31 C
Jakarta
Rabu, 28 Februari, 2024

Kredit Dana Pendidikan Terbaik yang Bisa Dipertimbangkan, Cek Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Kredit dana pendidikan adalah fasilitas pinjaman yang diberikan oleh bank/lembaga keuangan untuk membiayai kebutuhan pendidikan.

Tujuan kredit dana pendidikan adalah untuk membantu individu atau mahasiswa memenuhi biaya pendidikan mereka, seperti biaya kuliah, buku, peralatan, biaya hidup, dan lainnya.

Nah, untuk lebih memahami apa itu kredit dana pendidikan, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Pinjaman Pendidikan dari Bank, Intip Nih Daftar Rekomendasinya!

Apa Itu Kredit Dana Pendidikan

Seperti disinggung di atas, kredit dana pendidikan adalah bentuk pinjaman yang disediakan oleh lembaga keuangan atau lembaga pemberi pinjaman untuk membantu pembiayaan pendidikan seseorang. 

Kredit dana pendidikan dirancang untuk memberikan akses keuangan kepada individu yang ingin mengejar pendidikan tinggi atau pendidikan lanjutan. Ini dapat mencakup siswa sekolah menengah yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan sarjana atau pascasarjana, atau individu yang ingin mengikuti program pendidikan atau pelatihan tertentu.

Kredit dana pendidikan beroperasi sebagai pinjaman, yang berarti bahwa penerima kredit harus mengembalikan jumlah yang dipinjam beserta bunga yang dikenakan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang disepakati. Pinjaman tersebut biasanya memiliki jangka waktu tertentu yang ditentukan dan mungkin memiliki suku bunga tetap atau berubah sepanjang masa pinjaman.

Kredit dana pendidikan dapat diberikan oleh berbagai lembaga keuangan, termasuk bank, koperasi kredit, lembaga keuangan mikro, dan lembaga pemberi pinjaman pendidikan khusus. Penerima kredit harus memenuhi persyaratan tertentu yang ditetapkan oleh pemberi pinjaman, seperti persyaratan kredit, jaminan, atau persyaratan lainnya.

Kredit dana pendidikan dapat digunakan untuk membiayai berbagai komponen pendidikan, seperti biaya pendaftaran, biaya kuliah, buku dan materi pembelajaran, peralatan pendidikan, biaya hidup, transportasi, dan keperluan sehari-hari selama masa pendidikan.

Setelah selesai pendidikan atau setelah jangka waktu tertentu, penerima kredit harus mulai mengembalikan pinjaman secara berkala sesuai dengan ketentuan yang disepakati. Biasanya, pembayaran dilakukan dalam bentuk angsuran bulanan dengan jumlah tetap yang mencakup pokok pinjaman dan bunga yang dikenakan.

Saat mempertimbangkan kredit dana pendidikan, penting untuk memperhatikan biaya pinjaman dan suku bunga yang dikenakan. Berbagai pemberi pinjaman dapat menawarkan tingkat bunga, biaya administrasi, dan persyaratan pembayaran yang berbeda. Memahami dan membandingkan opsi yang tersedia dapat membantu Anda membuat keputusan yang bijaksana.

Keuntungan Kredit Dana Pendidikan

Berikut adalah beberapa keuntungan yang dapat Anda peroleh dengan menggunakan kredit dana pendidikan:

  1. Akses ke Pendidikan

Kredit dana pendidikan memberikan akses keuangan kepada individu yang tidak memiliki sumber daya finansial yang cukup untuk membiayai pendidikan mereka. Ini memungkinkan Anda untuk mengejar pendidikan tinggi atau pendidikan lanjutan yang mungkin tidak dapat Anda raih tanpa bantuan keuangan.

  1. Fleksibilitas Pembayaran

Kredit dana pendidikan umumnya menawarkan jangka waktu pembayaran yang panjang dan fleksibel. Ini memberi Anda kemampuan untuk mengatur pembayaran 

sesuai kemampuan keuangan Anda, terutama setelah Anda menyelesaikan pendidikan dan memulai karir. Anda dapat membayar kredit secara berkala dengan angsuran bulanan yang terjangkau.

  1. Bunga yang Kompetitif

Beberapa lembaga pemberi pinjaman pendidikan menawarkan suku bunga yang kompetitif untuk kredit dana pendidikan. Ini dapat membantu Anda mengurangi biaya pinjaman dan mengelola pembayaran yang lebih terjangkau.

  1. Pengembangan Keahlian

Dengan menggunakan kredit dana pendidikan, Anda dapat mengikuti program pendidikan atau pelatihan yang dapat meningkatkan keahlian dan pengetahuan Anda di bidang tertentu. Ini dapat meningkatkan prospek karir Anda dan memberikan manfaat jangka panjang dalam hal penghasilan dan kesempatan kerja.

  1. Perluasan Jaringan

Melalui pendidikan yang didanai oleh kredit dana pendidikan, Anda memiliki kesempatan untuk bertemu dengan rekan-rekan sejawat dan dosen yang berbagi minat dan tujuan serupa. Ini dapat membantu memperluas jaringan profesional Anda dan membangun hubungan yang berharga untuk masa depan.

  1. Investasi dalam Diri Sendiri

Kredit dana pendidikan dapat dianggap sebagai investasi dalam diri sendiri. Dengan memperoleh pendidikan yang berkualitas, Anda dapat meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan kualifikasi yang dapat membuka pintu menuju peluang karir yang lebih baik dan penghasilan yang lebih tinggi.

Daftar Kredit Dana Pendidikan Terbaik

1. Dana Cita

Dana Cita merupakan penyedia pinjaman dana pendidikan terjangkau untuk membayar biaya kuliah maupun kursus kejuruan yang dapat digunakan di institusi pendidikan yang telah bekerja sama. Beberapa di antaranya seperti Universitas Tarumanegara, Institut Teknologi PLN, President University, STMIK Kharisma Karawang, Universitas Bina Nusantara, STMA Trisakti, dan banyak lagi.

Pinjaman ini bisa kamu ajukan sendiri jika kamu sudah berusia 21 tahun ke atas. Sedangkan untuk siswa yang berusia di bawah 21 tahun, membutuhkan wali untuk mengajukan pinjaman tersebut. Syarat lain yang perlu dilengkapi antara lain foto identitas diri, bukti penghasilanmu atau wali, profil wali, dan bukti tagihan kampus atau kursus. Untuk pengajuannya, kamu bisa mengunjungi situs danacita.co.id untuk selanjutnya masuk ke proses verifikasi diri dan pengajuan pinjaman.

Baca juga: Pinjaman Dana Pendidikan Syariah, Simak Kelebihan dan Rekomendasinya

Kredit Dana Pendidikan

Jika pinjaman diterima, pembayaran cicilan tiap bulan wajib kamu lakukan. Tenor maksimal yang diberikan mulai dari 12 bulan hingga 24 bulan. Suku bunga yang dipatok yakni 1 sampai 1,75% per bulan flat dari jumlah pinjaman, serta ada biaya persetujuan sebesar 3% dari jumlah pinjaman, dan juga denda 6% untuk keterlambatan membayar cicilan.

2. Pintek

Kedua, ada Pintek yang menyediakan jasa pinjaman dana pendidikan terjangkau yang dapat membiayai tingkat SD sampai SMA, kuliah maupun kursus. Sama seperti Dana Cita, Pintek hanya memberikan pinjaman untuk institusi pendidikan yang bekerjasama dengannya. Misalnya seperti LSPR Jakarta, UTA’45, Esmod Jakarta, LP3I, Merry Riana Learning Centre, Wall Street English, Star Hotel Institute, dan masih banyak lagi.

Keunggulan produk pinjaman online di situs Pintek.id ini adalah suku bunga yang ringan, bahkan hingga 0% di beberapa institusi. Namun, untuk suku bunga secara umum dipatok mulai dari 1,50 persen flat per bulan dengan biaya admin 1 persen dari total pinjaman yang diambil. Pengajuannya bisa dilakukan oleh wali siswa atau mahasiswa itu sendiri yang memiliki penghasilan tetap. Juga melampirkan KTP, Kartu Keluarga, NPWP, mutasi rekening 3 bulan terakhir, slip gaji, dan surat izin usaha (jika ada).

Jika dokumen sudah dilengkapi, petugas akan memverifikasi data selama 3 sampai 4 hari kerja, untuk menentukan apakah pengajuan pinjaman diterima atau ditolak. Pintek sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga reputasi dan integritasnya terpercaya.

  1. Briguna Pendidikan Bank BRI

Untuk pinjaman dana pendidikan terjangkau dari lembaga bank, BRI memiliki Briguna Pendidikan. Produk pinjaman yang satu ini dikhususkan bagi mahasiswa S2 atau S3 yang memiliki penghasilan tetap. Jadi, pengajuannya tidak bisa diwakilkan oleh wali. Tawaran plafon yang diberikan mulai dari Rp75 juta hingga Rp250 juta dengan bunga 0,65% hingga 0,72% dan masa tenor maksimal hingga 10 tahun.

  1. Kredit Pendidikan BTN

Rekomendasi pinjaman dana pendidikan terjangkau yang terakhir adalah dari Bank BTN. Pinjaman ini bisa diajukan mahasiswa itu sendiri atau wali/orang tua yang ingin membayar biaya pendidikan anaknya di tingkat sekolah maupun kuliah. Yang terpenting, calon debitur memiliki penghasilan tetap dan melengkapi syarat lainnya. Bunga yang patok yakni 6,5% per tahun, dengan masa tenor hingga 5 tahun

Dengan plafon pinjaman hingga Rp200 juta, tergantung dari kesanggupan membayar yang disesuaikan dengan besaran pendapatan. Namun, ada persyaratan yang mesti kamu ketahui, yaitu calon debitur adalah WNI yang merupakan nasabah Bank BTN, memiliki riwayat angsuran lancar, wajib menjadi debitur Kredit Pemilikan Rumah (KPR) BTN minimal satu tahun, atau menjadi debitur Kredit Agunan Rumah (KAR) BTN minimal dua tahun.

Baca juga: Cara Pengajuan Kredit Pinjaman Untuk Pendidikan: Pasti Lolos Verifikasi!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE