Sharing Happiness Menyediakan Pesantren Online

0
1337
Sharing Happiness picture

duniafintech.com – Lembaga Amil Zakat (LAZ) Rumah Zakat meluncurkan Sharing Happiness yang merupakan platform penggalangan dana online untuk menyebarkan kebahagiaan melalui perbaikan kondisi sosial kemasyarakatan.

Penerima manfaat melalui Sharing Happiness ditargetkan tersebar dari Aceh hingga Papua. Adapun pemilihan wilayah tersebut berdasarkan assessment yang dilakukan oleh Fasilitator Integrated Community Development (ICD). Diharapkan, dengan menggulirkan kampanye aplikasi ini, Rumah Zakat bersama masyarakat bisa memberikan kontribusi dalam indeks pembangunan melalui beragam program pemberdayaan.

Pada situsnya, masyarakat ditawarkan berdonasi untuk berbagai kategori, yakni pendidikan, kesehatan, pemberdayaan, kemanusiaan, pembangunan masjid, yatim dan dhuafa serta infrastruktur. Masing-masing kategori terdiri atas sejumlah program. Sebagai contoh salah satu program pada kategori pendidikan, yakni pesantren digital.

Pesantren Digital merupakan program khusus untuk memberikan pelatihan dasar mengenai media digital yang dikemas dalam wawasan keislaman kepada para anak-anak yatim dan dhuafa. Program ini merupakan upaya untuk memberantas kenakalan remaja dan memfasilitasi para pemuda untuk senantiasa berkarya. Kegiatan ini bertujuan agar penerima manfaat dapat menguasai teknologi dan media digital. Dalam Pesantren Digital, mereka juga diberikan materi-materi mengenai pemahaman Al-Quran, seperti hadits, fiqih, dan tahfidz.

Program Pesantren Digital sudah berjalan sejak tanggal 6 Februari 2017. Hanya saja terkendala dengan biaya serta sarana dan prasarana untuk menunjang proses kegiatan belajar mengajar mereka yang dilaksanakan setiap hari Sabtu ini.

Masyarakat dapat mengetahui berbagai informasi mengenai program ini sebelum memutuskan untuk berdonasi. Informasi itu mencakup jumlah penerima manfaat, dana yang terkumpul, total anggaran, dan periode program. Tak hanya itu, detil donatur juga ditampilkan di website Sharinghappiness.org.

Di bulan Ramadhan, Sharing Happiness juga menawarkan berbagai program kepada masyarakat untuk menyisihkan sebagian rezekinya. Program-program itu adalah Kado Lebaran Yatim, Syiar Quran, Bingkisan Lebaran Keluarga, dan Berbagi Buka Puasa.

Selain di bulan Ramadhan, Sharing Happiness juga memfasilitasi program-program yang hanya diadakan pada momen tertentu. Salah satunya adalah menjelang Idul Adha. Pada momen tersebut, Sharing Happiness menawarkan Program Super Qurban.

Super Qurban adalah program optimalisasi hewan kurban dengan mengolah dan mengemas daging kurban menjadi kornet. Pengolahan daging kurban menjadi kornet ini nantinya akan didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan di berbagai pelosok Indonesia, termasuk wilayah konflik maupun terkena bencana.

Pengolahan daging kurban menjadi kornet ini telah dilakukan di sejumlah negara, misalnya Saudi Arabia. Negara itu telah mengirim daging kurban dalam kaleng kornet ke berbagai negara muslim yang miskin di dunia atau lokasi-lokasi bencana yang memerlukan bantuan bahan makanan.

Perusahaan ini juga telah menyelesaikan sejumlah program yang ditawarkan kepada masyarakat, misalnya Aksi Peduli Gempa Aceh. Program ini menganggarkan jumlah donasi sebesar Rp100 juta. Ternyata, dana yang terkumpul adalah Rp135 juta atau 135% tercapai. Program ini sendiri berakhir pada Desember 2016 dengan penerima manfaat sekitar 1.000 orang. Foto-foto dan deskripsi singkat kegiatan program tersebut juga bisa dilihat masyarakat pada website Sharinghappiness.org.

Source : Sharinghappiness.org

Written by: Sebastian Atmodjo

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini