30.9 C
Jakarta
Selasa, 30 April, 2024

Waspada, Ini 5 Jenis Pekerjaan Diprediksi Hilang di Masa Depan, Ada Profesimu?

JAKARTA, duniafintech.com Jenis pekerjaan yang akan hilang ini bisa disebabkan karena perkembangan teknologi digital memunculkan jenis pekerjaan baru yang sesuai dengan kondisi saat ini. Semenjak terjadinya revolusi industri, mulai dari yang pertama hingga keempat atau disebut juga dengan era digital seperti sekarang ini membuat beberapa profesi harus tergantikan. Setidaknya di dalam artikel ini nantinya akan disebutkan ada 5 jenis pekerjaan yang akan hilang di masa depan.

Maka dari itu, diharuskan masing-masing individu harus bisa meningkatkan skill mereka, sehingga mereka pun nantinya bisa mencapai puncak karir tanpa tergerus oleh perubahan zaman. Apalagi sejak saat pandemi virus Covid-19 melanda, ada banyak pekerjaan yang dapat dilakukan langsung dari rumah atau digantikan oleh mesin.

Seiring dengan semakin melesatnya perkembangan teknologi, membuat semua jenis pekerjaan yang mengandalkan komputer dan internet kini tidak lagi bisa dikerjakan oleh manusia. Bahkan, diprediksi ada 5 jenis pekerjaan atau lebih yang kemungkinan besar akan lenyap dan digantikan sepenuhnya oleh robot ataupun perangkat lunak.

5 Jenis Pekerjaan yang Akan Hilang di Masa Depan

Dilansir dari Forbes, dan Career Addict disebutkan bahwa ada sejumlah jenis pekerjaan yang mungkin bakal hilang dalam 10 hingga 20 tahun mendatang, itu artinya pada 2030, kamu mungkin juga sudah tidak bisa lagi menemukan profesi tersebut.

Berikut ini adalah 5 jenis pekerjaan yang disebut bakal lenyap di masa depan, antara lain:

Kasir 

Dalam beberapa tahun terakhir, wacana mengenai cashless society atau transaksi tanpa tunai terus digalakkan oleh pemerintah demi mendukung Revolusi Industri 4.0. Trend dengan menggunakan uang digital untuk bertransaksi tanpa melakukan kontak fisik masih terus berlanjut sejak awal kemunculannya.

Walaupun tidak semua orang bisa setuju, namun kenyataannya ada beberapa orang yang justru nyaman menggunakan uang digital sebagai sistem pembayaran. Selain untuk individu, sistem pembayaran cashless ini juga merambah ke beberapa restoran cepat saji, pusat perbelanjaan, serta swalayan, bahkan kafe saat ini sudah menyediakan pembayaran nontunai.

Jadi, tidak mengherankan jika nanti pekerjaan sebagai kasir sudah tidak dibutuhkan atau hilang dalam 10 sampai 20 tahun mendatang.

Teller Bank

Bisa dibilang bahwasanya pekerjaan sehari-hari seorang teller bank itu tidak terlalu sulit, sehingga banyak orang yang memprediksi bahwa jenis pekerjaan ini nantinya akan hilang sepenuhnya dalam beberapa tahun ke depan.

Alasannya, karena proses transaksi yang ada di perbankan sekarang ini, bisa juga dilakukan secara online atau daring, sehingga memungkinkan para penggunanya dalam membatasi diri untuk mengunjungi bank yang seringkali mengantri.

Sementara kebutuhan nasabah seperti setor tunai ke rekening bank, penarikan uang, transfer uang, cek saldo, dan lainnya sudah terpenuhi melalui mesin ATM, mobile banking, dan internet banking.

Agen Travel

Sekali lagi, kemajuan teknologi sudah dapat membantu kehidupan manusia menjadi semakin mudah. Salah satunya adalah kegiatan bepergian ke dalam atau ke luar negeri, yaitu dengan pemesanan tiket hingga pencarian paket wisata pun kini bisa dilakukan hanya dari ponsel. Tentu saja hal ini menjadi ancaman bagi pekerja travel agen analog.

Setidaknya, kurang lebih hampir sebanyak 70% calon wisatawan dunia melakukan pengecekan dan pemesanan paket wisata secara digital, dan sisanya 30% melakukan booking perjalanan secara online.

Hal ini juga telah didukung dengan adanya aplikasi penyedia layanan booking online, seperti Traveloka, Pegipegi, dan lain-lain. Selain membuat penggunanya lebih nyaman, transaksi menggunakan aplikasi online ini juga dianggap lebih aman.

Telemarketing

Telemarketing termasuk juga sebagai jenis pekerjaan yang akan hilang di masa depan. Pasalnya, pekerjaan telemarketing ini keberadaan sudah tersingkirkan oleh teknologi, karena dengan adanya pemasaran jarak jauh, menjadikan hal ini sebagai berita buruk bagi telemarketer.

Ditambah lagi lowongan kerja untuk posisi yang satu ini, semakin hari malah semakin menurun. Hal ini dapat disebabkan karena orang-orang mulai merasa terganggu dengan adanya telepon dari telemarketing, takut kiranya mereka akan terkena kasus penipuan oleh oknum telemarketer itu sendiri, sampai dengan pencurian database.

Buruh Tani

Semakin terbatasnya lahan pertanian, tentunya dapat mengancam keberadaan buruh tani, terlebih lagi kini sudah banyak mesin-mesin pertanian modern yang lebih efektif dan efisien. Mesin-mesin tersebut juga mampu bekerja secara otomatis dan memiliki ketepatan waktu yang dapat diandalkan. Penggunaan mesin-mesin tersebut juga dinilai lebih menghemat waktu, produktivitasnya pun terbilang lebih tinggi, serta dapat menghemat biaya.

Itulah tadi informasi mengenai 5 jenis pekerjaan yang akan hilang di masa depan, untuk itu masyarakat diharuskan untuk lebih mengasah kemampuan mereka agar bisa bersaing di era digital seperti sekarang ini.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE