29 C
Jakarta
Rabu, 17 Juli, 2024

10 Kripto Waspada Melonjak Juli 2024

JAKARTA, Duniafintech.com – Juli 2024 telah menjadi bulan yang bergejolak bagi pasar kripto, dengan beberapa mata uang digital mengalami lonjakan harga yang signifikan sementara yang lain berjuang melawan volatilitas pasar. Artikel ini akan membahas secara mendalam 10 kripto yang menonjol di bulan Juli 2024, menganalisis faktor-faktor pendorong di balik pergerakan harga mereka, dan menyoroti peluang serta risiko yang terkait dengan masing-masing kripto.

Bitcoin (BTC) – Kebangkitan Sang Raja Kripto

Bitcoin, sebagai mata uang kripto pertama dan terbesar, kembali menunjukkan dominasinya di pasar pada Juli 2024. Lonjakan harga Bitcoin didorong oleh berbagai faktor, termasuk adopsi institusional yang semakin meluas. Perusahaan besar seperti MicroStrategy terus menambah kepemilikan Bitcoin mereka, dan rumor tentang Apple yang mempertimbangkan untuk masuk ke dunia kripto semakin meningkatkan sentimen positif di pasar. Selain itu, ekspektasi akan persetujuan ETF Bitcoin spot oleh SEC juga menjadi katalisator kenaikan harga. Persetujuan ETF Bitcoin spot akan membuka pintu bagi investor institusional untuk lebih mudah berinvestasi dalam Bitcoin, yang berpotensi mengalirkan miliaran dolar ke pasar kripto.

Selain faktor-faktor tersebut, peningkatan aktivitas jaringan Bitcoin juga berkontribusi pada kenaikan harga. Jumlah alamat Bitcoin aktif dan volume transaksi harian meningkat secara signifikan pada bulan Juli 2024, menunjukkan minat yang semakin besar dari investor ritel dan institusional. Selain itu, peningkatan hashrate jaringan Bitcoin, yang merupakan ukuran kekuatan komputasi yang digunakan untuk mengamankan jaringan, juga menjadi indikator positif bagi keamanan dan stabilitas Bitcoin.

Ethereum (ETH) – Evolusi Menuju Masa Depan Terdesentralisasi

Ethereum, platform kontrak pintar terbesar di dunia, terus menjadi pusat inovasi dan pengembangan di dunia kripto. Perkembangan pesat dalam teknologi blockchain Ethereum, termasuk peningkatan skalabilitas melalui Ethereum 2.0 dan transisi ke mekanisme konsensus Proof-of-Stake (PoS), telah memperkuat posisinya sebagai fondasi bagi aplikasi desentralisasi (dApps) dan keuangan terdesentralisasi (DeFi). Transisi ke PoS telah mengurangi konsumsi energi Ethereum secara signifikan, menjadikannya lebih ramah lingkungan dan menarik bagi investor yang peduli terhadap keberlanjutan.

Selain itu, lonjakan harga Ethereum pada Juli 2024 juga didorong oleh minat yang semakin besar pada NFT (Non-Fungible Token). NFT telah merevolusi cara kita memandang kepemilikan digital, memungkinkan seniman, musisi, dan kreator konten lainnya untuk menjual karya mereka secara langsung kepada kolektor tanpa perantara. Pasar NFT telah meledak pada tahun 2024, dengan penjualan mencapai ratusan juta dolar setiap bulan. Ethereum, sebagai platform utama untuk pembuatan dan perdagangan NFT, telah mendapatkan keuntungan besar dari tren ini.

Binance Coin (BNB) – Utilitas dan Pembakaran yang Membara

Binance Coin (BNB), mata uang asli dari bursa Binance, terus menunjukkan performa yang mengesankan. BNB bukan hanya alat pembayaran di platform Binance, tetapi juga memberikan diskon biaya perdagangan, akses ke berbagai layanan di ekosistem Binance, dan hak suara dalam keputusan tata kelola Binance. Program pembakaran koin secara berkala, yang mengurangi pasokan BNB, juga menjadi katalisator kenaikan harga.

Binance terus berinovasi dengan meluncurkan produk dan layanan baru, seperti Binance Smart Chain (BSC), platform kontrak pintar yang kompatibel dengan Ethereum. BSC telah menjadi alternatif yang menarik bagi pengembang dApps dan proyek DeFi karena biaya transaksi yang lebih rendah dan kecepatan transaksi yang lebih tinggi dibandingkan Ethereum. Pertumbuhan pesat BSC telah meningkatkan permintaan untuk BNB, yang digunakan untuk membayar biaya transaksi di jaringan BSC.

Cardano (ADA) – Inovasi dan Dampak Sosial yang Berkelanjutan

Cardano, platform blockchain yang dikembangkan oleh IOHK, telah menarik perhatian karena pendekatan ilmiah dan fokus pada skalabilitas, keberlanjutan, dan keamanan. Cardano telah menjalin kemitraan strategis dengan pemerintah Ethiopia untuk menerapkan teknologi blockchain dalam sektor pendidikan dan layanan publik, menunjukkan potensi nyata blockchain dalam memecahkan masalah dunia nyata. Proyek ini telah membantu meningkatkan transparansi dan efisiensi sistem pendidikan Ethiopia, serta memastikan bahwa bantuan sosial sampai kepada penerima yang berhak.

Selain itu, Cardano terus mengembangkan teknologi inovatif seperti Hydra, solusi penskalaan layer-2 yang diharapkan dapat meningkatkan kapasitas transaksi Cardano secara signifikan, dan Mithril, protokol untuk meningkatkan efisiensi sinkronisasi node. Perkembangan teknologi ini semakin memperkuat potensi Cardano dalam jangka panjang dan menjadikannya salah satu proyek blockchain yang paling menjanjikan di pasar.

Solana (SOL) – Blockchain Kecepatan Tinggi dengan Ekosistem yang Berkembang Pesat

Solana, blockchain yang dikenal dengan kecepatan transaksi tinggi dan biaya rendah, telah menjadi pilihan menarik bagi pengembang dApps dan proyek DeFi. Solana mampu memproses ribuan transaksi per detik, jauh melebihi kemampuan Ethereum, menjadikannya alternatif yang menarik bagi aplikasi yang membutuhkan kecepatan dan skalabilitas tinggi, seperti game online dan platform perdagangan.

Ekosistem Solana terus berkembang pesat, dengan berbagai proyek DeFi, NFT, dan game yang dibangun di atas platform ini. Serum, pertukaran terdesentralisasi (DEX) yang dibangun di atas Solana, telah menjadi salah satu DEX terbesar dalam hal volume perdagangan. Selain itu, proyek-proyek NFT seperti Degenerate Ape Academy dan Aurory telah mendapatkan popularitas yang signifikan di kalangan kolektor dan penggemar NFT. Pertumbuhan ekosistem Solana telah meningkatkan permintaan untuk SOL, yang digunakan untuk membayar biaya transaksi dan berpartisipasi dalam tata kelola jaringan Solana.

XRP (XRP) – Kebangkitan Setelah Badai Hukum

XRP, mata uang kripto yang terkait dengan Ripple, mengalami lonjakan harga yang signifikan pada bulan Juli 2024 setelah keputusan pengadilan yang menguntungkan dalam kasus hukumnya melawan SEC. Keputusan ini mengurangi ketidakpastian regulasi yang membayangi XRP dan membuka jalan bagi adopsi yang lebih luas oleh lembaga keuangan. Ripple telah menjalin kemitraan dengan berbagai bank dan lembaga keuangan di seluruh dunia untuk menggunakan teknologi blockchain XRP dalam memfasilitasi pembayaran lintas batas yang cepat, murah, dan efisien. Dengan kejelasan regulasi yang lebih baik, XRP diharapkan dapat memainkan peran yang lebih besar dalam revolusi sistem pembayaran global.

Dogecoin (DOGE) – Dari Meme Menjadi Fenomena Budaya

Dogecoin, awalnya dimulai sebagai lelucon, telah menjadi fenomena budaya internet dan komunitas kripto. Dogecoin mendapatkan popularitas yang luar biasa berkat dukungan dari tokoh-tokoh terkenal seperti Elon Musk, yang sering kali mencuit tentang Dogecoin dan bahkan menyebut dirinya sebagai “Dogefather.” Dogecoin telah menjadi simbol komunitas kripto yang inklusif dan menyenangkan, dan popularitasnya terus meningkat seiring dengan adopsi kripto yang semakin meluas. Meskipun tidak memiliki teknologi yang inovatif atau kasus penggunaan yang kuat, Dogecoin telah membuktikan bahwa kekuatan komunitas dan branding dapat menjadi pendorong utama dalam dunia kripto.

Polkadot (DOT) – Menghubungkan Jaringan Blockchain

Polkadot, platform blockchain yang memungkinkan interoperabilitas antara blockchain yang berbeda, terus mengembangkan teknologi parachain-nya. Parachain memungkinkan blockchain khusus untuk terhubung dan berkomunikasi satu sama lain, menciptakan ekosistem blockchain yang lebih terhubung dan interoperable. Dengan parachain, pengembang dapat membangun aplikasi blockchain yang dapat memanfaatkan fitur dan fungsionalitas dari berbagai blockchain, membuka berbagai kemungkinan baru untuk inovasi dan kolaborasi di dunia kripto.

Chainlink (LINK) – Jembatan Antara Dunia Nyata dan Blockchain

Chainlink, jaringan oracle terdesentralisasi yang menyediakan data dunia nyata untuk kontrak pintar, telah diadopsi oleh berbagai proyek DeFi dan perusahaan besar. Chainlink memungkinkan kontrak pintar untuk mengakses data dari sumber eksternal, seperti harga pasar, cuaca, dan hasil olahraga, membuka berbagai kemungkinan baru untuk aplikasi blockchain. Dengan Chainlink, kontrak pintar dapat berinteraksi dengan dunia nyata dan memicu tindakan berdasarkan data eksternal, meningkatkan utilitas dan potensi blockchain dalam berbagai industri.

Polygon (MATIC) – Solusi Skalabilitas untuk Ethereum

Polygon, solusi penskalaan layer-2 untuk Ethereum, telah menjadi pilihan populer bagi pengembang dApps karena biaya transaksi yang lebih rendah dan kecepatan transaksi yang lebih tinggi. Polygon memungkinkan dApps untuk berjalan lebih efisien dan hemat biaya di jaringan Ethereum, mengatasi masalah skalabilitas yang telah lama menjadi hambatan bagi adopsi Ethereum secara luas. Dengan Polygon, pengembang dapat membangun aplikasi blockchain yang lebih cepat, lebih murah, dan lebih mudah diakses oleh pengguna, mempercepat pertumbuhan ekosistem Ethereum dan memperluas jangkauan teknologi blockchain ke berbagai industri.

Pasar kripto pada Juli 2024 menunjukkan dinamika yang menarik, dengan beberapa kripto mengalami lonjakan harga yang signifikan sementara yang lain menghadapi tantangan dan volatilitas. Bitcoin dan Ethereum terus memimpin pasar dengan inovasi dan adopsi yang semakin meluas, sementara altcoin seperti BNB, Cardano, Solana, XRP, Dogecoin, Polkadot, Chainlink, dan Polygon menawarkan peluang menarik bagi investor yang mencari potensi pertumbuhan yang tinggi. Namun, penting untuk diingat bahwa pasar kripto sangat fluktuatif dan berisiko tinggi. Investor harus melakukan riset mendalam, diversifikasi portofolio, dan berinvestasi dengan bijak untuk memaksimalkan peluang dan meminimalkan risiko di pasar kripto yang menarik ini.

Disclaimer : Artikel ini disusun untuk tujuan informasi saja dan tidak boleh dianggap sebagai nasihat keuangan atau investasi. Investasi dalam mata uang kripto memiliki risiko tinggi dan dapat mengakibatkan kerugian finansial yang signifikan. Harga kripto sangat fluktuatif dan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU