27.9 C
Jakarta
Rabu, 24 Juli, 2024

Akuisisi 75% Saham Bank Bisnis, Kredivo Fokus Garap Bank Digital

JAKARTA, duniafintech.com – PT FinAccel Teknologi Indonesia, anak perusahaan dari FinAccel Pte Ltd, yang juga merupakan induk perusahaan financial technology (fintech) Kredivo, hari ini mengumumkan akuisisi saham mayoritas di Bank Bisnis Internasional Tbk (Bank Bisnis), entitas yang terdaftar di BEI (BBSI).

Akuisisi ini merupakan langkah yang sangat signifikan dalam strategi ekspansi FinAccel untuk melayani pengguna dengan menawarkan layanan finansial yang lebih bervariasi, dari kredit digital dan paylater saat ini hingga perbankan digital dan pinjaman dengan plafon yang lebih tinggi di masa yang akan datang.

Pada akhir proses akuisisi yang dijadwalkan selesai pada akhir minggu ini, PT FinAccel Teknologi Indonesia akan memiliki 75% saham Bank Bisnis.

Sedangkan keluarga Suriadi, pemilik mayoritas sebelumnya, masih mempertahankan porsi kepemilikan minoritas yang signifikan. Semua persetujuan regulator untuk akuisisi ini telah diperoleh, termasuk dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Group CEO & Co-founder FinAccel Akshay Garg menjelaskan, meski Kredivo sudah menjadi yang terdepan sebagai penyedia kredit digital melalui bisnis paylater dalam beberapa tahun terakhir, digitalisasi layanan perbankan Indonesia baru saja dimulai.

Hal itu, sambungnya, sejalan dengan misi FinAccel untuk memberikan layanan keuangan kepada pengguna dengan cepat, terjangkau dan dapat diakses secara luas.

“Kami siap untuk melayani pengguna dengan produk perbankan bertaraf dunia ke depannya. Kami juga sangat berterimakasih kepada keluarga Suriadi atas dukungan dan koordinasi yang sangat kooperatif selama proses akuisisi setahun belakangan ini,” katanya dalam keterangannya, Senin (4/4).

Menanggapi hal ini, Purnawan Suriadi, Perwakilan Pemegang Saham dari Keluarga Suriadi, mengatakan, Bank Bisnis memiliki sejarah yang panjang dan juga membanggakan.

“Di saat sektor perbankan secara cepat mengarah ke digitalisasi, kami sangat senang untuk menyambut FinAccel Teknologi sebagai pemegang saham mayoritas baru dari Bank Bisnis dan kami mendukung visi mereka untuk membangun franchise digital bank terdepan di Indonesia,” ujarnya.

Sebagai informasi, FinAccell adalah perusahaan teknologi keuangan yang berfokus untuk memberikan layanan keuangan yang cepat, terjangkau, dan mudah diakses oleh penduduk masyarakat Asia Tenggara yang under-banked.

Produk dan entitas FinAccel mencakup Kredivo, platform paylater terkemuka di Indonesia dan Vietnam, KrediFazz, platform kredit digital terkemuka di Indonesia dan Bank Bisnis Indonesia.

FinAccel didukung oleh perusahaan modal ventura dan investor korporat terkemuka seperti Victory Park Capital, Mirae Asset, Naver, Square Peg, Jungle Ventures, Telkom Indonesia, Singtel dan GMO.

 

Penulis: Nanda Aria

Editor: Rahmat Fitranto

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU