26.7 C
Jakarta
Jumat, 20 September, 2024

Pecahkan Rekor! Meta Rilis Obligasi Rp168 Triliun

JAKARTA – Meta rilis obligasi dengan berhasil menjual senilai US$10,5 miliar atau sekitar Rp168,3 triliun dengan peringkat investasi. Penjualan ini merupakan yang terbesar dalam sejarah perusahaan, bertujuan untuk meningkatkan cadangan kas perusahaan di tengah pengeluaran besar untuk kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Pada hari Rabu waktu setempat, menurut sumber yang mengetahui permasalahan ini menyatakan perusahaan induk Facebook dan Instagram tersebut menawarkan obligasi dalam lima bagian untuk tujuan umum perusahaan.

Bagian terpanjang dari obligasi tersebut, yang berjangka waktu 40 tahun, menghasilkan 1,3% di atas obligasi pemerintah setelah diskusi awal sekitar 1,55%, ungkap sumber tersebut yang meminta untuk tetap anonim karena rincian ini bersifat pribadi.

“Penjualan obligasi Meta menunjukkan bahwa investasi mereka dalam AI tidak akan melambat dan kemungkinan akan terus meningkat dalam beberapa tahun mendatang,” kata analis Bloomberg Intelligence, Robert Schiffman.

“Meskipun Meta memiliki banyak uang tunai, menggunakan modalnya secara lebih efisien melalui pinjaman di pasar obligasi adalah langkah yang tepat.” tambahnya.

Meta Rilis Obligasi Terbesar yang Pernah Ada

Kesepakatan ini merupakan penjualan obligasi berperingkat tinggi terbesar yang pernah ada, berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Raksasa media sosial ini memulai debutnya di pasar obligasi berperingkat tinggi pada tahun 2022 dengan menjual US$10 miliar dan kembali pada tahun lalu dengan kesepakatan senilai US$8,5 miliar.

Beberapa perusahaan teknologi papan atas, yang sahamnya melonjak tahun ini karena harapan terhadap AI, mengalami tekanan menjelang aksi jual pasar global. Investor menginginkan lebih banyak kemajuan dalam teknologi tersebut.

Meta menjadi pengecualian, dengan sahamnya melonjak setelah hasil kuartal kedua melebihi ekspektasi, menunjukkan bahwa investasi perusahaan tersebut membantu meningkatkan penjualan iklan yang lebih bertarget.

Penerbitan obligasi memberikan perusahaan seperti Meta fleksibilitas finansial yang lebih besar, meskipun mereka memiliki sejumlah besar uang tunai di neraca, kata Schiffman. Meta memiliki uang tunai, setara kas, dan investasi jangka pendek senilai US$58,1 miliar per 30 Juni.

“Mereka kurang memanfaatkan nama mereka dan telah berbicara tentang menaikkan tingkat utang mereka,” ujar Schiffman.

Meta Rilis Obligasi, Upaya Investasi AI dan Metaverse

Menjual obligasi memberi Meta fleksibilitas untuk terus berinvestasi dalam AI dan metaverse.

Meta telah mengeluarkan banyak dana untuk pusat data dan daya komputasi karena CEO Mark Zuckerberg berusaha membangun posisi terdepan dalam AI. Minggu lalu, perusahaan menaikkan proyeksi belanja modal terendah untuk tahun 2024, menempatkan kisaran belanja modal pada US$37 miliar hingga US$40 miliar.

Pada hari Rabu, Meta menjadi salah satu dari 17 perusahaan yang hadir di pasar dengan obligasi berperingkat investasi. Perusahaan-perusahaan besar kembali ke pasar primer pada hari Selasa setelah semua kesepakatan yang direncanakan untuk memulai minggu ini tertunda akibat jatuhnya saham di seluruh dunia.

Dengan premi risiko yang kian lebih ketat, ketenangan mulai kembali pada hari Selasa membuat pendanaan lebih menarik dan imbal hasil obligasi berperingkat tinggi rata-rata sebesar 5,06%.

Menjelang gejolak pasar, para dealer telah memperkirakan penerbitan obligasi berperingkat investasi AS berjumlah sekitar US$40 miliar minggu ini. Ada US$6,8 miliar obligasi yang dihargai pada hari Selasa.

Bank of America Corp., JPMorgan Chase & Co., dan Morgan Stanley mengelola penjualan obligasi ini, kata sumber tersebut.

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU