26.7 C
Jakarta
Jumat, 20 September, 2024

Daftar Aset Digital Paling Laris, Ada yang Mencapai Rp1,3 T!

JAKARTA, duniafintech.com – Ada beberapa Non-Fungible Token atau NFT paling laris yang laku terjual di beberapa marketplace, harganya pun sangat menggiurkan. Tidak heran jika banyak orang yang kaya mendadak dari NFT. Banyaknya karya seni digital yang diperjualbelikan di marketplace NFT bisa membuat siapa saja kaya mendadak karena harganya terbilang cukup fantastis. 

Non-Fungible Token (NFT) saat ini memang sedang booming di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Bahkan, belum lama ini ada pemuda asal Indonesia bernama Sultan Ghozali atau biasa dikenal Ghozali Everyday ini bisa menjual NFT bergambarkan foto selfienya sendiri yang dia ambil selama 4 tahun. Koleksi foto selfienya tersebut juga sudah terjual kurang lebih 250 foto dengan total penghasilan yang kurang lebih mencapai Rp1 miliar.

Lantas, apa NFT paling laris terjual di marketplace online dan berapa harganya? Dalam artikel berikut ini akan dijabarkan lebih lanjut mengenai hal tersebut.

NFT Paling Laris di Marketplace yang Pernah Terjual

Berikut ini adalah beberapa daftar NFT terlaris di dunia, antara lain:

  1. Everydays: The First 5000 Days

NFT ini sukses terjual dengan harga sebesar US$69 juta atau setara Rp986,7 miliar. NFT ini pun juga lebih dikenal akrab dengan sebutan Beeple yang dibuat oleh seniman digital Mike Winkelmann.

Beeple ini merupakan kolase gambar yang telah dibuat selama 13 tahun. Winkelmann mulai mengerjakan kolase gambarnya sejak tahun 2007 lalu dan baru selesai pada tahun 2020.

  1. CryptoPunk #7523

NFT ini dijual seharga US$11,75 juta atau sekitar Rp168,02 miliar dan juga dilelang di Sotheby. Crypto Punk #7523 ini merupakan avatar yang paling mahal harga koleksinya.

  1. CryptoPunk #4156

NFT termahal ini dijual dengan harga US$ 10,35 juta atau sebesar Rp 148 miliar. Banyak orang yang menilai jika NFT CryptoPunk ini tidak lebih hanya sekadar gambar umum. Namun, melalui proses penciptaanya yang menjadikannya lebih menarik untuk dikoleksi banyak orang. 

Jika dilihat sekilas, CryptoPunks ini hanya berupa serangkaian karakter digital 8-bit yang tak mempunyai kegunaan apapun di dunia nyata. Namun, orang-orang yang membelinya akan menggunakannya sebagai gambar profil di platform seperti Twitter dan aplikasi pesan instan. Selain itu, mereka juga dapat menjualnya kembali dan harganya pun semakin meningkat sampai sekarang.

  1. Human One

Human One adalah salah satu NFT termahal di dunia yang berhasil terjual seharga US$28,9 juta atau sebesar Rp413 miliar. Karya digital ini pertama kali dilelang oleh Christie’s dan menampilkan potret bergerak yang bisa menampilkan gambaran manusia pertama yang lahir di metaverse.

  1. Save Thousand of Lives

Nyatanya, NFT juga telah banyak digunakan oleh sebagian orang untuk tujuan kebaikan. Salah satunya adalah Noora Health yang menciptakan Save Thousands of Lives dengan tujuan untuk mengumpulkan dana yang nantinya bisa membantu para ibu baru dan bayi-bayi yang baru lahir di Asia Selatan. NFT ini berhasil menjadi salah satu NFT termahal di dunia yang sukses terjual seharga 1.337 ETH atau setara dengan $5,1 juta pada saat itu. 

  1. Ghozali Everyday

NFT Ghozali adalah koleksi NFT yang berasal dari Indonesia dan berisi foto selfie seorang pria bernama Sultan Ghozali atau dikenal baik dengan sapaan Ghozali Everyday ini memulainya dari ketika ia masih berumur 18 tahun hingga 22 tahun atau selama rentang waktu 2017 – 2021. Setiap NFT Ghozali Everyday ini bisa langsung terjual hingga belasan juta rupiah. 

Ghozali menjual foto selfienya dalam bentuk NFT di marketplace NFT bernama OpenSea.  Kini, keuntungan yang berhasil diperoleh oleh Sultan Ghozali ini telah mencapai sekitar Rp1,7 miliar dari total 933 koleksi foto miliknya yang telah terjual habis hanya dalam waktu 3 hari saja. 

Itulah tadi daftar NFT paling laris di marketplace yang pernah terjual hingga saat ini. Siapa sangka bahwa hanya dengan gambar yang terlihat sederhana saja, nyatanya dapat terjual hingga miliaran rupiah. Tertarik untuk terjun langsung ke dunia NFT?

 

 

 

Penulis: Kontributor / M. Raihan Muarif

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU