33.4 C
Jakarta
Jumat, 18 Oktober, 2024

Pria Alabama Ditangkap FBI Terkait Peretasan Akun X SEC dan Unggahan Palsu ETF Bitcoin

Washington D.C. 18 Oktober 2024 – Biro Investigasi Federal (FBI) telah menangkap Eric Council Jr., seorang pria berusia 25 tahun dari Athens, Alabama, atas keterlibatannya dalam peretasan akun X (sebelumnya Twitter) milik Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) pada Januari 2024.

Council dituduh berkonspirasi untuk melakukan pencurian identitas yang diperparah dan penipuan perangkat akses. Ia diduga telah mengambil alih akun X SEC dan memposting pesan palsu yang mengklaim bahwa SEC telah menyetujui spot Bitcoin Exchange-Traded Fund (ETF) pertama di Amerika Serikat. Pengumuman palsu ini menyebabkan lonjakan harga Bitcoin sebesar $1.000.

Pria Alabama Ditangkap FBI Terkait Peretasan Akun X SEC dan Unggahan Palsu ETF Bitcoin

Menurut dakwaan yang dibuka segelnya hari ini, Council diduga memberikan kode akses akun X SEC kepada rekan konspiratornya setelah berhasil meretasnya. Rekan-rekan tersebut kemudian memposting pesan palsu tentang persetujuan ETF Bitcoin. Sebagai imbalannya, Council menerima pembayaran dalam bentuk Bitcoin. Setelah serangan itu, ia pergi ke Birmingham, Alabama, untuk membuang iPhone yang digunakannya untuk mengakses akun SEC.

“Tindakan terdakwa merusak kepercayaan publik terhadap pasar keuangan dan integritas platform media sosial,” kata Asisten Jaksa Agung Kenneth A. Polite Jr. dari Divisi Kriminal Departemen Kehakiman. “Melalui dakwaan seperti ini, kami akan meminta pertanggungjawaban mereka yang melakukan kejahatan serius ini.”

Asisten Direktur Chad Yarbrough dari Divisi Investigasi Kriminal FBI menambahkan, “Terdakwa diduga menipu publik dengan meniru identitas korban dan membuat pernyataan palsu atas nama SEC.”

Jika terbukti bersalah, Council menghadapi hukuman maksimal lima tahun penjara. Penangkapan ini menjadi pengingat akan ancaman kejahatan siber dan pentingnya mengamankan platform media sosial dari akses yang tidak sah.

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU