30.3 C
Jakarta
Minggu, 26 Juni, 2022

Produk P2P Lending Syariah Apa Saja? Catat ini Ya Guys!

JAKARTA, duniafintech.com – Apa saja sih jenis produk P2P Lending Syariah? Pasti kalian semua masih ada yang suka bertanya-tanya soal ini ya. Kali ini tim DuniaFintech.com akan mengupas tuntas apa saja sih jenis produk P2P Lending Syariah.

Fintech P2P lending syariah secara resmi diperbolehkan beredar di Indonesia. Hal ini mengacu pada fatwa yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia yang diatur dalam DSN-MUI No.117/DSN-MUI/II/2018. Selain itu, OJK juga telah merilis beberapa perusahaan P2P lending berbasis syariah.

Baca juga: Rekomendasi Ide Bisnis Kekinian 2022 dengan Modal Rp1 Juta

Keuntungan Investasi P2P Lending Syariah

Berinvestasi sesuai syariah tentunya memberikan ketenangan sendiri bagi investor muslim. Hal ini karena kehalalan transaksinya serta imbal hasil yang diperhitungkan secara adil dan seimbang. Untuk mengetahui keuntungan berinvestasi di P2P lending syariah, anda bisa menyimak pembahasannya berikut ini.

1. Tingkat Keamanannya Terjamin

P2P lending syariah yang aman adalah yang sudah resmi terdaftar OJK. Hal ini menjadi acuan bahwa P2P lending syariah tersebut sudah memenuhi syarat legalitas usaha. Sehingga beredarnya P2P lending syariah sebagai financial technology yang resmi, tentu akan terjamin keamanannya, baik keamanan transaksi serta keamanan data pengguna.

2. Imbal Hasil dengan Perhitungan Halal

Karena P2P lending syariah menggunakan prinsip yang berlandaskan syariat islam, maka sistem yang digunakan pun sudah ada jaminan kehalalan. Seperti penggunaan akad muamalah dalam perhitungan imbal hasil investasi yang dihitung secara adil dan menghindari adanya riba.

3. Investor Berkontribusi Mendanai UMKM

Investasi tidak hanya sekedar mencari keuntungan dari modal yang ditanamkan pada P2P lending syariah. Melainkan juga memberikan manfaat kepada borrower selaku peminjam dana pembiayaan. Dana pembiayaan tersebut berguna untuk menambah modal para pelaku UMKM dan adapula yang digunakan untuk kegiatan produktif lainnya.

4. Pendanaan Terarah Sesuai Target

Salah satu keuntungan berinvestasi pada P2P lending syariah, dana yang anda salurkan akan diarahkan sesuai target. Contohnya pada fitur marketplace, dimana anda bisa menemukan borrower pilihan anda dengan kriteria yang tepat. Misal pembiayaan yang diajukan untuk modal usaha, maka anda bisa membantu mendanai borrower tersebut.

Baca juga: P2P Lending Syariah Indonesia, Alternatif Para Milenial untuk Mulai Bisnis

Produk P2P Lending Syariah

Produk P2P Lending Syariah, apa saja?

P2P lending syariah mampu memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat. Dimana anda akan terbantu akan adanya produk pembiayaan. Bagi lender, anda akan memperoleh imbal hasil yang menguntungkan. Namun sebelum itu, anda perlu mengetahui beberapa jenis produk P2P lending syariah sebagai berikut.

1. Purchase Order

Purchase order merupakan pembiayaan yang ditujukan untuk pengadaan barang pesanan dari phak ketiga. Pembiayaan ini dapat diajukan oleh borrower melalui fitur marketplace di P2P lending syariah. Adapun akad yang digunakan adalah wakalah atau perwakilan.

2. Online Seller

Online seller merupakan salah satu jenis pembiayaan bagi para pelaku usaha online melalui marketplace atau e-commerce. Pembiayaan ini biasanya disediakan oleh e-commerce yang bekerjasama dengan P2P lending syariah. Adapun akad yang digunakan adalah wakalah bil ujrah.

3. Payment Gateway

Payment gateway menjadi produk P2P lending syariah yang diberikan kepada pebisnis online yang bekerjasama dengan pembayaran gateway. Jenis pembiayaan ini sangat memudahkan borrower untuk melangsungkan bisnis onlinenya.

4. Pembiayaan Berbasis Community

Pembiayaan berbasis community ini ditujukan kepada suatu komunitas atau organisasi yang membutuhkan pembiayaan dana. Pembiayaan ini biasanya akan dikoordinasikan oleh para pengurus community yang telah bekerjasama dengan perusahaan P2P lending syariah.

5. Invoice Financing

Invoice financing merupakan pembiayaan dalam bentuk anjak piutang, dimana seorang borrower mengajukan pembiayaan atas tagihan yang dimilikinya. Dari tagihan tersebut, digunakan P2P lending syariah untuk memperoleh pendanaan dari funder agar tagihan bisa terbayarkan. Maka borrower hanya tinggal membayar angsuran perbulannya.

Itulah jenis-jenis produk yang ada dalam P2P lending syariah. Pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan anda. Apakah itu untuk pembiayaan UMKM, konsumtif atau kebutuhan produktif lainnya. Perhatikan pula dalam memilih fintech P2P lending syariah, pilih yang resmi terdaftar OJK.

Baca juga: Tips Memilih P2P Lending Syariah Buat Suntikan Dana Modal Usaha

 

Editor: Rahmat Fitranto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Estimasi Biaya Laparoskopi, Mahal Enggak Ya?

JAKARTA, duniafintech.com – Estimasi biaya laparoskopi di rumah sakit memang terbilang cukup menguras kantong, bahkan bisa mencapai puluhan juta. Laparoskopi sendiri adalah tindakan medis berupa...

Sesuai Syariat Islam, Begini Prinsip P2P Lending Syariah

JAKARTA, duniafintech.com - Pastinya P2P lending sudah tidak asing lagi di telinga, bukan? Seiring perkembangan zaman dan teknologi, dunia fintech syariah terus mengalami peningkatan....

Memahami Mekanisme P2P Lending Syariah, Simak Ulasannya di Sini

JAKARTA, duniafintech.com - Mekanisme P2P lending syariah patut menjadi pemahaman bagi masyarakat. P2P lending terus mengalami perkembangan yang pesat. Hal ini karena kebutuhan setiap...

Waduh Nasib-nasib! Hacker Berhasil Gasak Rp 1,48 T dari Perusahaan Kripto AS

JAKARTA, duniafintech.com - Koin digital senilai US$100 juta koin atau sekitar Rp1,482 triliun diklaim dibobol hacker alias peretas dari perusahaan kripto Amerika Serikat (AS)...

Perkenalkan Smartphone Saga, Solana Picu Beragam Reaksi dari Komunitas Kripto

JAKARTA, duniafintech.com - Tim Solana membagikan kabar bahwa akan meluncurkan smartphone Aa ga sebagai proyek terbaru pengembang Web3, Solana Mobile Stack. Komunitas kripto menyambut perkembngan...
LANGUAGE