33.1 C
Jakarta
Minggu, 24 Oktober, 2021

4 Tips untuk Memaksimalkan Investasi Aset Kripto dengan Minim Risiko

Membeli dan menahan aset kripto adalah pilihan populer bagi investor pemula. Tapi ada langkah sederhana lain yang dapat kamu lakukan untuk memaksimalkan investasi aset kripto. 

Investasi aset kripto telah tumbuh secara substansial selama lima tahun terakhir. Sebanyak 14% orang sekarang memegang aset digital dalam portofolio mereka, Angka ini naik dari 1% pada tahun 2016. 

Beberapa pemimpin industri telah memperkirakan angka ini dapat berlipat ganda pada akhir tahun 2021, setelah 13 tahun. 

Bagi banyak investor baru yang bergabung dengan market, mempelajari cara mendapatkan hasil maksimal dari aset kripto  sangat penting. Namun, tujuannya untuk mengurangi risiko dan memaksimalkan potensi pengembalian apa pun. 

Berikut adalah 4 tips berguna untuk kamu

1. Memaksimalkan Investasi Aset Kripto dengan Diversifikasi

Salah satu cara termudah untuk mengurangi risiko. Dalam beberapa kasus, membantu meningkatkan pengembalian adalah dengan berinvestasi di berbagai aset kripto yang berbeda. 

Baca Juga : Majelis Legislatif El Salvador Menyetujui USD150 Juta Bitcoin Trust

Baca Juga : Token Sandbox (SAND) Tembus USD1, Berikut Penjalasan dan Prediksi Harga

Ini biasa disebut dengan diversifikasi, atau alokasi aset. Gagasan di balik ini adalah untuk menyebarkan investasi kamu ke kerugian rata-rata jika pasar mengalami penurunan.

Strategi umum adalah memilih berbagai jenis aset kripto untuk memastikan kamu mendapat manfaat ketika salah satu dari banyak sektor mengalami lonjakan. Sebaliknya, itu juga menyebarkan risiko jika ada penurunan di satu atau beberapa sektor.

2. Copy Trading

Copy trading, seperti namanya, adalah jenis trading investasi di mana Anda secara otomatis menyalin trading investor profesional. Ada banyak platform copy trading yang bisa kamu tiru. Namun, kamu perlu mengingat bahwa platform tersebut harus berizin resmi dari pemerintah. 

Setelah kamy memilih seorang trader, kamy dapat menentukan berapa banyak portofolio. Biasanya, ini dalam bentuk persentase dari saldo Anda. Jadi jika Anda memiliki saldomu.  

Kamu dapat mengalokasikan 10% dari portofolio untuk copy trading, satu trader dan 10% ke trader lainnya. Ini adalah contoh lain dari diversifikasi dan membantu menyebarkan dana kamu dan membangun portofolio yang seimbang. 

Setelah Anda menyelesaikan investas, perdagangan akan secara otomatis mulai terjadi. Tentu saja, Kamu selalu dapat mengubah trader atau menambahkan lebih banyak dana jika mereka melakukannya dengan baik.

Namun, hanya karena mereka adalah trader profesional tidak berarti mereka melakukannya dengan benar setiap saat. Kamu tidak dapat memprediksi keberhasilan seorang pedagang atau pergerakan aset kripto di masa depan. Sehingga sangat penting untuk menetapkan batas kerugian. 

3. Defi Staking

Staking DeFi adalah cara mengunci aset kripto kamu di platform otonom khusus yang dikenal sebagai “aplikasi terdesentralisasi” untuk menerima bunga tahunan.

DeFi – atau keuangan terdesentralisasi – adalah sektor industri cryptocurrency yang mengambil layanan keuangan tradisional seperti pinjaman dan asuransi dan menempatkannya di blockchain. Perbedaan utamanya adalah, aplikasi keuangan terdesentralisasi yang dijalankan oleh layanan ini tidak dikendalikan atau dikelola oleh satu perusahaan pun. Sebaliknya, mereka dikelola sepenuhnya oleh komunitas pengguna mereka sendiri dan melalui program komputer yang dijalankan secara otomatis yang dikenal sebagai “kontrak pintar.”

Staking  DeFi adalah cara yang bagus untuk menghasilkan pengembalian tahunan atas aset yang kamu simpan jika kamu hanya berencana untuk membeli mata uang kripto dan menahannya. 

Prosesnya mirip dengan menyetor uang ke rekening bank tabungan. Namun, kamu bisa mendapatkan keuntungan per tahun di atas 5% atau bahkan lebih tinggi. 

4. Belajar untuk melakukan lindung nilai terhadap perdagangan kripto

Pasar crypto terkenal sangat fluktuatif. Ini berarti harga cryptocurrency dapat berubah secara drastis selama periode waktu tertentu. Bitcoin, misalnya, naik 125% antara 1 Januari hingga 15 April 2021. Namun, turun 54% beberapa bulan kemudian. Sejak penurunan, harga sekarang naik sekitar 59%.

Ketidakpastian ini membuat sangat sulit untuk mengetahui ke arah mana pasar akan berubah setiap saat. Ini berarti ada kemungkinan besar aset kripto tidak akan selalu berjalan seperti yang kamu  inginkan. 

Hedging atau melihat lindung nilai memberikan ketenangan pikiran bahwa kemanapun pasar bergerak, kerugian yang diderita tidak akan separah itu.

Ruang cryptocurrency terus beradaptasi dan berkembang, memberikan banyak peluang untuk memaksimalkan investasi kamu. Strategi-strategi ini hanyalah beberapa cara untuk berhasil meregangkan dana kamu dan memberi potensi terbesar untuk pengembalian investasi yang tinggi. Ini juga harus berdasarkan tingkat risiko. 

Jika kamu khawatir tentang risiko posisi kamu, menutupnya atau mengurangi ukurannya adalah pilihan yang lebih aman. Dan ingat: Selalu investasikan dan perdagangkan jumlah yang kamu mampu untuk kehilangan.

Penulis : Kontributor

Editor : Gemal A.N. Panggabean

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Panduan Sukuk Terlengkap untuk Investasi Obligasi Syariah

Investasi obligasi belakangan ini kian diminati sehingga panduan sukuk terlengkap sangat penting untuk diketahui. Istilah sukuk yang menjadi lini investasi ini prospeknya dilirik oleh...

Bunga Bank: Hukum, Faktor yang Mempengaruhi, dan Jenisnya

Bunga bank atau bank interest adalah salah satu istilah perbankan terpopuler, yang meski seringkali didengar, tetapi masih banyak orang yang belum begitu dekat dengan...

Kenali 12 Prinsip Asuransi Syariah sesuai Syariat Islam

Sebagaimana diketahui, prinsip asuransi syariah harus sesuai dengan syariat Islam sebab jenis pertanggungan yang satu ini mendasarkan kriterianya sesuai dengan ajaran Islam. Saat ini,...

Keuntungan dan Cara Menjadikan Perusahaan Go Public

Perusahaan go public berarti perusahaan tersebut telah menawarkan sahamnya kepada masyarakat umum sesuai tata cara yang telah diatur oleh UU Pasar Modal dan Peraturan...

Pinjaman AwanTunai, Layanan Cicilan Online tanpa Kartu Kredit

Awantunai adalah pinjaman online tanpa kartu kredit sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi cicilan tanpa kartu kredit dan...
LANGUAGE