31.6 C
Jakarta
Senin, 20 Mei, 2024

8 Panduan Beli Emas Antam yang Investor Ketahui

JAKARTA, duniafintech.com – Cara beli emas Antam tentunya penting diketahui jika kamu ingin berinvestasi pada jenis emas favorit yang satu ini.

Mengetahui cara membeli Emas Antam dengan benar sangat penting karena ini akan memastikan bahwa Anda mendapatkan produk investasi yang sah dan berkualitas.

Penasaran bagaimana cara membelinya? Temukan panduannya dalam ulasan berikut ini.

Apa Itu Emas Antam

Emas Antam adalah produk emas batangan yang diproduksi dan dikeluarkan oleh PT Aneka Tambang (Persero) Tbk, perusahaan pertambangan milik negara Indonesia yang lebih dikenal dengan sebutan Antam. Emas Antam merupakan salah satu bentuk investasi dalam bentuk logam mulia yang diakui secara internasional dan memiliki keabsahan serta kualitas yang terjamin oleh lembaga yang mengeluarkannya.

Berikut adalah beberapa informasi penting tentang Emas Antam:

Baca juga: Investasi Emas Online Terbaik saat Ini, Intip Platform Terbaiknya

ISFF 2023 INDODAX

  1. Keaslian dan Kualitas

Emas Antam dianggap memiliki keaslian dan kualitas yang terjamin karena diproduksi oleh perusahaan negara dan memiliki standar produksi yang ketat. Setiap batangan emas Antam memiliki tanda-tanda dan nomor seri yang dapat digunakan untuk memverifikasi keasliannya.

  1. Berat dan Ukuran

Emas Antam tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari gram hingga kilogram. Setiap batangan memiliki berat yang tepat dan sesuai dengan spesifikasinya.

  1. Investasi

Emas Antam umumnya dibeli sebagai bentuk investasi atau perlindungan nilai. Nilai emas cenderung stabil dalam jangka panjang dan dapat menjadi alternatif investasi yang aman.

  1. Sertifikat Keaslian

Setiap batangan Emas Antam disertai dengan sertifikat keaslian yang dikeluarkan oleh Antam. Sertifikat ini merupakan bukti bahwa batangan emas tersebut asli dan berasal dari sumber yang terpercaya.

  1. Penyimpanan

Emas Antam perlu disimpan dengan aman untuk menjaga keabsahan dan kualitasnya. Banyak orang memilih untuk menyimpannya di brankas atau menggunakan layanan penyimpanan yang aman.

  1. Perdagangan dan Likuiditas

Emas Antam relatif mudah diperdagangkan karena memiliki likuiditas yang tinggi. Anda dapat menjualnya kembali di kantor cabang Antam atau melalui pedagang emas yang sah.

  1. Harga

Harga Emas Antam akan mengikuti harga emas dunia dan pasar domestik. Harga emas berfluktuasi tergantung pada faktor-faktor seperti permintaan dan pasokan, nilai mata uang, dan peristiwa global.

8 Panduan Cara Beli Emas Antam

Membeli emas Antam (Aneka Tambang) di Indonesia dapat dilakukan melalui beberapa langkah yang relatif sederhana. Emas Antam adalah produk emas batangan yang dikeluarkan oleh perusahaan milik negara Indonesia, PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk membeli emas Antam:

1. Pilih Ukuran Emas Antam

Emas Antam tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari gram hingga kilogram. Pilih ukuran yang sesuai dengan anggaran dan tujuan investasi Anda.

2. Cek Harga Emas

Sebelum membeli, pastikan Anda memeriksa harga emas saat ini. Harga emas bisa bervariasi dan berubah setiap harinya, tergantung pada kondisi pasar.

  1. Kunjungi Kantor Cabang Antam

Kunjungi kantor cabang Antam yang terdekat. Antam memiliki banyak kantor cabang di seluruh Indonesia. Anda dapat mencari informasi tentang kantor cabang di situs web resmi Antam.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas Waspada Palsu

Cara Beli Emas Antam

  1. Pesan dan Bayar Emas

Saat berada di kantor cabang Antam, tunjukkan minat Anda untuk membeli emas Antam. Anda dapat memesan emas dengan memberikan jumlah dan ukuran yang Anda inginkan. Kemudian, Anda akan diberikan informasi mengenai jumlah yang harus dibayarkan.

  1. Lakukan Pembayaran

Setelah memesan emas, Anda perlu melakukan pembayaran sesuai dengan jumlah yang ditentukan. Anda biasanya dapat melakukan pembayaran melalui transfer bank atau metode pembayaran lain yang diterima oleh Antam.

  1. Ambil Emas Anda

Setelah pembayaran Anda dikonfirmasi, Anda dapat mengambil emas Anda di kantor cabang Antam. Anda akan diberikan batangan emas yang sesuai dengan pesanan Anda bersama dengan sertifikat keaslian.

  1. Simpan dengan Aman

Pastikan Anda menyimpan emas Anda dengan aman, entah itu dalam brankas di rumah atau menggunakan layanan penyimpanan yang aman.

  1. Cek Sertifikat Keaslian

Pastikan untuk memeriksa sertifikat keaslian yang Anda terima bersama dengan emas. Ini adalah bukti bahwa emas Anda adalah produk resmi dari Antam.

Baca juga: Investasi Emas OJK: Produk dan Rekomendasi Platform

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU