33 C
Jakarta
Kamis, 21 Oktober, 2021

Majelis Legislatif El Salvador menyetujui $150M Bitcoin Trust

Majelis Legislatif El Salvador telah meloloskan undang-undang yang menciptakan Bitcoin Trust senilai $150 juta.  Ini untuk mendukung pengembangan infrastruktur dan layanan kripto di seluruh negerinya.

RUU itu disahkan pada 31 Agustus, dengan 64 pejabat memberikan suara mendukung dan 14 menentang pembentukan perwalian itu. Trust dirancang untuk memfasilitasi konversi Bitcoin menjadi Dolar AS, dan mendukung peluncuran infrastruktur teknologi vital yang memungkinkan adopsi aset kripto secara luas.

Berita itu datang hanya satu minggu sebelum Undang-Undang Bitcoin yang kontroversial di negara itu mulai berlaku. Undang-undang yang akan datang akan mengakui BTC sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh El Salvador dan dijadwalkan mulai berlaku pada 7 September. Saat ini, dolar AS digunakan sebagai alat pembayaran yang sah di negara tersebut.

Baca Juga : Mengenal PancakeSwap Proyek Kripto yang Tersedia di Indodax

Baca Juga : Blockchain Polkadot Mengumpulkan 22 Jura dan Valuasi USD150 Juta

Bank Pembangunan El Salvador (Bandesal) telah ditunjuk untuk mengawasi operasi. 

Sebanyak $150 juta akan dialihkan dari pinjaman negara $500 juta dengan Central American Bank for Economic Integration (CABEI). Pinjaman CABEI pada awalnya diambil untuk tujuan pemulihan ekonomi bagi usaha kecil dan menengah.

Dari dana tersebut, $23,3 juta dialokasikan untuk mendukung pemasangan ATM kripto yang didukung pemerintah — memungkinkan warga setempat untuk bertukar antara Bitcoin dan USD. $30 juta juga telah dialokasikan untuk menawarkan insentif guna mendorong adopsi dompet digital Pemerintah, Chivo.

Alokasi Bitcoin Masih Belum Cukup

Pada bulan Juni, Presiden Nayib Bukele mengumumkan bahwa pemerintah akan mengirimkan Bitcoin senilai $30 kepada setiap orang dewasa Salvador yang mengunduh dompet Chivo. Namun, populasi El Salvador saat ini adalah 6,5 juta, menunjukkan bahwa pemerintah percaya adopsi akan lebih rendah atau belum mengalokasikan cukup Bitcoin untuk digunakan.

Dalam tokenisasi aset baru hari ini dan perusahaan infrastruktur keuangan Koibanx mengumumkan telah menandatangani kesepakatan dengan pemerintah El Salvador untuk mengembangkan infrastruktur mata uang digital negara dengan rantai blok sumber terbuka Algorand sebagai intinya.

Hukum Bitcoin El Salvador telah mendapat beberapa kritik dan skeptisisme serius dari organisasi internasional dan warganya sendiri.

Menteri Ekonomi, María Luisa Hayém Brevé mengatakan pemerintah fokus pada pendidikan mata uang kripto dan menggunakan insentif kripto sebagai sarana untuk menenangkan tingginya jumlah ketidakpastian dalam populasinya.

Harga Bitcoin Terpantau Turun

Dalam dua hari terakhir, harca Bitcoin terpantau turun dari level di atas Rp700 jutaan. Pada hari ini, Selasa (1/9/2021), harga Bitcoin sudah turun di bawah Rp680 juta. Banyak pihak yang memprediksi bitcoin akan turun di bawah Rp600 jutaan. 

Sementara itu, Ethereum terpantau menat dan sudah cembali ke level Rp50 juta. Ethereum terpantau menguata dari beberapa pekan lalu dari Rp25 jutas. ETH diprediksi akan kembali menyentuh level tertingginya Rp60 jutaan dalam beberapa waktu mendatang. Meskipun, Ethereum akan resisten, kemungkinan di harga Rp55 juta. 

Ini juga menandai bahwa alt season teal dimulai. Karena masih banyak alt coin yang terpantau menguat. Misalnya, seperti Caradno yang Sudan mencapai harga tertinggi Rp43.000 dan masih akan terus menguat. 

Penulis : Kontributor

Editor : Gemal A.N. Panggabean

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Bitcoin Pecah Rekor Sepanjang Masa, Analis Berharap Lewati US$100.000

Reli terbaru Bitcoin ke harga tertinggi sepanjang masa di atas US$66.000 sudah memunculkan gelombang prediksi bullish baru, dengan harga cryptocurrency sudah lebih dari dua...

Komite Senat Australia Buat 12 Rekomendasi untuk Regulasi Crypto

Komite Terpilih Senat Australia sudah menyerahkan laporan terakhirnya tentang tinjauan selama setahun terhadap pendekatan negara ini terhadap peraturan kripto dan blockchain. Seperti dikutip dari...

Bitcoin Lewati Rp932 Juta Setelah Peluncuran ETF di NYSE

Harga Bitcoin (BTC) terus naik. Harga Bitcoin sempat dijual Rp932 juta di marketplace Indodax, Kamis (21 Oktober 2021) dini hari. Hal ini terjadi semenjak...

Keuntungan dan Daftar Produk Asuransi Rawat Inap Terbaik di Indonesia

Produk asuransi kesehatan dengan manfaat asuransi rawat inap sangat berperan untuk membebaskan dari kekhawatiran dan kegelisahan terkait kondisi keuangan yang terganggu akibat tidak adanya...

Kasus Pinjaman Online: Contoh dan Cara Melaporkan

Belakangan ini marak terjadi kasus pinjaman online, mulai dari penipuan yang mengatasnamakan pinjaman online terpercaya, pinjaman online ilegal, kasus pinjaman online tidak dibayar, hingga...
LANGUAGE