24.5 C
Jakarta
Selasa, 21 Maret, 2023

4 ALASAN MENGAPA COWORKING SPACE IDEAL UNTUK BISNIS STARTUP

duniafintech.com – Anda pasti pernah mendengar istilah Coworking space, bukan? dan apakah Anda tertarik untuk bergabung ke dalam komunitas coworking space tersebut? Dalam artikel ini, kita akan membahas alasan mengapa coworking space dianggap sebagai alternatif yang menguntungan bagi sebuah bisnis baru.

Apa Itu Coworking Space?

Bagi sebuah bisnis baru memiliki tempat usaha bukanlah hal yang mudah karena dibutuhkan modal yang cukup besar, lahan, dan biaya bulanan yang tidak murah. Namun, bisnis baru tetap membutuhkan tempat untuk timnya (yang jumlahnya masih sedikit) saling beriteraksi dan bekerja sama. Nah, disini coworking Space hadir sebagai jawaban dari kesulitan tersebut.

Coworking space adalah tempat dimana berbagai individu dari berbagai latar belakang dan bisnis berkumpul dan bekerja dalam suatu tempat yang sama. Karena desain Coworking Space yang memiliki konsep open space atau transparan membuat para individu di dalamnya lebih mudah berinteraksi.

Selain untuk bisnis startup, coworking space juga dapat diandalkan oleh para pengusaha solo dan freelancer.

Keuntungan Coworking Space

Berikut ini adalah alasan mengapa coworking space dianggap ideal bagi pemilik bisnis baru:

Sangat sesuai untuk meringankan budget

Menyewa ruang kantor biasa membutuhkan penandatanganan sewa 2-10 tahun, belum lagi ada deposit yang harus dibayar sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan perjanjian-perjanjian sewa lainnya yang harus di sepakati. Berbeda dengan coworking space yang lebih luwes. Di sini Anda dapat menyewa setiap bulan, setiap minggu, harian atau bahkan bayar as-you-go. Dari segi arus kas, coworking space sangat ideal bagi pengusaha pemula yang mencari ruang kerja profesional tanpa biaya awal yang tinggi dan komitmen jangka panjang.

Cara menjadi anggota coworking space juga tidaklah rumit. Calon pengguna coworking space harus menandatangani perjanjian keanggotaan yang menetapkan biaya, peraturan penggunaan ruang dan aspek hukum lainnya yang mengatur hubungan penyedia/anggota.

Harga yang ditetapkan biasanya bergantung kepada lokasi, fasilitas yang ditawarkan dan kelebihan-kelebihan lainnya dari coworking tersebut.

Semua Fasilitas yang Ditawarkan Sudah Satu Paket

Keuntungan lainnya dari coworking adalah menghindarkan Anda mengeluarkan biaya perkantoran, seperti perabotan, utilitas, biaya layanan sewa tambahan, dan peralatan (mesin kopi, lemari es, microwave, dll.).

Biasanya coworking space sudah mencakup:

-Meja dan kursi

-Rak Buku

-Loker

-Ruang meeting yang bisa di booking kapanpun

-fasilitas dapur, seperti mesin pembuat kopi, microwave, dan dispenser.

Keuntungan lainnya bagi pengusaha milenial adalah tanggung jawab yang lebih sedikit. Manajemen bangunan bertanggung jawab untuk pemeliharaan dan pembersihan bangunan. Sifat semua rekan kerja yang inklusif juga sangat menyederhanakan penyusunan akuntansi dan pajak, karena semua layanan dikonsolidasikan ke dalam satu faktur bulanan.

Coworking space bisa sangat memudahkan dan juga memberikan fleksibilitas saat bisnis Anda berkembang. Anda dapat menambahkan anggota tim setiap saat tanpa biaya dan komitmen ruang sewa komersial.

Menjadi Tempat yang Nyaman untuk Berkolaborasi dan Bersinergi

Bagi seorang freelancer maupun solo entrepreneurship, mengerjakan pekerjaan dirumah tidak selalu menyenangkan. Hal ini dipengaruhi oleh lingkungan dan kondisi dirumah itu sendiri.

Pilihan lainnya adalah mengerjakan pekerjaan di cafe atau kedai kopi yang mungkin juga tidak selalu kondusif. Dalam kasus ini coworking space dapat menjadi pilihan terbaik. Selain memperoleh suasana perkantoran, di dalamnya juga terjadi interaksi sosial.

Lingkungan kerja bisa memberikan:

-Lingkungan kerja yang fleksibel, nyaman, dan profesional yang mendorong produktivitas

-Memberikan pemisah dan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan yang dibutuhkan banyak orang

-Adanya interaksi sosial yang positif.

Membantu Membangun Kerjasama Bisnis

Coworking space adalah lingkungan yang ideal untuk bejejaring dengan pengusaha lain. Butuh seseorang untuk mendesign logo, menjadi fotografer, perancang web atau seseorang untuk membantu pemasaran online marketing bisnismu? Mungkin Anda dapat menemukan orang yang tepat dalam ruangan tersebut.

Anda pun dapat menawarkan keahlian maupun bisnis Anda kepada mereka. Bersosialisasi dengan para pengusaha lain adalah cara ideal untuk memperoleh kata positif dari mulut ke mulut. Lambat laut nama Anda akan semakin dikenal dan membuat bisnis Anda memperoleh pelanggan tanpa harus mengandalkan iklan. Efektif dan lebih murah, bukan?

Written by:   

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Tips Beli Rumah KPR yang Perlu Dipertimbangkan, Cek Yuk!

JAKARTA, duniafintech.com – Tips beli rumah KPR atau Kredit Pemilikan Rumah (KPR) tentu penting diketahui jika kamu ingin mencoba skema ini. KPR sendiri telah menjadi...

Pinjol Cepat Cair dan Mudah Berizin OJK, Inilah Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah layanan finansial yang wajib diketahui saat mencari pendanaan cepat dan anti ribet. Saat ini, pengajuannya pun terbilang mudah...

BPH Migas Jamin Ketersediaan dan Akses Energi hingga Pelosok Negeri

JAKARTA, duniafintech.com - Produksi energi fosil yang terbatas BPH Migas jamin akses energi membuat ketahanan energi Indonesia cenderung rentan menyesuaikan dengan kondisi perekonomian global....

OJK Dorong Industri Jasa Keuangan Berikan Akses Pendanaan untuk Petani Sawit

JAKARTA, duniafintech.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong peningkatan pendanaan oleh Industri Jasa Keuangan (IJK) kepada kelompok petani khususnya perkebunan kelapa sawit dengan...

Transfer Makin Murah, ShopeePay dan DANA Gabung BI-FAST

JAKARTA,duniafintech.com - Bank Indonesia mencatat jumlah peserta BI-FAST bertambah, termasuk ShopeePay dan DANA, sebanyak 16 yang terdiri 14 bank dan 2 Lembaga Selain Bank...
LANGUAGE