30.1 C
Jakarta
Rabu, 24 Juli, 2024

4 Cara Blockchain Ubah Digital Marketing dan Periklanan

duniafintech.com – Kalau kita kita berbicara tentang Blockchain, sebagian besar dari kita mungkin akan berpikir mengenai keuangan, cryptocurrency, dan digital ledgers. Namun, diluar itu ada 4 cara blockchain ubah digital marketing dan periklanan.

Banyak hal yang belum menyadari bahwa Blockchain memiliki kekuatan yang luar biasa untuk memecahkan masalah di sektor lain. Sebagaimana yang belum lama ini ditemukan bahwa protokol berbasis Blockchain bisa mengubah dunia iklan digital, contohnya bagaimana iklan mau dibeli, dikirimkan, diukur dan dihargai. Pada kenyataannya, itu bahkan dapat menyebabkan data yang akurat dan mengarah ke hasil yang lebih baik secara keseluruhan.

Inilah 4 Cara Blockchain Ubah Ruang Digital Marketing dan Periklanan

1. Membangun kepercayaan dengan membeli iklan

Dalam sebuah iklan online, dari data statisik hampir mustahil untuk tahu apakah akurat ataukah buatan. Let say, kapan diri kita bisa menghitung klik ke situs pengiklan atau follower pada sosial media, apakah yang mengklik benar-benar seorang loyalis ataukah hanya sekedar bot atau clickers yang artifisial memompa statistik sehingga bisa bernilai tinggi.

Penelitian menunjukkan biaya untuk menyewa bot, sebuah perusahaan menggelontorkan lebih dari $7 miliar pada hitungan tahun 2016. Akan tetapi, Blockchain dapat mengubah semua itu. Karena jaringan transparan dan dienkripsi, perusahaan dapat dengan mudah menentukan jika orang yang melihat iklan mereka adalah anggota dari pemirsa yang ditargetkan mereka. Satu perusahaan iklan, AdChain, menggunakan token asli sendiri untuk membangun ruang iklan terpercaya yang mana pengguna mendapatkan keuntungan dari audit yang aman secara kriptografi. Dalam istilah awam, perusahaan dapat dipastikan mendapatkan target audience sehingga menguntungkan si pengiklan.

2. Tidak ada lagi perantara

Analis Forrester memperkirakan bahwa publisher menghilangkan perantara yang dapat meningkatkan CPM mereka dari $1 sampai $5. Nah, Blockchain dapat melakukannya lebih baik. Hal tersebut bisa ditargetkan siapa-siapa yang melihat iklan tersebut tanpa proses yang ribet. Perusahaan juga akan bersaing untuk audiens yang sebenarnya memberikan perhatian bukan hanya jejak di enskripsi saja. Tentunya ini menguntungkan lagi dan mengoneksikan dengan pelanggan potensial.

3. Penargetan audiens yang lebih baik

Di masa lalu, pengiklan mendapatkan informasi tentang pelanggan dari berbagai sumber yang berbeda, informasi yang satu mungkin hanya dijelaskan usia, jenis kelamin, dan gaji. Tetapi menggunakan Blockchain, pengiklan sekarang akan memiliki kemampuan untuk membangun profil pelanggan langsung di mana pengiklan dapat berbagi dalam satu website. Hal ini memungkinkan kemampuan yang lebih besar untuk pasar kebutuhan pelanggan dan pelanggan yang tersegmentasi yang paling mungkin untuk membeli produk Anda.

4. Meningkatkan transparansi

Sitem Blockchain’s digital ledger memungkinkan untuk transparansi produk-produk aspal, ataukah pembelian lelang. Hal ini menempatkan kekuatan kepercayaan yang luar biasa ke tangan pelanggan. Beberapa perusahaan, seperti Babyghost menggunakan Blockchain untuk menceritakan produk mereka, termasuk yang di modelkan pada outline-outline mereka. Dalam pengertian itu, Blockchain lebih dari menciptakan kepercayaan dalam membangun sebuah merek.

Nah, itulah 4 cara blockchain atau kontribusi blockchain dalam ruang pemasaran dan industri periklanan. Nah, kalau begitu kita sebagai pelanggan semakin dimudahkan dengan teknologi tersebut, bersiaplah menyambut era masa depan yang lebih baik.

-Romy Syawal-

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU