25.6 C
Jakarta
Minggu, 3 Maret, 2024

Rekomendasi Bank untuk Menabung 2024 Terbaik Bebas Biaya Admin

Rekomendasi bank untuk menabung apa saja yang bisa dicoba? Salah satu produk perbankan yang masih menjadi favorit di kalangan nasabah adalah tabungan. 

Hal itu disebabkan oleh daya tariknya sebagai pilihan yang aman dan praktis. Tabungan menawarkan keamanan dan kemudahan tanpa kerumitan yang berlebihan. Selain itu, faktor kualitas layanan dan kemudahan dalam bertransaksi sering kali menjadi pertimbangan utama saat memilih produk tabungan.

Meskipun demikian, beberapa orang mungkin belum sepenuhnya memahami jenis rekening tabungan mana yang paling sesuai dengan tujuan mereka. Beberapa nasabah, terutama yang melakukan transaksi dengan nominal kecil, sering kali terjebak dengan produk tabungan yang memberlakukan biaya administrasi yang cukup tinggi.

Akibatnya, mereka merasa kesulitan karena saldo rekening mereka perlahan-lahan berkurang akibat tergerus oleh biaya administrasi yang dikenakan. Namun, di sisi lain, terdapat jenis-jenis tabungan yang tidak membebankan biaya administrasi. 

Untuk mengetahui rekomendasi bank untuk menabung tanpa biaya administrasi, simak ulasannya berikut ini, seperti dikutip dari Qoala.

Baca juga: Bunga Deposito Bank Digital Tertinggi ini Rekomendasinya

Rekomendasi Bank untuk Menabung

Rekomendasi Bank untuk Menabung

Seperti yang kita ketahui, tabungan memiliki manfaat yang signifikan untuk masa depan, seperti untuk pendidikan, kepemilikan rumah, kendaraan, pernikahan, perjalanan ke luar negeri, dan tujuan lainnya. Selain itu, menabung di bank sangat disarankan dibandingkan menyimpan uang di rumah. Hal ini karena menabung di bank dapat mengurangi risiko kehilangan, kerusakan, dan potensi risiko lain terhadap uang yang disimpan.

Berikut adalah beberapa bank terbaik di Indonesia yang perlu dipertimbangkan sebelum membuka rekening tabungan dan menjadi rekomendasi bank untuk menabung. Rincian lengkap rekomendasi bank untuk menabung dapat ditemukan di bawah ini.

1. Bank Mandiri

Rekomendasi rekomendasi bank untuk menabung yang pertama adalah Bank Mandiri, yang awalnya merupakan bank swasta dan kini telah menjadi bagian dari BUMN. Sebagai bank terbesar di Indonesia dalam hal aset, pinjaman, dan deposit, Bank Mandiri, yang berpusat di Jakarta, menawarkan berbagai produk tabungan, dengan Tabungan Rupiah Bank Mandiri menjadi pilihan utama para nasabah.

Untuk membuka rekening tabungan di Bank Mandiri yang menjadi salah satu rekomendasi bank untuk menabung ini, nasabah dapat dengan mudah mengunjungi kantor cabang terdekat, membawa persyaratan berupa KTP, dan melakukan setoran awal sebesar Rp250.000. Dengan lebih dari 2400 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, Bank Mandiri sebagai rekomendasi bank untuk menabung memberikan kemudahan akses bagi nasabah untuk melakukan transaksi perbankan di berbagai lokasi. Produk tabungan terbaik yang ditawarkan oleh Bank Mandiri mencakup beragam pilihan yang sangat bermanfaat bagi para calon nasabah. Apa saja pilihannya? Berikut adalah rekomendasi produk tabungan dari Bank Mandiri.

Mandiri Tabungan

Salah satu produk unggulan dari Bank Mandiri sebagai rekomendasi bank untuk menabung yang ditujukan untuk nasabah yang ingin menabung adalah Tabungan Rupiah Bank Mandiri. Keunggulan dari produk ini meliputi kemudahan penyetoran dan penarikan yang dapat dilakukan di seluruh cabang Mandiri. Selain itu, nasabah juga akan mendapatkan Mandiri debit yang dapat digunakan di berbagai mesin ATM, termasuk yang berlogo PLUS/Visa/Visa Electron, ATM Bersama, dan ATM berlogo LINK, baik di dalam maupun luar negeri.

Manfaat tambahan yang diberikan kepada nasabah Tabungan Rupiah Bank Mandiri sebagai rekomendasi bank untuk menabung adalah keikutsertaan dalam program fiesta poin, sebuah program loyalitas dari Bank Mandiri. Poin tersebut diperoleh dari saldo rata-rata dan transaksi yang dilakukan oleh nasabah. Fiesta poin ini dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik seperti gadget, kendaraan, voucher belanja, pulsa, dan lainnya. Dengan demikian, Tabungan Rupiah Bank Mandiri tidak hanya memberikan keamanan dalam menabung tetapi juga memberikan sejumlah keuntungan dan insentif yang menarik bagi nasabahnya

Syarat dan Ketentuan:

  • Setoran awal minimal Rp500.000.
  • Menyerahkan kartu identitas: KTP (untuk WNI), Paspor dan KIMS/KITAS/KITAP (untuk WNA)

Catatan:

  • KTP DKI Jakarta dapat digunakan untuk membuka rekening di seluruh cabang Bank Mandiri yang beroperasi di wilayah DKI Jakarta.
  • KTP non-DKI Jakarta hanya dapat digunakan untuk membuka rekening di Bank Mandiri yang beroperasi di wilayah Pemda penerbit KTP.
  • Apabila digunakan untuk membuka rekening tabungan di luar wilayah KTP setempat, wajib melampirkan Surat Keterangan Domisili atau Surat Keterangan Kerja.

Biaya Administrasi dan Biaya Lain:

  • Biaya administrasi per bulan: Rp11.500.
  • Penalti karena saldo minimum per bulan (Saldo < Rp100.000): Rp5.000/bulan.
  • Penalti karena rekening pasif (saldo<Rp50.000 selama 3 bulan berturut-turut): Rp5.000/bulan.
  • Biaya penutupan rekening: Rp50.000.
  • Penggantian buku gratis karena sudah terisi penuh di cabang pengelola dan cabang pelaksana.
  • Penggantian buku karena rusak: Rp5.000.
  • Penggantian buku karena hilang: Rp15.000.
  • Setoran beda cabang (tujuan ke luar kota) tanpa biaya (gratis).
  • Penarikan beda cabang (rekening luar kota) via teller: Rp2.500.
  • Penarikan sama dengan atau kurang dari Rp5.000.000 via teller: Rp5.000.
  • Pemindahbukuan sama dengan atau kurang Rp5.000.000 via teller: Rp2.500.

Mandiri Tabungan Rencana

Tabungan Mandiri jenis ini sebagai rekomendasi bank untuk menabung memudahkan nasabah dalam menabung melalui sistem autodebet langsung setiap bulan. Dengan fitur ini, nasabah yang mengalami kesulitan dalam menyisihkan sebagian pendapatannya untuk menabung dapat merasakan bantuan yang signifikan. Keuntungan utama dari jenis tabungan ini adalah adanya kebijakan biaya administrasi yang gratis.

Selain itu, nasabah memiliki fleksibilitas dalam menentukan dan mengubah setoran bulanannya, dimulai dari nominal sebesar Rp100.000 atau USD10 per bulan. Jangka waktu yang ditawarkan juga sangat fleksibel, mulai dari 1 hingga 20 tahun. Tak hanya itu, nasabah juga mendapatkan manfaat perlindungan asuransi dengan nilai mencapai Rp5 juta atau US$500 per bulan. Dengan demikian, tabungan ini tidak hanya memberikan kemudahan proses menabung, tetapi juga menawarkan sejumlah keunggulan yang dapat diakses oleh nasabah.

Syarat Membuka Tabungan

  • Nasabah berusia minimal 18 tahun, maksimal 70 tahun saat Mandiri Tabungan Rencana jatuh tempo.
  • Memiliki Mandiri Tabungan atau Mandiri Giro.
  • Mengisi formulir aplikasi pembukaan Mandiri Tabungan Rencana.

Deposito Bank Mandiri

Dalam hal investasi deposito, Bank Mandiri sebagai rekomendasi bank untuk menabung memiliki kesamaan dengan BCA dengan menawarkan suku bunga sebesar 3,5% untuk semua nilai simpanan dan tenor. Namun, untuk deposito rupiah yang dibayar di muka, Bank Mandiri menyajikan suku bunga sebesar 3,48% untuk tenor 1 bulan pada semua nilai simpanan. Selanjutnya, suku bunga sebesar 3,46% berlaku untuk tenor 3 bulan, 3,43% untuk tenor 6 bulan, 3,37% untuk tenor 12 bulan, dan 3,26% untuk tenor 24 bulan.

Adapun untuk deposito valas dalam bentuk USD, Bank Mandiri sebagai rekomendasi bank untuk menabung menetapkan suku bunga sebesar 0,45% untuk simpanan dengan tenor 1 bulan dan 3 bulan pada semua nilai simpanan. Untuk simpanan kurang dari US$100.000, suku bunga mencapai 0,55% dengan tenor 6 dan 12 bulan, sementara simpanan lebih dari US$10 juta mendapatkan suku bunga tertinggi sebesar 1,25% dengan tenor 24 bulan. Dengan demikian, Bank Mandiri menyediakan berbagai opsi suku bunga untuk memenuhi kebutuhan nasabahnya dalam berinvestasi deposito.

Tier Tenor (bulan)*

1 3 6 12 24

< Rp 100 Juta 3.50 3.50 3.50 3.50 3.50

≥ Rp 100 Juta s.d. < 1 M 3.50 3.50 3.50 3.50 3.50

≥ Rp 1 M s.d. < 2 M 3.50 3.50 3.50 3.50 3.50

≥ Rp 2 M s.d. < 5 M 3.50 3.50 3.50 3.50 3.50

≥ Rp 5 M 3.50 3.50 3.50 3.50 3.50

2. Bank BCA

Rekomendasi bank untuk menabung yang kedua adalah BCA. Walaupun merupakan bank swasta, Bank BCA sebagai rekomendasi bank untuk menabung berhasil masuk ke dalam daftar bank terbaik di Indonesia untuk kegiatan menabung. Bank yang berdiri sejak tahun 1957 ini telah mengalami tantangan krisis, namun berhasil pulih dan kini menjadi salah satu bank swasta terbesar di Indonesia. Keberhasilan bank yang menjadi rekomendasi bank untuk menabung ini didukung oleh pelayanan bank yang sangat baik, yang terus meningkat seiring berjalannya waktu. Dengan pelayanan yang menarik, tidak heran jika Bank BCA memiliki banyak nasabah setia. Lantas, apa saja produk tabungan yang ditawarkan oleh Bank BCA?

Tahapan BCA

Produk ini merupakan jenis tabungan yang berfungsi sebagai kartu ATM, Debit, dan Tunai. Nasabah diberikan opsi untuk memilih jenis tabungan tahapan, antara lain Paspor BCA Blue, Paspor BCA Gold, dan Paspor BCA Platinum. Apa perbedaan masing-masing jenis tabungan dari rekomendasi bank untuk menabung ini?

  • Paspor BCA Blue: Cocok untuk kamu yang ingin bertransaksi online, debit atau mengambil uang tunai dengan limit hingga Rp7 juta per hari. Sedangkan untuk transfer melalui ATM, paspor jenis ini bisa dilakukan hingga Rp25 juta per hari.
  • Paspor BCA Gold: Kartu paspor ini tepat untuk kamu yang aktif bertransaksi Rp10 juta hingga Rp50 juta di berbagai merchant dengan debit.
  • Paspor BCA Platinum: Kalau kartu ini, cocok untuk nasabah dengan mobilitas tinggi karena memungkinkan kamu melakukan transfer hingga Rp100 juta. Selain itu, limit debit yang dimiliki juga besar yaitu Rp100 juta.

Syarat Pembuatan

  • Calon nasabah adalah perorangan atau yayasan.
  • Membawa bukti identitas diri yang masih berlaku serta NPWP.
  • Mengisi dan menandatangani formulir permohonan pembukaan rekening Tahapan BCA.
  • Setoran awal minimum Rp500.000 dan setoran selanjutnya minimal Rp50.000.
  • Saldo rata-rata minimum per bulan Rp100.000.
  • Saldo minimum ditahan Rp50.000.

Biaya Administrasi dan Lainnya

Jenis Kartu Biaya Administrasi per Bulan Biaya Pembuatan/Penggantian Kartu

Blue/Khusus Counter Rp15.000 Rp10.000

Gold Rp17.000 Rp15.000

Platinum Rp20.000 Rp20.000

Tahapan XPresi

Produk rekomendasi bank untuk menabung ini sebenarnya diperuntukkan untuk nasabah anak muda yang ingin menabung. Adapun, tabungan ini dikelompokkan menjadi tiga rentang usia:

  • Kurang dari 12 tahun
  • 12—17 tahun
  • Di atas 17 tahun.

Akan tetapi, berbeda dengan tahapan sebelumnya, kalau membuka tahapan Xpresi kamu cukup membayar setoran awal Rp50 ribu.

Syarat Membuka Tahapan Xpresi

  • Tidak ada batasan umur, untuk nasabah perorangan.
  • Melengkapi dokumen dan Mengisi formulir pembukaan rekening.
  • Menyertakan NPWP (jika masih <17 tahun bisa menggunakan NPWP orang tua) atau bisa juga mengisi form pernyataan tanpa NPWP.
  • Setoran awal Rp50.000, lalu minimum setoran selanjutnya Rp50.000.
  • Tidak dapat digunakan untuk join account.

Lihat selengkapnya pada tabel berikut:

Kelompok Umur Persyaratan Dokumen Pembukaan Rekening

Perorangan Dewasa (>17 tahun)

  • Fotokopi Identitas Diri (KTP/SIM/Paspor) *
  • Fotokopi NPWP (jika ada).
  • Perorangan Belum Dewasa yang Tidak Diwakili (12-17 tahun)
  • Fotokopi Kartu Pelajar/Surat Keterangan dari Sekolah **
  • Fotokopi Akta Kelahiran/Kartu Keluarga
  • Fotokopi identitas diri salah satu orang tua (KTP/SIM/Paspor)
  • Membawa NPWP salah satu orang tua
  • Surat persetujuan salah satu orang tua untuk pembukaan rekening.
  • Formulir data nasabah perorangan (data salah satu orang tua***)

Perorangan Belum Dewasa yang Tidak Diwakili (<12 tahun)****

  • Fotokopi Akta Kelahiran/Kartu Keluarga
  • Fotokopi identitas diri salah satu orang tua (KTP/SIM/Paspor)
  • Fotokopi NPWP salah satu orang tua

Catatan:

(*) Dokumen asli cukup ditunjukkan kepada Customer Service.

(**) Jika tidak memiliki Kartu Pelajar/Surat Keterangan dari sekolah, calon nasabah harus mengikuti ketentuan pembukaan rekening untuk usia < 12 tahun.

(***) Jika orang tua belum memiliki rekening di BCA.

(****) Kehadiran salah satu orang tua/wali diperlukan.

Deposito Bank BCA

Deposito dalam Bank BCA dikenal dengan nama tahapan berjangka. Keunggulan produk deposito BCA meliputi fleksibilitas jangka waktu, pilihan sembilan mata uang, transfer bunga langsung ke rekening BCA atau rekening lainnya, serta fitur automatic roll-over (ARO) yang secara otomatis memperpanjang deposito untuk jangka waktu yang sama.

Mulai 14 Agustus 2020, suku bunga yang ditawarkan oleh Bank BCA untuk semua nilai simpanan dan jangka waktu deposito adalah 3,5%. Untuk deposito valas, BCA menawarkan suku bunga sebesar 0,2% untuk deposito di bawah US$100.000, dan antara US$100.000 hingga US$1.000.000 dengan jangka waktu 1 bulan dan 3 bulan. Sementara itu, suku bunga valas tertinggi yang ditawarkan BCA berasal dari mata uang China Yuan, yaitu sebesar 1% dengan jangka waktu 6 bulan dan 12 bulan. Untuk informasi lebih lanjut, dapat dilihat pada tabel berikut.

Mata Uang Suku Bunga (%pa) / Jangka Waktu (bulan)

1 3 6 12

IDR < 2M 3,50 3,50 3,50 3,50

IDR ≥ 2M – < 5M 3,50 3,50 3,50 3,50

IDR ≥ 5M – < 10M 3,50 3,50 3,50 3,50

IDR ≥ 10M – < 25M 3,50 3,50 3,50 3,50

IDR ≥ 25M – < 100M 3,50 3,50 3,50 3,50

IDR ≥ 100M 3,50 3,50 3,50 3,50

3. Bank BNI

Rekomendasi bank untuk menabung yang ketiga adalah Bank BNI, sebuah bank milik negara atau BUMN, sebagaimana BRI dan Mandiri. Dengan posisi tersebut, Bank BNI sebagai rekomendasi bank untuk menabung terus menawarkan layanan unggul kepada nasabahnya. Akses ke bank ini juga tidak sulit, karena kini Bank BNI telah tersebar di berbagai kota di seluruh Indonesia. Dengan beragam layanan yang tersedia, total aset Bank BNI mencapai sekitar Rp808,57 triliun. Berikut adalah beberapa produk pilihan dari Bank BNI sebagai rekomendasi bank untuk menabung yang dapat kamu pertimbangkan.

BNI Taplus

Produk tabungan terbaik ini sebagai rekomendasi bank untuk menabung, akan memberikan nilai tambah berupa suku bunga progresif hingga program berhadiah dengan beragam jenis kartu. Mulai dari kartu Debit BNI Silver, Gold dan Platinum. Lihat syarat dan biaya administrasinya di bawah ini:

Syarat

  • KTP/SIM/Paspor dan NPWP (Warga Negara Indonesia/WNI).
  • Surat Keterangan Domisili (jika mendaftar di luar domisili).
  • Paspor yang disertai KITAS/KIMS/KITAP/Referensi dan NPWP (Warga Negara Asing/WNA).
  • Setoran awal Rp500.000 (Jabodetabek) dan Rp250.000 (luar Jabodetabek).
  • Saldo minimal Rp150.000.

Biaya Administrasi dan Lain-Lain

  • Biaya administrasi: Rp11.000 per bulan.
  • Denda di bawah saldo minimum: Rp5.000.
  • Tunggakan biaya administrasi: maksimal 3X tunggakan.
  • Tunggakan denda <saldo minimum: maksimal 3X tunggakan.
  • Tunggakan biaya administrasi kartu: maksimal Rp10.000.

BNI Taplus Muda

Berikutnya, terdapat tabungan terbaik dari BNI sebagai rekomendasi bank untuk menabung yang dirancang khusus untuk anak muda berusia 15-25 tahun. Produk ini menyediakan fasilitas e-banking, BNI CDM, layanan Cashless, dan akses melalui SMS. Dengan biaya administrasi dan saldo awal yang rendah, produk ini sesuai untuk kategori usia anak-anak. Informasi mengenai syarat dan ketentuan biaya dapat dilihat di bawah ini.

Syarat Pembukaan Tabungan

Usia 15 tahun hingga di bawah 17 tahun, belum menikah dan belum memiliki identitas diri:

  • Mengisi formulir pembukaan rekening yang ditandatangani orang tua atau wali.
  • Melampirkan copy akta kelahiran/kartu pelajar/paspor.
  • Melampirkan copy bukti identitas diri salah satu orang tua atau wali.
  • Mengisi formulir e-statement.

Nasabah yang memiliki identitas diri usia 17-25 tahun atau 15-17 tahun yang sudah menikah:

  • Mengisi formulir pembukaan rekening.
  • Membawa bukti asli identitas diri dan melampirkan copy-nya.
  • Mengisi formulir data pemberi dana jika pekerjaan nasabah adalah mahasiswa atau pelajar atau ibu rumah tangga.
  • Mengisi formulir e-statement.
  • Mengisi form layanan SMS notifikasi (jika diperlukan).

Biaya Administrasi dan Lain-Lain

  • Biaya administrasi: Rp5.000.
  • Minimal setoran awal: Rp100.000.
  • Minimal setoran selanjutnya: Rp10.000.
  • Saldo mengendap: Rp50.000.
  • Penerbitan awal Kartu Debit BNI Taplus Muda Generik: Gratis.
  • Penerbitan awal Kartu Debit BNI Taplus Muda Personalized: Rp25.000.
  • Penggantian Kartu Debit BNI Taplus Muda karena hilang/rusak: Rp25.000.
  • Penutupan rekening: Rp50.000.
  • Tunggakan biaya administrasi: maksimal 3X tunggakan.
  • Tunggakan denda <saldo minimum: maksimal 3X tunggakan.
  • Tunggakan biaya administrasi kartu: maksimal 3X tunggakan.

BNI Deposito

Bagi mereka yang tertarik untuk menjalankan investasi dalam bentuk deposito, BNI menyediakan opsi simpanan berjangka dengan tingkat suku bunga yang kompetitif sebagai rekomendasi bank untuk menabung. Kelebihan lainnya adalah tabungan ini dapat digunakan sebagai jaminan untuk mendapatkan kredit dan tersedia dalam berbagai mata uang, termasuk USD, JPY, GBP, SGD, HKD, dan EUR. Bunga yang dihasilkan dari BNI Deposito dapat diarahkan ke rekening tabungan giro atau dijadikan penambahan pada pokok simpanan. Ketika mencapai jatuh tempo, nasabah dapat memilih apakah ingin memperpanjang secara otomatis (Automatic Roll Over/ARO) atau tidak otomatis (Non-ARO).

Suku Bunga BNI Deposito

BNI tergolong menawarkan suku bunga yang tinggi, yaitu sebesar 4,25% untuk simpanan kurang dari Rp100 juta, dan antara RP100 juta hingga Rp1 miliar dengan jangka waktu 1 bulan. BNI menawarkan suku bunga tertinggi yakni 4,75% untuk simpanan kurang dari Rp100 juta dengan jangka waktu 3 bulan dan simpanan lebih dari Rp1 miliar, dengan jangka waktu 24 bulan.

Jangka Waktu Tiering Saldo

< 100 Juta = 100 Juta s/d < 1 Miliar = 1 Miliar s/d < 5 Miliar = 5 Miliar

1 Bulan 4.25% 4.25% 4.50% 4.50%

3 Bulan 4.75% 4.75% 4.75% 4.75%

6 Bulan 4.25% 4.75% 4.75% 4.75%

12 Bulan 4.50% 4.75% 4.75% 4.75%

24 Bulan 4.50% 4.50% 4.75% 4.75%

Syarat

  • Mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening.
  • Menunjukkan asli bukti identitas diri (KTP/SIM/Paspor) atau badan usaha atau hukum.
  • Melakukan setoran pembukaan awal.

Biaya Administrasi dan Biaya Lain-Lain

  • Bebas atau tidak dikenakan biaya administrasi.

4. Bank BRI

Rekomendasi bank untuk menabung yang keempat adalah BRI. Alasan utamanya adalah karena Bank BRI merupakan bank milik pemerintah. Keterlibatan dalam struktur pemerintahan memastikan kualitas bank ini, terutama dalam mengikuti program tabungan yang sejalan dengan kebijakan pemerintah. Selain itu, Bank BRI memiliki jaringan cabang yang luas, dengan agen BRI tersebar di berbagai daerah, termasuk di pelosok kota, kecamatan, hingga desa.

Bank BRI, yang pertama kali didirikan di Purwokerto pada tanggal 16 Desember 1895, awalnya berfungsi sebagai tempat penyimpanan keuangan bagi kaum priyayi, dengan pegawai yang berasal dari kalangan pribumi Indonesia. Namun, seiring berjalannya waktu, Bank BRI telah menjadi milik pemerintah dan melayani beragam nasabah dari berbagai lapisan masyarakat, tidak terbatas pada kalangan priyayi saja. Berikut ini adalah beberapa produk tabungan terbaik dari BRI yang kami rekomendasikan untuk mereka yang ingin menabung.

Simpedes

Produk tabungan terbaik dari BRI ini lebih difokuskan untuk masyarakat di daerah atau pedesaan melalui kantor cabang, kantor cabang pembantu, BRI Unit, kantor kas, hingga Teras BRI. Salah satu keunggulan dari produk ini adalah kemampuan untuk membuka rekening di unit terkecil BRI di daerah. Selain itu, tidak ada batasan setoran dan produk ini dilengkapi dengan kartu debit, serta memberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam undian.

Syarat:

  • Mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening
  • Memberikan setoran awal Rp 100.000
  • Menyertakan identitas diri berupa KTP dan NPWP/surat keterangan tidak memiliki NPWP (perorangan)
  • Menyertakan identitas diri berupa status badan usaha, NPWP, izin usaha, anggaran dasar, dan dokumen identitas pengurus
  • Berusia lebih dari 17 tahun

Biaya Administrasi dan Lainnya:

  • Setoran selanjutnya: minimal Rp 10.000
  • Biaya administrasi bulanan: Rp 5.500
  • Saldo minimum mengendap di rekening: Rp 50.000
  • Denda di bawah saldo minimum: Rp 5.000
  • Transaksi maksimal antarcabang per hari: Rp 200.000.000
  • Biaya tutup rekening: Rp 25.000
  • Biaya ganti buku tabungan karena penuh: gratis
  • Biaya ganti buku tabungan karena rusak: Rp 25.000
  • Batas tarik tunai per hari: Rp 5.000.000

Britama

Tabungan unggulan berikutnya dari BRI adalah Britama. Meskipun konsep produk ini mirip dengan Simpedes, Britama tersedia di kota-kota besar. Dengan tabungan Britama, kamu dapat melakukan transaksi online di lebih dari 10.000 unit kerja BRI dan 23.000 ATM di seluruh Indonesia.

Kartu debit yang kamu miliki juga dapat digunakan di jaringan BRI, ATM Bersama, Link, Prima, Cirrus, Maestro, dan MasterCard, baik di dalam maupun di luar negeri. Tabungan ini dilengkapi dengan fasilitas internet banking, SMS Banking, dan Mobile banking. Keuntungan lainnya adalah, jika saldo minimum mencapai Rp500.000, terdapat jaminan asuransi kecelakaan diri dengan nilai pertanggungan mencapai 250% dari saldo terakhir atau maksimal Rp150 juta.

Syarat:

  • Berusia lebih dari 17 tahun
  • Menyertakan identitas diri berupa KTP dan NPWP
  • Mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening
  • Memberikan setoran awal Rp 250.000 (kartu Classic) atau Rp 500.000 (kartu Gold)

Biaya Administrasi dan Lainnya:

  • Setoran selanjutnya: minimal Rp 10.000
  • Biaya administrasi bulanan:
  • Tabungan ≤ Rp 10 juta: Rp 11.000
  • Tabungan > Rp 10 juta: Rp 12.000
  • Saldo minimum mengendap di rekening: Rp 50.000
  • Denda di bawah saldo minimum: gratis
  • Transaksi maksimal antarcabang per hari: Rp 300.000.000
  • Biaya tutup rekening: Rp 50.000
  • Biaya ganti buku tabungan karena penuh: gratis
  • Biaya ganti buku tabungan karena rusak: Rp 25.000
  • Batas tarik tunai per hari Rp 5.000.000 (Classic) dan Rp 10.000.000 (Gold)

Deposito BRI 

BRI menyajikan penawaran suku bunga sebesar 4% untuk produk simpanan deposito rupiah dengan tenor 1 bulan. Jika memilih jangka waktu di atas 3 bulan, BRI menawarkan suku bunga sebesar 4,25% untuk semua nilai tenor dalam jangka waktu 3 bulan.

Pada deposito dalam mata uang USD, BRI menawarkan suku bunga sebesar 0,45% untuk semua nilai simpanan dengan tenor 1, 3, dan 6 bulan. Bahkan, suku bunga sebesar 0,9% berlaku untuk semua nilai simpanan dengan tenor 12 bulan dan 24 bulan. Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada tabel berikut.

Tier 1 Bulan 3 Bulan 6 Bulan 12 Bulan 24 Bulan 36 Bulan

<100 Juta 4,0 4,25 4,25 4,25 4,25 4,25

100 juta – < 2 miliar 4,0 4,25 4,25 4,25 4,25 4,25

> 2 miliar 4,0 4,25 4,25 4,25 4,25 4,25

Syarat (Deposito Rupiah):

  • Kartu identitas diri seperti, KTP/Paspor/SIM untuk Warga Negara Indonesia dan KITAS/KITAP untuk Warga Negara Asing.
  • NPWP.
  • Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kantor cabang atau unit kerja terdekat, atau melalui Call BRI 14017.

Syarat (Deposito Valas)

  • Memiliki rekening tabungan atau giro BRI.
  • Melampirkan dokumen identitas diri, untuk WNI (KTP/SIM/Paspor dan NPWP) atau WNA (Paspor dan KIMS/KITAS).
  • Membayar biaya meterai.
  • Melakukan setoran awal: USD 1.000/ EUR 1.500/ JPY 150.000/ AUD 2.000/ GBP 1.000/ HKD 10.000/ CNY 8.000/ SAR 1.000/ SGD 2.000.

Baca juga: Nasabah Wajib Tahu! Ini Daftar Biaya Administrasi Terbaru Bank BCA 2024

Rekomendasi Bank untuk Menabung

5. Bank Permata

Rekomendasi bank untuk menabung yang kelima adalah Bank Permata. PermataTabungan iB Optima dari Bank Permata sebagai rekomendasi bank untuk menabung menawarkan tabungan tanpa biaya admin untuk nasabah dengan saldo rekening rata-rata per bulan sebesar Rp25.000.000. Keuntungan pembebasan biaya juga berlaku untuk transfer online melalui PermataATM, PermataMobile X, dan PermataNet ke rekening bank lain sebagai rekomendasi bank untuk menabung. Nasabah juga tidak dikenai biaya transaksi tarik tunai di jaringan ATM berlogo PermataDebit Plus, baik dalam maupun luar negeri, dengan catatan transaksi minimal sebelum tarik tunai sebesar Rp25.000.000. Untuk membuka rekening PermataTabungan iB Optima sebagai rekomendasi bank untuk menabung, cukup ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Usia minimal 21 tahun.
  • Unduh PermataMobile X, lalu pilih PermataTabungan iB Optima.
  • Lengkapi informasi yang dibutuhkan.
  • Menandatangani Specimen Tanda Tangan apabila pembukaan rekening dilakukan di kantor cabang.

6. Bank Jago

Rekomendasi bank untuk menabung yang keenam adalah Bank Jago yang telah meluncurkan aplikasi mobile banking bernama ‘Jago’. Melalui aplikasi ini, nasabah dapat dengan mudah membuka rekening tabungan di Bank Jago tanpa harus mengunjungi kantor cabang secara langsung. Proses pembukaan rekening dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja melalui smartphone, memberikan kepraktisan yang tinggi. Aplikasi digital banking ini berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga penggunaannya aman. Keamanan tambahan disertakan, seperti sistem scan sidik jari, PIN, dan password saat melakukan transaksi.

Proses pembuatan rekening di Bank Jago sebagai rekomendasi bank untuk menabung cukup sederhana. Nasabah hanya perlu mengunduh aplikasi Jago, menyiapkan KTP, dan NPWP (jika ada), serta mengikuti petunjuk yang disediakan. Bank Jago menawarkan layanan tanpa biaya administrasi bulanan, pembukaan dan penutupan rekening, saldo awal saat membuka rekening, hingga biaya akun dorman. Suku bunga tabungan di Bank Jago berkisar antara 3,5% hingga 4% per tahun.

7. Jenius

Rekomendasi bank untuk menabung yang ketujuh adalah BTPN Jenius. Tabungan Jenius merupakan produk digital banking dari BTPN sebagai rekomendasi bank untuk menabung, yang memudahkan nasabah dalam mengelola keuangan melalui smartphone. Nasabah dapat melakukan berbagai aktivitas keuangan, seperti pembukaan tabungan, menabung, transfer uang, melakukan deposit, membayar tagihan, serta pengaturan keuangan lainnya, hanya dengan menggunakan smartphone. Jenius BTPN menyediakan beragam fitur bermanfaat yang dapat dinikmati nasabah, termasuk kemampuan memiliki hingga 5 kartu dengan nama yang berbeda untuk setiap kartunya.

8. Bank BSI

Rekomendasi bank untuk menabung yang kedelapan adalah BSI (Bank Syariah Indonesia). Mungkin dulu kamu familiar dengan Bank Mandiri Syariah, BNI Syariah, atau BRI Syariah, namun sekarang semua telah melakukan merger dan mengubah nama menjadi Bank Syariah Indonesia atau BSI. Untuk produk tabungan, Bank Syariah Indonesia sebagai rekomendasi bank untuk menabung menawarkan berbagai produk serupa dengan bank syariah sebelumnya, termasuk tabungan berbasis syariah, tabungan pensiun, dan tabungan haji.

Jika tertarik untuk membuka tabungan di Bank Syariah Indonesia sebagai rekomendasi bank untuk menabung, penting untuk mengetahui berbagai produk tabungan yang mereka tawarkan beserta keunggulannya. Terdapat lima produk tabungan dengan fungsi yang berbeda yang dapat dipilih.

Tabungan Easy Wadiah dan Mudharabah

Tabungan Easy merupakan produk tabungan unggulan dari Bank BSI sebagai rekomendasi bank untuk menabung. Bagi nasabah tabungan ini akan mendapatkan fasilitas kartu atm dan layanan mobile banking. Tabungan Easy dibagi menjadi dua, yaitu Easy Wadiah dan Easy Mudharabah. Adapun keunggulan dari Easy Wadiah sebagai rekomendasi bank untuk menabung:

  • Tidak akan dikenakan biaya administrasi bulanan.
  • Tarik tunai di seluruh ATM Bank Mandiri gratis.
  • Transaksi di EDC Bank Mandiri, dan di EDC bank berjaringan Prima tidak dikenakan biaya administrasi.
  • Kartu ATM bisa digunakan di seluruh ATM BSI, Mandiri, Bersama, Prima, Link, dan mesin ATM berlogo VISA.

Sementara Easy Mudharabah menawarkan keunggulan:

  • Tidak ada biaya tarik tunai di ATM BSI dan ATM Bank Mandiri.
  • Biaya transaksi di seluruh EDC Bank Mandiri dan bank berjaringan Prima gratis.
  • ATM bisa digunakan di seluruh ATM BSI, Mandiri, Bersama, Prima, Link, dan ATM Berlogo Visa.
  • Mendapatkan bonus bagi hasil sebesar 8-13% dari total keuntungan pengelolaan dana nasabah.

TabunganKu

Seperti tabungan pada bank-bank lainnya, Bank BSI sebagai rekomendasi bank untuk menabung juga menawarkan produk TabunganKu. Produk rekomendasi bank untuk menabung ini dirancang untuk nasabah perorangan dengan syarat yang mudah dan ringan, bertujuan untuk mendorong budaya menabung di berbagai lapisan masyarakat. Setoran awal yang diperlukan untuk membuka tabungan ini adalah Rp20.000 untuk tabungan tanpa ATM dan Rp80.000 untuk tabungan dengan ATM. Berikut adalah beberapa keunggulan dari TabunganKu sebagai rekomendasi bank untuk menabung:

  • Syarat pembukaan yang mudah, cukup dengan KTP atau NPWP.
  • Mendapatkan fasilitas e-banking yang lengkap, mulai dari BSI Mobile, hingga Internet Banking.
  • Mendapatkan BSI Debit yang bisa sebagai ATM dan debit.
  • Bisa menyalurkan zakat dengan mudah.

BSI Giro

Tabungan Giro di Bank BSI sebagai rekomendasi bank untuk menabung adalah produk tabungan yang ditujukan untuk perorangan atau badan usaha, disediakan dalam bentuk rupiah maupun mata uang asing, meski di Bank BSI, Giro hanya tersedia dalam mata uang rupiah. Penarikan saldo dapat dilakukan kapan saja selama jam kerja, menggunakan metode cek, bilyet giro, atau kartu debit.

Dana yang disimpan dalam Bank BSI Giro sebagai rekomendasi bank untuk menabung akan dikelola dengan prinsip akad wadiah, dengan perjanjian bonus sebesar 3% dari total keuntungan hasil pengelolaan dana. Untuk membuka tabungan ini, nasabah diwajibkan melakukan setoran awal sebesar Rp500.000, dengan saldo minimal yang harus dipertahankan sebesar Rp500.000. Beberapa keunggulan dari Bank BSI Giro antara lain:

  • Transaksi mudah dengan cek atau bilyet giro.
  • Mendapatkan bonus bulanan sesuai dengan kontrak dan kebijakan Bank BSI.
  • Mendapatkan laporan keuangan setiap bulannya.
  • Tabungan Pensiun

Sesuai dengan namanya, Tabungan Pensiun sebagai rekomendasi bank untuk menabung merupakan produk tabungan Bank Syariah Indonesia yang diperuntukan bagi nasabah perorangan untuk mempersiapkan masa tua mereka. Dana nasabah akan diserahkan ke Lembaga Pengelola Pensiun yang telah bekerjasama dengan Bank BSI. Adapun kelebihan produk ini:

  • Syarat pembukaan rekening yang sangat mudah.
  • Mendapatkan fasilitas BSI Mobile dan internet banking.
  • Mendapatkan fasilitas BSI Debit Co Branding Taspen yang bisa dijadikan kartu ATM dan Debit.

Tabungan Mabrur

Tabungan Mabrur sebagai rekomendasi bank untuk menabung adalah produk tabungan terakhir dari Bank Syariah Indonesia yang dirancang khusus untuk persiapan keberangkatan haji dan umroh. Dengan fokus pada penyelenggaraan ibadah di Tanah Suci, tabungan sebagai rekomendasi bank untuk menabung ini membantu nasabah menjaga dana mereka agar tidak terpakai untuk keperluan lain.

Proses membuka Tabungan Mabrur sebagai rekomendasi bank untuk menabung sangat terjangkau, dengan setoran awal yang ringan, yaitu hanya Rp100.000. Ketika saldo mencapai Rp25.100.000, nasabah akan didaftarkan ke Siskohat Kementerian Agama. Beberapa keuntungan menjadi nasabah Tabungan Mabrur antara lain:

  • Apabila telah terdaftar nomor porsi, nasabah bisa menggunakan kartu ATM di provider VISA dan Mastercard.
  • Mendapat layanan e-banking, mulai dari SMS banking, mobile banking, dan internet banking.
  • Tidak ada biaya administrasi.
  • Mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan porsi keberangkatan haji.
  • Pelunasan biaya haji bisa dilakukan online.

9. Maybank

Tabungan Woman One dari Maybank sebagai rekomendasi bank untuk menabung merupakan produk tabungan yang khusus ditujukan untuk para wanita sebagai rekomendasi bank untuk menabung. Menawarkan keuntungan berupa gratis biaya administrasi bulanan, produk ini memberikan kemudahan finansial bagi para nasabahnya. Setoran awal untuk membuka rekening tabungan Woman One adalah sebesar Rp2.500.000, dengan setoran minimal selanjutnya sebesar Rp50.000. Saldo minimum yang harus dipertahankan dari rekomendasi bank untuk menabung ini adalah sebesar Rp2.000.000, dan saldo ditahan sebesar Rp50.000.

Jika saldo tabungan turun di bawah batas minimum, akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp15.000. Terdapat juga beberapa tarif atau biaya lain, seperti biaya penutupan rekening sebesar Rp20.000, serta biaya akun dorman sebesar Rp50.000. Dengan fitur-fitur ini, Woman One menjadi pilihan menarik rekomendasi bank untuk menabung untuk para wanita yang menginginkan tabungan dengan manfaat khusus dan biaya yang terjangkau.

10. Danamon

Danamon merupakan salah satu bank yang menawarkan produk tanpa biaya admin yang patut dipertimbangkan sebagai rekomendasi bank untuk menabung. Salah satu produk unggulan dari Danamon sebagai rekomendasi bank untuk menabung yang tidak memotong biaya bulanan adalah Danamon LEBIH. Keuntungan menarik dari produk ini adalah adanya asuransi jiwa senilai Rp10.000.000 yang dapat diakses oleh nasabah dalam enam bulan pertama. Bank Danamon sebagai rekomendasi bank untuk menabung menyajikan dua produk asuransi meninggal dunia akibat kecelakaan, yaitu:

  • Early Personal Accident Protection, produk asuransi kecelakaan diri gratis yang diintegrasikan dengan tabungan Danamon LEBIH tanpa biaya tambahan.
  • Personal Accident Protection, produk asuransi kecelakaan diri yang ditawarkan ke pemegang rekening Danamon LEBIH untuk meningkatkan manfaat Early Personal Accident Protection.

Rekomendasi bank untuk menabung yang satu ini cocok bagi mereka yang sering bertransaksi online. Danamon LEBIH tidak mengenakan biaya untuk cek saldo, tarik tunai, dan transfer online antar bank melalui jaringan ATM bersama, PRIMA, dan ALTO, dengan batasan maksimal 10 kali per bulan. Syaratnya, saldo sebelum bertransaksi minimal harus mencapai Rp1.000.000. Dengan fitur ini, Danamon LEBIH sebagai rekomendasi bank untuk menabung menjadi pilihan menarik bagi mereka yang menginginkan tabungan dengan manfaat tambahan tanpa biaya admin bulanan.

Persyaratan Membuka Rekening Danamon LEBIH:

  • Fotokopi kartu identitas (KTP/SIM/Paspor).
  • Fotokopi NPWP.
  • Melengkapi dan menandatangani formulir data nasabah dan pembukaan rekening.

Proses Pengajuan Klaim Manfaat Asuransi Meninggal Dunia:

  • Menyerahkan sertifikat asli Perlindungan Gratis Asuransi Kematian Akibat Kecelakaan.
  • Fotokopi kartu identitas dan asli.
  • Dokumen laporan kepolisian setempat.
  • Fotokopi surat kematian dari kelurahan/kecamatan setempat.
  • Surat keterangan dokter atau rumah sakit.
  • Mengisi formulir klaim meninggal dunia.

Kelebihan Menabung di Bank

Ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dengan menabung di bank, dan di bawah ini terdapat delapan keuntungan yang dapat dijelaskan:

Adanya Keuntungan Bunga dan Bagi Hasil

Meskipun suku bunga bukanlah pertimbangan utama bagi sebagian besar nasabah, namun tetap saja bunga memberikan dampak pada dana yang ditabungkan. Meskipun keuntungan dari bunga mungkin terasa kecil, namun dalam jangka waktu yang panjang dan dengan dana yang terus bertambah, bunga tabungan dapat memberikan keuntungan yang signifikan.

Bagi mereka yang ingin mengikuti prinsip syariah, khususnya dalam menabung, tidak perlu khawatir lagi. Beberapa bank kini menyediakan layanan perbankan syariah. Dalam konteks ini, bank syariah menggunakan sistem bagi hasil yang menggantikan sistem bunga, sesuai dengan prinsip syariah yang berlaku.

Lebih Aman 

Keamanan merupakan faktor penting dalam menabung di bank. Bank umumnya memiliki sistem keamanan yang canggih, baik dari segi fisik maupun nonfisik. Secara non fisik, uang nasabah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Dengan adanya LPS, ketika terjadi masalah yang berdampak negatif pada bank, uang nasabah tetap dapat diakses karena dijamin oleh LPS.

Kebebasan dalam Bertransaksi

Semua bank menyediakan beragam fitur lengkap bagi nasabah. Selain dapat menyimpan uang, nasabah memiliki fleksibilitas untuk melakukan berbagai transaksi finansial. Fitur transaksi ini mencakup transfer dan penarikan uang melalui ATM, SMS Banking, atau internet banking. Dengan adanya fitur-fitur ini, nasabah dapat dengan mudah melakukan transaksi kapan pun, selama 24 jam, memberikan kebebasan dalam bertransaksi.

Mudah, Praktis dan Simpel

Menabung di bank memberikan kemudahan, keefisienan, dan kesederhanaan. Perencanaan keuangan dapat dengan mudah dilakukan dengan melihat rincian transaksi dalam buku tabungan yang disediakan oleh bank. Buku tabungan ini berfungsi sebagai laporan keuangan pribadi, memungkinkan kamu untuk memonitor secara akurat jumlah uang yang masuk dan keluar. Mesin ATM yang menyediakan fasilitas setor tunai membuat transaksi keuangan semakin praktis, tanpa perlu repot ke kantor bank untuk melakukan penyetoran.

Kesempatan Mendapatkan Hadiah

Menabung di bank menjadi lebih menarik karena bank memberikan kesempatan bagi nasabahnya untuk mendapatkan hadiah. Meskipun pemberian hadiah tidak diberikan kepada semua nasabah, peluang untuk mendapatkannya melalui undian tetap menjadi daya tarik yang signifikan. Hadiah-hadiah tersebut dapat berupa uang miliaran atau mobil mewah, yang semakin besar peluangnya seiring dengan ketekunan dalam menabung.

Dapat Mengelola Keuangan dengan Lebih Terencana

Salah satu tujuan menabung adalah untuk mengelola uang secara lebih terencana. Dengan menyimpan uang di bank, terutama dalam bentuk tabungan berjangka, perencanaan keuangan dapat dijalankan dengan lebih terarah dan konsisten. Menabung membantu membentuk disiplin dalam menjalankan perencanaan keuangan secara konsisten.

Investasi yang Dijamin Aman

Meskipun hasilnya mungkin tidak sebesar beberapa pilihan investasi lainnya, menabung bisa dianggap sebagai bentuk investasi dengan tingkat risiko yang lebih rendah. Meski terdapat opsi investasi yang lebih menjanjikan, seperti saham, obligasi, atau reksa dana, menabung dianggap sebagai opsi investasi yang aman dengan risiko yang lebih kecil.

Mudah Diambil jika Ada Kebutuhan Mendesak

Dengan fleksibilitas transaksi yang dimiliki, dana yang telah ditabung dapat diakses dengan mudah saat dibutuhkan, kecuali jika kamu memilih tabungan berjangka. Dalam situasi darurat, uang tabungan dapat diandalkan, dan proses penarikan dana berjalan tanpa kendala berarti.

Cara Menabung di Bank

Sebenarnya, langkah-langkah menabung di bank tergolong mudah untuk dilakukan. Namun, bagi mereka yang kurang familiar, berikut adalah panduan untuk cara menabung yang benar di bank, terutama jika kamu ingin menabung di bank konvensional dengan mengunjungi kantor cabang bank yang bersangkutan:

1. Persiapkan Dokumen yang Diperlukan

Sebelum memulai proses menabung, pastikan untuk mempersiapkan dokumen yang diperlukan untuk membuat rekening bank. Dokumen yang umumnya dibutuhkan antara lain adalah KTP/SIM/kartu mahasiswa atau pelajar. Selain itu, beberapa bank mungkin mengharuskan dokumen tambahan seperti NPWP atau KK, sesuai dengan kebijakan masing-masing bank.

2. Menyiapkan Uang Tunai

Setelah memastikan kelengkapan dokumen, langkah berikutnya adalah menyiapkan sejumlah uang tunai sesuai dengan batas minimum setoran awal. Besaran setoran awal ini bervariasi antara bank-bank, misalnya Rp500.000 untuk Bank BCA dan Mandiri, serta Rp250.000 untuk BRI. Uang tunai yang disetorkan akan menjadi saldo awal dalam rekening tabungan.

3. Datang ke Bank Tujuan yang Dipilih

Untuk memulai proses pembuatan rekening, datanglah ke bank yang menjadi pilihanmu. Jika kamu memilih bank konvensional, kunjungi kantor cabang terdekat. Pastikan untuk memilih lokasi bank yang mudah diakses sesuai dengan lokasi tempat tinggalmu.

4. Mengambil Nomor Antrean

Setibanya di bank, ambil nomor antrean di loket pelayanan atau minta bantuan kepada satpam bank. Dengan nomor antrean tersebut, kamu bisa menunggu giliran hingga namamu dipanggil oleh Customer Service (CS) bank untuk melanjutkan proses pembuatan rekening.

5. Proses Membuka Rekening

Ketika namamu dipanggil oleh CS bank, serahkan dokumen persyaratan yang telah disiapkan sebelumnya. Selama proses pembukaan rekening, biasanya juga akan dilakukan pembuatan kartu ATM. Pastikan untuk memberikan informasi yang diperlukan dengan akurat, sehingga proses pembukaan rekening dapat berjalan lancar. Setelah selesai, kamu akan mendapatkan buku tabungan dan kartu ATM yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi perbankan.

6. Memilih Produk Tabungan yang sesuai dengan Preferensi Masing-masing

Setelah itu, Customer Service (CS) akan memberikan informasi mengenai produk tabungan yang tersedia beserta keuntungan dari masing-masing tabungan tersebut. Setelah penjelasan dari CS, saatnya untuk memilih produk tabungan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu. Produk tabungan biasanya memiliki beragam fitur, seperti layanan ATM, internet banking, dan mobile banking, yang akan memudahkan dalam melakukan transfer dan manajemen keuangan. Setelah berhasil mendapatkan nomor rekening, kamu dapat menabung di bank dengan berbagai cara, berikut pilihannya:

Rekomendasi Bank untuk Menabung

  1. Menggunakan Slip Setoran

Metode ini cocok untuk kamu yang datang langsung ke bank dan ingin menabung secara langsung dengan menyimpan uang tunai ke dalam rekening. Sebagai bukti transaksi, bank akan memberikan slip setoran sebagai tanda bahwa uang sudah masuk ke dalam rekening.

  1. Melakukan Transfer

Jika kamu ingin melakukan transfer atau menerima dana, dapat menggunakan berbagai layanan seperti ATM, e-banking, dan m-banking yang telah disediakan oleh bank.

  1. ATM Setor Tunai

Pilihan lainnya adalah melakukan setor tunai melalui mesin ATM khusus yang memungkinkan kamu menyimpan uang tunai ke dalam rekening tanpa harus antri di bank.

Demikianlah ulasan terkait rekomendasi bank untuk menabung yang penting untuk diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca juga: Cara Mengatasi Lupa Kode Akses BCA Mobile, Tak Perlu ke Bank

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE