28.9 C
Jakarta
Kamis, 30 Juni, 2022

Keuntungan Investasi P2P Lending Syariah, Aman & Halal Lho!

JAKARTA, duniafintech.com – Investasi P2P Lending Syariah menjadi jalan alternatif untuk meningkatkan pendapatan keuangan dan juga keuntungan. Kini sudah banyak tempat yang bisa digunakan untuk investasi, termasuk P2P lending syariah. Umumnya objek yang akan didanai dari P2P lending syariah adalah UMKM hingga konstruksi pembangunan.

Setiap kegiatan investasi berguna untuk mendanai suatu kegiatan usaha. Hal ini bisa anda implementasikan pada platform fintech P2P lending syariah. Fintech P2P lending syariah tak hanya menawarkan produk pembiayaan saja, tetapi juga investasi sesuai prinsip syariah.

Baca juga: Investasi P2P Lending Syariah, Halal dan Wajib Dicoba!

Keuntungan Investasi P2P Lending Syariah

Berinvestasi sesuai syariah tentunya memberikan ketenangan sendiri bagi investor muslim. Hal ini karena kehalalan transaksinya serta imbal hasil yang diperhitungkan secara adil dan seimbang. Untuk mengetahui keuntungan berinvestasi di P2P lending syariah, anda bisa menyimak pembahasannya berikut ini.

1. Tingkat Keamanannya Terjamin

P2P lending syariah yang aman adalah yang sudah resmi terdaftar OJK. Hal ini menjadi acuan bahwa P2P lending syariah tersebut sudah memenuhi syarat legalitas usaha. Sehingga beredarnya P2P lending syariah sebagai financial technology yang resmi, tentu akan terjamin keamanannya, baik keamanan transaksi serta keamanan data pengguna.

2. Imbal Hasil dengan Perhitungan Halal

Karena P2P lending syariah menggunakan prinsip yang berlandaskan syariat islam, maka sistem yang digunakan pun sudah ada jaminan kehalalan. Seperti penggunaan akad muamalah dalam perhitungan imbal hasil investasi yang dihitung secara adil dan menghindari adanya riba.

3. Investor Berkontribusi Mendanai UMKM

Investasi tidak hanya sekedar mencari keuntungan dari modal yang ditanamkan pada P2P lending syariah. Melainkan juga memberikan manfaat kepada borrower selaku peminjam dana pembiayaan. Dana pembiayaan tersebut berguna untuk menambah modal para pelaku UMKM dan adapula yang digunakan untuk kegiatan produktif lainnya.

4. Pendanaan Terarah Sesuai Target

Salah satu keuntungan berinvestasi pada P2P lending syariah, dana yang anda salurkan akan diarahkan sesuai target. Contohnya pada fitur marketplace, dimana anda bisa menemukan borrower pilihan anda dengan kriteria yang tepat. Misal pembiayaan yang diajukan untuk modal usaha, maka anda bisa membantu mendanai borrower tersebut.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa anda peroleh dari berinvestasi di P2P lending syariah. Keamanan serta kehalalan transaksi investasi sudah terjamin. Hal ini telah diatur oleh Fatwa DSN-MUI dengan pengawasan Dewan Pengawas Syariah serta perizinan dan regulasi yang dikeluarkan oleh OJK.

Keuntungan Investasi P2P Lending Syariah

Kok Bisa Untung Jika Berinvestasi di P2P Lending Syariah?

Pertanyaan yang sering muncul yakni dari mana keuntungan yang akan diperoleh jika berinvestasi di P2P lending syariah? Jawabannya dari imbal hasil. Imbal hasil sendiri diperoleh ketika fintech memiliki pendapatan dari kegiatan usahanya. Berikut lebih detail dari investasi P2P lending syariah.

1. Cara Kerja Instrumen Investasi P2P Lending Syariah

Investasi P2P lending syariah memiliki beberapa alur instrument penting dalam keberlangsungan kegiatan pendanaan. Beberapa alur instrument tersebut diantaranya :

a. Pemodal, bisa dikatakan sebagai lender atau investor.

b. Penerima modal, atau dikatakan sebagai borrower.

c. Kedua pihak menggunakan aplikasi P2P lending syariah dan registrasi dengan identitas aslinya.

d. Investor akan mendanai dengan mentransfer dana ke akun P2P lending syariah.

e. Sebelum menyalurkan dana investasi, investor bisa mencari portofolio para borrower yang akan didanainya melalui menu marketplace yang tersedia di aplikasi.

f. Investor bisa menganalisis dan memilih borrower yang terpercaya.

g. Jika sudah, investor bisa langsung mengirim pendanaan kepada borrower yang dipilih.

h. Investor akan memperoleh imbal hasil sesuai dengan jangka waktu tertentu dan dapat diambil kapan saja.

Baca juga: Tips Memilih P2P Lending Syariah Buat Suntikan Dana Modal Usaha

2. Keuntungan Investasi P2P Lending Syariah

Dalam kegiatan berinvestasi, pasti akan memiliki risiko tergantung besarnya dana yang diinvestasikan. Semakin besar dana yang anda investasikan, maka semakin besar pula risikonya. Hal ini termasuk keuntungan yang akan anda peroleh, walaupun risiko besar, tetapi keuntungan imbal hasil yang anda dapatkan pun maksimal.

Keuntungan lainnya dari berinvestasi P2P lending syariah adalah akad yang digunakan berprinsip sesuai syariat islam. Dana investasi yang dikumpulkan akan disalurkan tepat pada sasarannya. Jadi anda tak perlu khawatir lagi berinvestasi di P2P lending syariah yang resmi terdaftar OJK.

Itulah pembahasan mengenai keuntungan investasi P2P lending syariah yang perlu anda ketahui. Dengan berinvestasi di P2P lending syariah, anda tak hanya mendapat imbal hasil saja. Akan tetapi anda akan memberikan manfaat dengan berkontribusi membantu masyarakat mengembangkan usahanya lewat modal dana.

Baca juga: Manfaat P2P Lending Syariah, Solusi Halal Pembiayaan UMKM

 

Editor: Rahmat Fitranto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Kabar Baik, Sri Mulyani Cairkan Gaji ke-13 Dengan Tunjangan Kinerja ASN Mulai 1 Juli

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani akan mencairkan gaji ke-13 untuk para Aparatur Sipi Negara (ASN) dan pensiunan yang juga meliputi tambahan...

Berlaku 1 Juli, Beli Pertalite di 11 Daerah Ini Wajib Daftar MyPertamina 

JAKARTA, duniafintech.com - Mulai 1 Juli 2022, PT Pertamina (Persero) mewajibkan masyarakat yang membeli Pertalite dan solar subsidi di SPBU mendaftar terlebih dahulu di...

Parah Banget! Bandar Kripto Ini Tak Mampu Bayar Utang Senilai Rp 9,9 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - Perusahaan pengelola dana (hedge fund) kripto terkemuka yakni Three Arrows Capital resmi dinyatakan gagal bayar pinjaman atau utang senilai lebih dari...

Ada Kemajuan, Jaringan Cardano Digadang-gadang Bakal Dominasi Marketplace NFT Masa Depan

JAKARTA, duniafintech.com – Sejak sukses meluncurkan smart contract-nya pada tahun lalu, lebih dari 1000-an proyek masuk ke jaringan Cardano. Kali ini, penggemar NFT, Goofy...

Rencana Investasi P2P Lending Syariah Untuk Renovasi Rumah

JAKARTA, duniafintech.com - Investasi di instrumen P2P Lending Syariah memberi peluang tepat untuk banyak tujuan. Maka dari itu investasi di sektor P2P Lending syariah...
LANGUAGE