersebut perlu dilakukan apabila terjadi permasalahan, Bappebti dapat melakukan tindakan hukum seperti melakukan cekal.

“Akibatnya masyarakat tidak bisa melakukan withdraw. Kami bergerak untuk memastikan Zipmex, ternyata 3 direksi Zipmex warga negara Singapura dan berkedudukan di Singapura,” kata Didid.

Sementara itu, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengeluarkan kebijakan terkait robot trading, penjualan aset kripto dan perdagangan berjangka. Mengingat banyaknya masyarakat yang melapor karena efek dari perdagangan berjangka tersebut.

Baca juga: Biar Aman, Investor Kripto Disarankan Gunakan Exchange yang Terdaftar di Bappebti

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menjelaskan apabila terjadi masalah dalam perdagangan pasar aset kripto di bursa berjangka, Bappebti akan mengatur permodalan tadinya Rp50 miliar menjadi Rp100 miliar. Langkah tersebut dilakukan agar perusahaan memperhatikan tingkat risiko.

Kemudian, Bappebti juga akan mengatur kategori kegiatan yang dilarang oleh regulator. Sebab Bappebti juga memiliki roadmap sebagai bursa referensi harga. Sehingga bursa berjangka berperan untuk menentukan komoditi unggulan, pengaturan insentif, promosi, sosialisasi dan edukasi.

Artinya, Bappebti akan menerbitkan peraturan pengembangan kontrak berjangka komoditi baru dan menarik sampai dalam hal koordinasi Kementerian dan Lembaga.

Kemudian, untuk jangka menengah bursa referensi harga untuk memberikan kemudahan transaksi komoditi yang berorientasi pada ekspor.

“Mendorong bursa bekerja sama dengan asosiasi dalam rangka penyerahan fisik,” kata Jerry.

Baca juga: Bappebti Ingatkan Artis yang Promosikan Kripto Harus Paham Ketentuan

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asuransi Online Terbaik – Tips Jaga Diri Kala Pancaroba Datang

JAKARTA, duniafintech.com - Asuransi online terbaik menjadi salah satu solusi memproteksi diri kala musim pancaroba datang kerap membawa penyakit. Perubahan cuaca dan suhu udara di...

Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM jadi Fokus Pemerintah

JAKARTA, duniafintech.com - Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM, jadi fokus pemerintah untuk memacu peningkatan produktivitasnya. Bank Indonesia menyampaikan dalam acara perhelatan internasional Presidensi G20,...

Kurs Dollar ke Rupiah Hari Ini di BCA dan BRI, Cek di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, Rabu (5/10/2022), menurut kurs yang tersedia, menguat pada level Rp 15.248 di perdagangan pasar spot. Adapun rupiah...

Pertumbuhan Investor Pasar Modal Asal Sumatera Utara Meningkat 30,41 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - Pertumbuhan investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai  memiliki potensi. Terbukti, investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara...

Berita Bitcoin Hari Ini: Wuih, Bitcoin Kembali ke US$20.000!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini datang dengan kabar menggembirakan. Pasalnya, Bitcoin kembali menyentuh level US$20.000. Sebagai informasi, harga mayoritas kripto utama kembali pada...
LANGUAGE