26.3 C
Jakarta
Jumat, 1 Maret, 2024

Yield Guild Games (YGG): Cara Main hingga Daftar Game-nya

JAKARTA, duniafintech.com – Yield Guild Games atau YGG adalah salah satu permainan (game) berbasis blockchain yang memanfaatkan konsep play to earn yang mulai populer.

Permainan ini mengadopsi ide metaverse, di mana pemain dapat memperoleh imbalan dari setiap misi yang berhasil mereka selesaikan.

YGG merupakan sebuah organisasi dan komunitas di dalam ekosistem blockchain yang mengkhususkan diri pada permainan berbasis NFT (Non-Fungible Token) dan ekonomi di dalam game. 

Mereka memainkan peran yang sangat krusial dalam ekosistem blockchain, terutama bagi para pemain game daring dan penggemar NFT, karena Yield Guild Games berkomitmen untuk menjembatani kesenjangan antara dunia permainan dan ekonomi desentralisasi.

Peran yang signifikan dari YGG dalam ekosistem blockchain melibatkan memberikan akses kepada ekonomi game, membantu pemain dalam mengelola aset mereka, menyediakan pelatihan dan edukasi bagi anggotanya, membangun komunitas, dan memiliki dampak dalam pengembangan permainan.

Dari sisi lain, Yield Guild Games juga memiliki kepentingan besar bagi pemain game daring dan penggemar NFT karena beberapa alasan, termasuk membuka peluang pendapatan bagi pemain game daring, memberikan akses ke aset digital bernilai, memberikan edukasi dan panduan kepada pemain, menciptakan komunitas yang mendukung pemain, dan memiliki potensi untuk mempengaruhi model bisnis dalam industri permainan.

Baca juga: Bisa Hasilkan Cuan! Begini Cara Memainkan Game NFT Splinterlands untuk Pemula

Apa Itu Yield Guild Games (YGG)? 

YGG adalah permainan daring berbasis blockchain yang mengusung konsep play-to-earn, memungkinkan pemain untuk meraih pendapatan melalui partisipasi dalam permainan. Fokus utama YGG terletak pada ekosistem blockchain dan NFT (Non-Fungible Token), memungkinkan pemain untuk melakukan investasi dalam NFT dan aset digital di dalam lingkungan permainan. Dengan pendekatan ini, YGG memberikan peluang bagi pemain untuk memperoleh keuntungan finansial dari kegiatan bermain mereka di dunia virtual.

YGG telah mengubah paradigma bermain game play-to-earn secara menyeluruh. Dengan memaksimalkan nilai NFT, YGG meraih pendapatan melalui penjualan dan penyewaan aset digital perusahaannya.

Popularitas YGG terus meningkat seiring dengan boomingnya NFT pada tahun 2021, terutama karena pandemi yang mendorong banyak individu mencari penghasilan tambahan melalui platform digital, termasuk melalui model play-to-earn.

Hingga saat ini, YGG telah menarik lebih dari 27 ribu pemain aktif di seluruh dunia. Pasar terbesarnya terletak di Amerika Serikat, diikuti oleh negara-negara Asia seperti Indonesia, Vietnam, dan India yang masuk dalam daftar 10 negara dengan jumlah pengguna terbanyak. Pada tahun 2021, YGG berhasil mengumpulkan hampir USD 40 juta dari berbagai investor untuk mengembangkan platformnya dan meluncurkan afiliasi regional di wilayah Asia Tenggara hingga Amerika Latin.

Sejarah Yield Guild Games (YGG)

YGG lahir pada tahun 2020 oleh Gabby Dizon, Beryl Li, dan Owl. Konsep YGG muncul pada tahun 2018 ketika Gabby Dizon meminjamkan Axies-nya kepada pemain Axie Infinity yang tidak mampu membeli item NFT mereka sendiri.

Dari pengalaman tersebut, muncul ide untuk membentuk platform yang mendukung pemain baru dengan menyediakan aset yang penting untuk bermain game. Inilah yang kemudian kita kenal sebagai crypto gaming guild, sebuah komunitas yang membantu pemain dengan memberikan akses ke aset digital dalam dunia game blockchain.

Pada tahun 2020, popularitas permainan NFT Axie Infinity melejit, terutama di Filipina, di mana banyak orang mencari sumber penghasilan tambahan selama pandemi. Melihat peluang ini, Gabby Dizon, bersama dengan Beryl Li, seorang pengusaha fintech, dan Owl of Moistness, seorang pengembang, berhasil mendirikan YGG dengan misi membawa jutaan orang ke dalam revolusi play-to-earn.

Bagaimana Cara Kerja YGG & Mengapa Unik?

YGG mengintegrasikan dua konsep, yakni Decentralized Finance (DeFi) dan Non-Fungible Token (NFT), untuk menciptakan pengalaman unik dalam bermain game play-to-earn dan memfasilitasi pertumbuhan ekonomi.

YGG menggunakan protokol open source yang dijalankan oleh smart contract sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Fokusnya adalah mempermudah penyewaan NFT, memberikan hadiah kepada pemain, dan melaksanakan keputusan terkait tata kelola, semuanya sesuai dengan pilihan komunitas.

YGG tidak hanya bergantung pada satu DAO, melainkan memiliki beberapa SubDAO yang memberikan dukungan. Setiap SubDAO difokuskan pada game tertentu atau pemain dalam wilayah yang sama. Setiap SubDAO memiliki aturan sendiri dan terkait dengan aktivitas serta aset yang dimiliki oleh SubDAO tersebut.

SubDAO dalam YGG menggunakan model yang memungkinkan kolaborasi antara pemain dalam game yang sama untuk saling mendukung pertumbuhan dan memaksimalkan keuntungan. Selain itu, anggota komunitas dapat memanfaatkan aset NFT komunitas untuk meningkatkan penghasilan mereka dalam permainan. Mereka yang meminjamkan NFT melalui DAO berhak mendapatkan imbalan sebagian dari pendapatan yang dihasilkan oleh para pemain.

Semua NFT dan aset digital dari berbagai game blockchain disimpan di YGG Treasury yang dikelola oleh anggota komunitas. Pendekatan ini menjamin transparansi dan kontrol penuh atas aset digital yang dimiliki oleh komunitas.

Penting untuk dicatat bahwa, sebagai keunikan YGG, pendapatan utamanya berasal dari pemanfaatan aset NFT, baik secara langsung maupun tidak langsung, melalui skema sewa. Dalam skema ini, anggota serikat menyewakan aset mereka dan menerima hadiah dalam game sebagai imbalan, yang kemudian disumbangkan kepada YGG.

Selain itu, untuk aset dalam game seperti tanah, pihak eksternal (non-anggota serikat) dapat menghasilkan pendapatan dengan melakukan aktivitas ekonomi di tanah tersebut. Kepemilikan NFT meningkat seiring dengan meningkatnya nilai ekonomi aset dalam game, yang tercermin dalam nilai NFT di pasar terbuka.

Mengenal Beasiswa Yield Guild Games (YGG)

Yield Guild Game Southeast Asia (YGG SEA) adalah sebuah komunitas yang terdiri dari para penggiat dan pemain game play-to-earn (P2E). Dalam mekanisme permainan ini, pemain memiliki kesempatan untuk menghasilkan penghasilan melalui bermain game.

Dalam ekosistem game P2E, NFT menjadi komponen utama untuk menjalankan dan memenangkan permainan. Untuk memperoleh NFT, calon pemain diharuskan membayar biaya awal. Yield Guild Games SEA memainkan peran vital melalui program beasiswa mereka. Dengan inisiatif ini, pemain dapat mengakses NFT tanpa biaya awal yang tinggi.

Program beasiswa YGG SEA adalah langkah revolusioner yang memungkinkan pemain terlibat dalam permainan play-to-earn tanpa harus mengeluarkan biaya tinggi untuk NFT mahal atau investasi awal yang besar.

Melalui program ini, pemain dapat meminjam dan menggunakan aset game dari YGG SEA. Sebagai gantinya, mereka mendapatkan sebagian pendapatan yang dihasilkan dalam game dengan biaya sewa yang terjangkau melalui YGG SEA.

Untuk bergabung dalam program beasiswa YGG SEA, pemain hanya perlu mengikuti beberapa langkah sederhana, termasuk bergabung dalam saluran Discord guild, mengisi formulir aplikasi, dan mencetak lencana di situs web YGG SEA. Setelah melalui proses seleksi dan wawancara, calon beasiswa yang berhasil akan mendapatkan kesempatan untuk bergabung dalam guild, menerima pelatihan, bimbingan, dan manfaat lainnya.

Program ini tidak hanya memberikan akses gratis ke beberapa game play-to-earn, tetapi juga memberikan kesempatan bagi pemain untuk berpartisipasi dalam pembangunan komunitas dan mengambil peran kepemimpinan. 

Dengan menjadi bagian dari komunitas global yang menghormati setiap budaya dan bahasa lokal yang beragam, pemain juga memiliki peluang untuk memahami dan merasakan keberagaman dunia crypto.

Yield Guild Games SEA sangat memperhatikan tantangan orientasi di setiap pasar lokal, memastikan konten, pendidikan, dan dukungan bahasa tersedia untuk semua pemain. Dengan demikian, program beasiswa Yield Guild Games SEA membuka pintu bagi gamer dan non-gamer untuk memasuki dunia crypto dengan cara yang menyenangkan, menarik, dan kolaboratif.

Daftar Game YGG yang Bisa Dimainkan

Yield Guild Games telah melakukan investasi dan kemitraan dengan sejumlah permainan play-to-earn yang berbeda, memberikan anggotanya kesempatan untuk mendapatkan penghasilan dari bermain game. 

Dengan berkolaborasi pada tahap awal dengan permainan-permainan ini, YGG telah berinvestasi dalam perkembangan gerakan play-to-earn untuk masa depan. Berikut adalah daftar permainan Yield Guild Games yang bisa kamu mainkan:

  1. League of Kingdoms

League of Kingdoms adalah permainan simulasi membangun kerajaan dengan elemen medievil dan fantasi, dapat kamu mainkan di PC dan perangkat seluler. Permainan ini terbagi menjadi komponen non-blockchain dan blockchain, memungkinkan pemain tanpa pengalaman cryptocurrency untuk ikut bermain. Kas Yield Guild Games DAO memiliki kepemilikan atas 286 bagian tanah di League of Kingdoms.

  1. F1 Delta Time

Dalam permainan simulasi mengemudi Formula 1 ini, NFT berfungsi untuk merepresentasikan mobil, pembalap, suku cadang mobil, helm, dan item lainnya yang terkait dengan balapan. 

Pemain F1 Delta Time dapat menyesuaikan kendaraan mereka, memahami cara mengendalikannya, dan menyelesaikan uji waktu untuk memenuhi syarat untuk balapan multipemain. Kas Yield Guild Games DAO memiliki 130 Kunci Umum dan 328 Bagian untuk F1 Delta Time.

Baca juga: Game Penghasil Crypto tanpa Modal, Cek Rekomendasi Terbaiknya!

Yield Guild Games

  1. The Sandbox

Meskipun masih dalam tahap pengembangan beta yang signifikan, The Sandbox lebih tertuju bagi individu berkecimpung dalam seni ketimbang dengan permainan lainnya dalam daftar ini. 

Seperti permainan lainnya, plot tanah virtual bisa kamu beli di The Sandbox. Kas Yield Guild Games DAO memiliki kepemilikan atas 180 NFT yang merepresentasikan aset TANAH di The Sandbox.

  1. Star Atlas

Star Atlas merupakan permainan bertema luar angkasa yang ambisius, menggabungkan berbagai elemen seperti eksplorasi, kolonisasi, pertempuran, dan keuangan terdesentralisasi (DeFi). 

Dengan rencana pengembangan setidaknya selama satu tahun ke depan, permainan ini berpotensi menjadi salah satu yang paling canggih di kategorinya ketika peluncurannnya nanti. YGG DAO memiliki kemitraan strategis dengan Star Atlas.

  1. Illuvium

Dengan desain NFT yang sepenuhnya orisinal, berkualitas tinggi, dan berdimensi empat (berbeda dari permainan berbasis NFT lain yang umumnya berdasarkan karya seni dua dimensi), Illuvium adalah permainan peran (RPG) modern di mana pemain mengumpulkan, membiakkan, dan bertarung melawan karakter bernama Illuvials. 

YGG DAO telah terlibat dalam investasi tahap awal dalam Illuvium.

  1. ZED RUN

ZED RUN adalah permainan balap kuda virtual dengan latar belakang dunia siber futuristik. Pemain mendaftar untuk memiliki kandang virtual mereka dan membeli NFT kuda balap.

Kuda-kuda tersebut memiliki karakteristik unik dan kamu bisa mengawinkannya, menghasilkan kombinasi genetika baru untuk keturunan. Saat ini, kas Yield Guild Games DAO memiliki kepemilikan atas 118 kuda Zed Run.

  1. Guild of Guardians

Berbeda dari banyak permainan lain dalam daftar ini, Guild of Guardians adalah permainan berbasis seluler yang berbasis Immutable X (mirip dengan Illuvium).

Permainan ini merupakan game peran aksi fantasi multipemain, di mana pemain bekerja dalam tim untuk bersaing memperebutkan hadiah. Kas Yield Guild Games DAO memiliki 1 Mythic Guild, 50 Adventurers Guild, dan 70 Legendary Heroes di Guild of Guardians.

  1. Ember Sword

Menjadi campuran antara fantasi, eksplorasi, dan gameplay berbasis strategi, Ember Sword mendaku diri sebagai “sandbox MMORPG terbaik”. Game ini menggabungkan mekanika permainan canggih dengan pengembangan kontrak pintar terkini. 

Kas Yield Guild Games DAO memiliki 16 NFT (16 plot kota) yang merepresentasikan parcel tanah di Ember Sword.

  1. Splinterlands

Splinterlands adalah permainan kartu perdagangan digital turn-based sejenis Magic the Gathering atau Yu-Gi-Oh. 

Dengan pembelian dalam paket digital, kartu-kartu NFT ini bisa kamu perjualbelikan di pasar terbuka. Saat ini, kas Yield Guild Games DAO memiliki total 6,252 paket Splinterlands Regions dan Untamed.

  1. Axie Infinity

Axie Infinity, yang memulai perjalanan Yield Guild Games ke dunia play-to-earn, adalah permainan pemain melawan pemain (PvP). Di game ini, pemain membiakkan dan bertarung dengan hewan peliharaan digital, yaitu Axies. 

Kas YGG DAO memiliki 26,000 Axies, dengan nilai sekitar $3.9 juta. Ini ditambah dengan kepemilikan 235 parcel tanah Axie Infinity senilai sekitar $2.3 juta.

Panduan Cara Bermain Yield Guild Games (YGG)

Yield Guild Games adalah sebuah Organisasi Otonom Terdesentralisasi (DAO) yang beroperasi dalam ekosistem blockchain. Khususnya adalah dalam konteks permainan berbasis NFT (Token Non-Fungible). YGG menawarkan pendekatan unik yang disebut “play-to-earn”. Di sini, para pemain memiliki kesempatan untuk menghasilkan penghasilan riil melalui aktivitas bermain game.

Untuk menjadi anggota guild, diperlukan dompet kripto yang mendukung jaringan Ethereum, seperti MetaMask. Setelah menghubungkan dompet dengan platform YGG, langkah selanjutnya adalah mencetak “Guild Badge.” NFT guild game ini berfungsi sebagai bukti keanggotaan dalam guild YGG. Pastikan Anda memiliki cukup token Ethereum (ETH) karena hal itu perlu untuk membayar biaya gas saat mencetak Guild Badge.

Setelah menjadi anggota guild, langkah berikutnya adalah mencari peran yang sesuai di dalamnya. Sebagai contoh, Anda dapat memberikan kontribusi kepada guild dengan mengelola saluran Discord atau ikut dalam tindakan pemasaran di media sosial. Misalnya saja berbagi pembaruan dan promosi. Sebagai imbalan atas kontribusi Anda, Anda akan menerima token atau NFT dari pemain yang berhasil dalam berbagai aktivitas.

Mengenal Token Yield Guild Games (YGG) untuk Games

Yield Guild Games memiliki token yang sejenis dengan ERC20, yang memberikan pemegangnya hak untuk berpartisipasi dalam operasi DAO. Token ini berfungsi sebagai alat pembayaran untuk berbagai layanan di jaringan. Layanan itu, antara lain, membuka akses ke konten eksklusif pada Discord atau melakukan staking pada token YGG.

Keuntungan dari staking token YGG melibatkan pendapatan pasif yang mereka peroleh melalui penyimpanan token di YGG Vault. Pemegang token menerima imbalan sebagai penghargaan untuk menyimpan token tersebut dengan aman.

Dengan mempertimbangkan variasi permainan dari YGG, setiap pemain memiliki opsi yang berbeda dalam memilih vault staking. Sebagai contoh, seseorang dapat menggunakan token YGG pada vault yang berfokus pada pembiakan dan penjualan Axies. Adapun Axies adalah hewan digital yang merupakan NFT yang mereka dapatkan dari permainan Axie Infinity.

Di sisi lain, pemain juga dapat memilih vault yang bertujuan menghasilkan pendapatan melalui penyewaan NFT. Setiap vault memiliki karakteristik dan aturan uniknya, termasuk reward escrow, periode lock-in, dan periode vesting.

Token YGG dapat kamu peroleh melalui berbagai bursa perdagangan. Saat ini, beberapa bursa terkemuka seperti Binance, KuCoin, FTX, Kraken, Gate.io, dan Huobi Global menyediakan token YGG untuk diperdagangkan.

Baca juga: Gala Games: Cara Kerja, Keunikan, hingga Cara Daftarnya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE