26.5 C
Jakarta
Sabtu, 19 Juni, 2021

7 Tren Fintech pada Tahun 2021 di ASEAN

Fintech di ASEAN (Asia Tenggara) telah mendapatkan momentum bersejarah selama setahun terakhir. Singapura, Malaysia, dan Filipina membuat kemajuan dalam program lisensi bank digital. Lalu, bagaimana tren fintech 2021?

Dikutip dari review.insignia, Indonesia telah memperkenalkan peraturan baru untuk memaksa bank tradisional bekerja lebih dekat dengan startup atau konsolidasi. 

Baca Juga : BRI Agro Tunjuk Dirut Baru, Kaspar Situmorang Siap untuk Digitalisasi

Baca Juga : 3 Tren DeFi 2021 yang Mungkin Terjadi, Apa Masih Cuan?

Pembayaran digital dan platform manajemen kekayaan mengalami adopsi besar-besaran. Ini terjadi karena konsumen menghindari pertemuan fisik. Kemudian memindahkan transaksi mereka secara online. 

Medan pertempuran utama landscape teknolgi Asia Tenggara telah bergerser dari E-commerce dan ride-hailing ke fintech. Perusahaan seperti Grab, Gojek dan Shoppepay bersaing merebut dominasi di bidang pembayaran. 

Untuk tetap menjadi yang terdepan, perbankan sedang menjajaki bentu baru kolaborasi dan kemitraan dengan perusahaan startup. Mereka akan menciptakan ruang baru bagi fintech di wilayah tersebut untuk fokus pada insfrastruktur.

Berikut 7 tren fintech 2021 di ASEAN termasuk di Indonesia : 

1. Fintech Terus Berkembang

Beberapa fintech mengalami gelombang pertumbuhan baru dengan lebih banyak imigrasi ke digital. Ini akan terjadi lebih banyak lagi pada tahun 2021. 

2. Bank Bersiap Digitalisasi

Beberapa negara telah mengeluarkan kebijakan mengenai digitalisasi perbankan. Adalah Singapura, Malaysia, Filipina dan Indonesia. 

Dalam dua atau tiga tahun ke depan, Bank siap meluncurkan produk-produknya kepada konsumen. 

3. Enter The Dragons

Raksasa bank dan teknologi juga siap memasuki ring fintech. Mereka bisa melakukan kemitraan infrastruktur dengan startup atau berpartisipasi dalam perlombaan lisensi bank digital. 

4. Mendorong Kebutuhan Fintech Perdagangan Hyper-Vertikal

Dengan munculnya pasar perdagangan hyper-vertikal untuk pembelian gaya hidup, seperti mobil atau properti. Ini akan membuat beberapa fintech akan lahir pada tahun ini. 

5. Bangkitnya fintech infrastruktur

Karena masuknya perbankan ke dunia digital dan fintech, perusahaan fintech pembangun infrasturktur akan banyak di ASEAN pada tahun ini. 

Perusahaan ini akan membangun sistem digitalisasi untuk perbankan dan siap menjembatani bank dan korporasi kepada masyarakat ASEAN. 

6. ASEAN Menjadi Pusat Fintech 

Pemerintah akan terus melakukan rezim regulasi untuk mendorong fintech di ASEAN. Hingga nantinya, ASEAN merupakan pusat fintech di seluruh dunia. 

7. Siap Go-Internasional

Sejauh ini, perusahaan e-commerce dan ride hailing sudah melakukan ekspansi dan go internasional. Tahun 2021 ini, perusahaan fintech akan melakukannya. 

Ini terjadi jika tumbuh kembang fintech pada 2021 masih menguat dengan alasan seperti poin-poin di atas.  

Penulis : Kontributor

Editor : Gemal A.N. Panggabean

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Daftar Payment Gateway Terbaik di Indonesia 2021

Buat kamu yang ingin mengetahui daftar payment gateway 2021 terbaik di Indonesia, kamu bisa cek di sini.  Payment Gateway adalah gerbang atau medium transaksi yang...

Payment Gateway: Pengertian, Cara Kerja, dan Keunggulannya

Payment gateway merupakan media pembayaran dari layanan marketplace yang dapat memberikan otorisasi pemrosesan kartu kredit atau pembayaran langsung ke pelanggan dalam transaksi bisnis online. Metode...

Ingin Cuan Gede dalam Investasi Kripto? Gunakan Strategi HODL!

Volatilitas merupakan kondisi saat harga pasar aset kripto mengalami pelonjakan atau bahkan menurun tajam dalam waktu yang terbilang singkat. Sebagai investor, cara paling ampuh...

Danabijak, Perusahaan P2P Lending di Indonesia yang Bisa Kamu Coba

Danabijak adalah platform technology financial peer-to-peer lending (P2P lending) yang dari perusahaan PT Digital Micro Indonesia. Layanan pinjaman online ini bisa kamu dapatkan tanpa agunan...

Cerdas Memilih Platform Crowdfunding

Platform Crowdfunding adalah salah satu pendanaan bisnis yang berasal dari beberapa pemilik modal. Modal yang terkumpul dari beberapa orang tersebut akan tersalur kepada pelaku...
LANGUAGE