26 C
Jakarta
Rabu, 29 Juni, 2022

Zenius Vs Ruangguru, Mana yang Lebih Baik? Inilah Perbandingannya

JAKARTA, duniafintech.com – Antara aplikasi belajar online Zenius vs Ruangguru, kira-kira mana ya yang terbaik? Kedua bimbel online diketahui memang menjadi pilihan para pelajar dan kalangan guru karena ada banyak fitur unggulan hasil inovasi dari penyedia layanan bimbel online ini.

Ragam fitur ini, selain akan memudahkan pelajar, juga akan menghadirkan pengalaman belajar yang asyik meski berlangsung secara online. Nah, kedua aplikasi belajar online ini tentunya akan berpacu untuk menghadirkan yang terbaik ya, tetapi siapa yang lebih dipilih? 

Berikut ini ulasan soal perbandingan antara kedua layanan bimbel online terbesar ini.

  1. Zenius Vs Ruangguru dari Sisi Kurikulum

Salah satu komponen paling penting untuk menentukan bimbel mana yang cocok adalah dari sisi kurikulum yang dihadirkan. Pasalnya, supaya bisa betul-betul benar mendukung proses kegiatan belajar di sekolah, bimbel yang diikuti tentu harus punya kurikulum yang sama dengan yang berlaku di sekolah.

Jika membandingkan antara Ruangguru dan Zenius dari sisi kurikulum maka Ruangguru tampak lebih unggul dalam tingkat SD dan SMP. Di tingkat SMP, Ruangguru  lebih unggul sebab menawarkan K-13 Revisi sebagai basis pembelajaran yang bisa dipilih.

Pada tingkat SD, basis kurikulum yang digunakan oleh Zenius tidak di. Sementara itu, Ruangguru dengan jelas menawarkan ketiga kurikulum tersebut plus K-13 Revisi Tematik sebagai basis pembelajaran yang bisa sobat pilih.

  1. Zenius Vs Ruangguru Ditinjau dari Mata Pelajaran

Selain kurikulum, hal lainnya yang sangat penting untuk menjadi pertimbangan dalam memilih di antara kedua bimbel online ini, yakni jika ditinjau dari mata pelajaran yang ditawarkan.

Adapun mata pelajaran yang ditawarkan oleh bimbel online ini tentu saja harus sesuai dengan mata pelajaran yang ada di sekolah. Kian lengkap mata pelajaran yang ditawarkan, kian banyak pula manfaat yang bisa diperoleh dari bimbel online itu.

Lantas, mana yang lebih banyak menawarkan mata pelajaran? Sebagai informasi, pada tingkat SD dan SMP, Ruangguru lebih unggul dari sisi kuantitas mata pelajaran yang ditawarkan. Sementara itu, untuk tingkat SMA, kedua bimbel ini sama-sama menawarkan mata pelajaran yang lengkap.

Sebenarnya, ada perbedaan yang cukup mendasar pada paket yang ditawarkan. Pasalnya, Zenius menawarkan mata pelajaran SMA IPA dan IPS dalam satu paket yang sama. Itu berarti, kalau Anda ingin membeli paket SMA IPA maka Anda juga akan mendapatkan mata pelajaran SMA IPS.

Di lain sisi, Ruangguru menawarkan mata pelajaran SMA IPA dan IPS dalam paket yang terpisah. Dalam arti, kalau Anda ingin membeli paket SMA IPS maka Anda tidak akan mendapatkan mata pelajaran SMA IPA.

  1. Video Pembelajaran

Berdasarkan video pembelajaran, kedua bimbel online ini punya perbedaan yang cukup kontras. Namun, Zenius dan Ruangguru memang memiliki cara dan keunggulan masing-masing dalam penyampaian materinya.

Adapun Zenius lebih berfokus untuk membentuk pemahaman fundamental para siswanya atas materi yang disampaikan. Oleh sebab itu, video pembelajaran yang ditawarkan oleh Zenius lebih banyak menghadirkan penjelasan konseptual atas berbagai materi yang ada. Tutor dari Zenius juga tidak hadir secara fisik di dalam video pembelajaran itu sebab hanya memberikan penjelasan via suara yang dibantu dengan papan tulis virtual.

Di lain sisi, video pembelajaran Ruangguru lebih menyerupai kegiatan pembelajaran yang ada di kelas sebab ada tutor yang hadir lengkap dengan papan tulis untuk menyampaikan materi yang akan dipelajari.

Akan tetapi, fitur-fitur canggih kekinian yang ditawarkan oleh Ruangguru menciptakan tampilan visual yang ciamik. Sejumlah video pembelajaran Ruangguru pun berhasil memvisualisasikan soal-soal cerita sehingga lebih mudah untuk dipahami.

Untuk diketahui, video pembelajaran di Ruangguru didukung oleh berbagai inovasi yang kreatif, misalnya ilustrasi, kartun, dan motion graphic sehingga materi yang disampaikan menjadi tidak membosankan.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Zenius, Startup Teknologi Edukasi yang PHK 200 Karyawannya

  1. User Interface/User Experience (UI/UX)

Pertimbangan lainnya Zenius vs Ruangguru bisa dilihat dari User Interface dan User Experience atau yang lebih populer dikenal dengan UI/UX. Adapun UI adalah bagaimana tampilan sebuah website/aplikasi jika dilihat oleh pengguna, sedangkan UX adalah bagaimana performa sebuah website/aplikasi ketika digunakan oleh pengguna.

Dalam konteks UI, Zenius memiliki tampilan yang lebih minimalis di dalam aplikasinya dengan dominasi warna putih. Warna ungu dan kuning pun dipilih sebagai warna lain yang menghiasi aplikasi ini. Warna-warna yang digunakan di dalam aplikasi Zenius cenderung lebih lembut dan tidak mencolok ketimbang kompetitornya.

Di lain sisi, Ruangguru memiliki tampilan yang lebih colorful di dalam aplikasinya. Meskipun juga memilih warna putih sebagai background, tetapi ikon-ikon di Ruangguru menggunakan beragam gradasi warna yang membuatnya terlihat lebih mencolok. Sisi positifnya adalah hal itu membuat tampilan pada aplikasi Ruangguru menjadi tidak membosankan untuk dipandang.

Sementara itu, dari segi UX, kedua aplikasi ini punya performa yang baik dan tidak membuat gawai penggunanya cepat panas.

  1. Tutor

Perbedaan lainnya dari Zenius vs Ruangguru juga cukup kontras pada tutornya. Pasalnya, tutor Ruangguru cenderung lebih suka menggunakan pilihan kata-kata yang formal, mirip dengan cara guru-guru di sekolah dalam menyampaikan materi.

Penggunaan bahasa yang lebih formal ini membuat tutor yang ada di Ruangguru terlihat kurang atraktif dan menarik bagi para siswa tapi lebih resmi secara pengajaran di pendidikan formal.

Sebaliknya, meskipun tidak hadir secara fisik di dalam video (hanya melalui audio), tetapi tutor-tutor yang ada di Zenius cenderung lebih menarik bagi para siswa karena penggunaan bahasa yang lebih non-formal. Penggunaan bahasa sehari-hari ini membuat tutor Zenius terkesan lebih friendly dengan para siswa.

Bahkan, beberapa siswa mengaku merasa tutor-tutor Zenius layaknya teman mereka sendiri meski hanya mengenalnya lewat suara. Di samping itu, dengan mengkonversikan bahasa-bahasa ilmiah yang asing di telinga ke dalam bahasa sehari-hari, para siswa juga bisa lebih memahami materi pelajaran yang disampaikan.

  1. Harga

Hal terakhir adalah soal harga. Nah, berikut ini daftar harga paket unggulan yang ditawarkan oleh kedua bimbel online tersebut.

Baca juga: Pesaing Ruangguru, Zenius PHK 25 Persen Karyawannya, Total Lebih dari 200 Orang

a. Zenius

  • Zenius Aktiva Sekolah (Kelas 1—12): Rp1.450.000

Akses video pembahasan konsep dan materi, video pembahasan soal dan soal latihan.

  • Zenius Aktiva UTBK: Rp2.300.000

Akses video pembahasan konsep dan materi, video pembahasan soal, video pembahasan UTBK dan soal latihan.

  • Zenius Optima (Kelas 10—12): Rp6.000.000

Kelas live semua pelajaran, kelas live IPA dan IPS, semua fitur Aktiva Sekolah dan tonton ulang rekaman kelas.

  • Zenius Ultima (Kelas 12 + UTBK): Rp9.000.000

Kelas live semua pelajaran, kelas live UTBK, semua fitur Aktiva Sekolah, Aktiva UTBK serta Optima dan tonton ulang rekaman kelas.

b. Ruangguru

Paket RuangBelajar: Rp250.000—Rp2.800.000

Akses video pelajaran, rangkuman modul bimbel dan soal latihan.

Paket 1 tahun kelas 1—12: Rp1.350.000

Paket 2 tahun kelas 1—12: Rp2.200.000

Paket 3 tahun kelas 1—12: Rp2.800.000

Paket 1 bulan kelas 1—12: Rp250.000

Paket 1 tahun SMA/SMK + SBMPTN: Rp2.200.000

RuangBelajar Plus: Rp2.755.000—Rp5.175.000

Akses live streaming, materi lengkap RuangBelajar, tutor stand-by, try out eksklusif, dan konsultasi gratis.

Paket 1 tahun kelas 6: Rp2.755.000

Paket 1 tahun SMP-SMA: Rp3.565.000

Paket 1 tahun SMA + SBMPTN: Rp5.175.000

Di samping layanan RuangBelajar, RuangGuru punya banyak layanan lainnya, yakni:

  • Ruangbelajar Plus: fitur yang mendukung Anda bisa belajar online dari rumah dengan mengakses pelajaran dari laptop atau PC
  • Ruangles & Ruangles Online: fitur untuk membantu Anda bisa belajar dan membahas soal-soal pelajaran melalui live chat 
  • Ruang Kelas: salah satu platform belajar dari Ruangguru yang menyediakan layanan sistem kelola pembelajaran jarak jauh untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar guru dan murid secara daring
  • Brain Academy: bimbingan belajar live interaktif dengan Star Master Teacher Ruangguru, baik secara online maupun offline serta kelas offline sudah tersedia di kota-kota besar di Indonesia

Demikianlah ulasan mengenai perbandingan antara Zenius vs Ruangguru yang perlu diketahui. Ingat ya, pada dasarnya kedua bimbel online ini punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sekarang, tinggal Anda yang menentukan pilih yang mana!

Baca juga: Zenius vs Ruangguru, Manakah yang Lebih Cocok Buat Bimbingan Belajar Online?

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Mengenali P2P Lending Syariah, Halal Tanpa Riba

JAKARTA, duniafintech.com – Mengenali P2P Lending Syariah nampaknya menjadi salah satu hal yang penting saat ini. Kemajuan teknologi membuat peer to peer (P2P) lending...

Kelebihan dalam P2P Lending Syariah, Halal Pastinya!

JAKARTA, duniafintech.com – Kelebihan dalam P2P lending syariah akan jadi pembahasan tim DuniaFintech.com kali ini. Untuk lebih mengenal apa itu P2P lending syariah, simak...

Cara Kerja Akad P2P Lending Syariah, Simak ini Guys!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara Kerja Akad P2P Lending Syariah, seperti apa? Kini anda bisa dengan bebas berinvestasi dan mengajukan pembiayaan syariah melalui fintech P2P...

Bengkel Spesialis Mercy, Ini Daftar Lengkapnya

JAKARTA, duniafintech.com – Bengkel spesialis Mercy terdekat adalah tempat yang paling dicari oleh pengguna mobil keluaran Jerman ini. Di samping lantaran membutuhkan perawatan khusus, di...

Tahapan Investasi P2P Lending Syariah, Jadi Solusi Keuangan

JAKARTA, duniafintech.com – Tahapan investasi P2P lending syariah kali ini bisa dijadikan solusi, jika Anda mencari investasi yang terpercaya dan menawarkan imbal hasil yang...
LANGUAGE