25.6 C
Jakarta
Kamis, 19 Mei, 2022

Mulai Investasi Emas di Tengah Pandemi? Simak Tips Berikut Ini!

DuniaFintech.com – Bagi Anda yang baru mulai investasi emas saat pandemi ini, jangan membeli dulu. Simak beberapa tips dan trik sebelum mulai investasi emas!

Pandemi yang berlangsung membuat banyak aset mengalami kenaikan harga. Tidak hanya Bitcoin, emas yang dianggap sebagai safe haven juga menjadi pilihan bagi para investor untuk ‘melarikan’ uangnya di tengah ketidakpastian ekonomi global.

Dengan harganya yang terus melonjak, emas menjadi incaran banyak orang, termasuk mereka yang belum pernah investasi emas sebelumnya.

Mau mulai investasi emas? Ini yang perlu dilakukan!

  1. Cek Harga Emas Hari Ini

Sebelum membeli emas, penting bagi calon investor untuk mengetahui pergerakan harga emas. Pakar investasi menyarankan untuk membeli emas ketika harganya cenderung turun dan menjualnya saat harganya sedang naik. Dengan melihat harga emas hari ini dan hari-hari selanjutnya, Anda bisa membaca tren pergerakannya.

Jika tren masih cenderung bergerak naik, ada baiknya tahan dulu uang Anda sampai harga emas kembali turun. Jika sudah turun, saatnya untuk mulai berinvestasi.

Baca Juga:

  1. Perhatikan Nilai Buy Back

Perlu diketahui bahwa harga jual dan harga beli emas tidak akan pernah sama nilanya. Jika Anda melihat harga emas hari ini, harga tersebut biasanya merupakan harga yang harus Anda bayar jika ingin membeli emas.

Tapi jika Anda ingin menjual, yang harus dilihat adalah harga buy back-nya. Perbedaan harga jual dengan harga beli ini biasanya cukup besar dan kerap mengecoh investor baru.

Jika Anda ingin menjual emas, pastikan nilai buy back hari ini lebih tinggi ketimbang harga ketika Anda membelinya. Dengan begitu, Anda akan memperoleh keuntungan yang diharapkan. 

  1. Lakukan Satu atau Dua Tahun Lagi

Meski harga emas sedang naik, pakar investasi justru tidak menyarankan Anda memulai investasi emas saat ini. Perencana Keuangan Andi Nugroho menyebut bahwa investasi emas sebaiknya dilakukan satu atau dua tahun dari sekarang.

Hal ini demi menghindari kerugian karena Anda membeli emas pada titik ketika harga sedang tinggi-tingginya.

Pada dasarnya, harga emas akan mengalami kenaikan dalam jangka panjang. Karena itu, pastikan Anda menjadikan instrumen ini untuk memenuhi kebutuhan keuangan jangka panjang Anda. Dengan begitu, keuntungan investasi yang diharapkan pun bisa tercapai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Lagi Cari Cara Investasi Emas dengan Mudah? Simak Ulasannya di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Cara investasi emas dengan mudah, apakah ada? Tentu saja. Ada banyak cara berinvestasi emas yang tersedia saat ini dan Anda bisa...

Yuk Dicoba! Panduan Cara Mengecek Taspen dengan Mudah

JAKARTA, duniafintech.com – Panduan cara mengecek Taspen sangat diperlukan oleh masyarakat, khususnya bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN)—disebut juga Pegawai Negeri Sipil (PNS). Seperti diketahui,...

Ekuitas Pemegang Saham: Klasifikasi hingga Komponennya

JAKARTA, duniafintech.com – Secara umum, pengertian ekuitas pemegang saham adalah nilai aset atau sejumlah uang yang akan diberikan oleh perusahaan kepada pemilik saham ketika...

Mudah! Begini Cara Blokir ATM BCA yang Hilang atau Tertelan

JAKARTA, duniafintech.com – Cara blokir ATM BCA berikut ini penting diketahui oleh Anda yang kebetulan kartu ATM-nya hilang atau tertelan ketika melakukan transaksi. Adapun...

Pasti Laris Manis! Yuk Ikuti Cara Posting Jualan di Facebook Berikut Ini

JAKARTA, duniafintech.com – Cara posting jualan di Facebook memang banyak dicari oleh para penjual di lapak-lapak online yang tersedia di salah satu platform media...
LANGUAGE